Sukses

36 Objek Wisata di Indonesia Paling Populer, Indah dan Bikin Takjub

Liputan6.com, Jakarta Objek wisata di Indonesia memang tak ada habisnya untuk dieksplor. Mulai dari pegunungan, pantai, air terjun, kepulauan, danau, hingga budaya, objek wisata di Indonesia tak pernah mengecewakan.

Objek wisata di Indonesia tersebar di seluruh negeri, mulai dari Sabang hingga Merauke. Beragam objek wisata di Indonesia menawarkan keindahan yang eksotis dan menakjubkan. Tak heran, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia. 

Bahkan beberapa objek wisata di Indonesia ditetapkan sebagai destinasi super prioritas agar lebih luas dikenal wisatawan. Hal ini membuat bangga masyarakat Indonesia karena keindahan pesona alam dan baharinya.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai objek wisata di Indonesia paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal Eksotis

1. Sumba

Sumba merupakan sebuah pulau yang terletak di antara pulau Komodo dan Sumbawa. Sebagian besar lansekap Sumba didominasi padang rumput yang eksotis. Sumba juga sering jadi tujuan para peselancar profesional karena ombaknya yang tinggi. Tinggi ombak di pulau ini biasanya antara 1 hingga 2 meter.

2. Ubud

Objek wisata di Indonesia yang terkenal dengan keeksotisannya adalah Ubud. Desa Ubud merupakan desa wisata yang sangat populer di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara. Desa yang berada di kabupaten Gianyar ini terkenal akan panorama terasering persawahan dan hutannya yang masih sangat asri.

3. Wae Rebo

Wae Rebo merupakan sebuah desa adat yang berada di Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur. Desa adat ini bahkan menerima Top Award of Excellence dari UNESCO dalam UNESCO Asia Pacific Heritage Awards 2012. Di desa ini terdapat rumah adat Mbaru Niang yang berarsitektur khas. Wae Rebo dikelilingi oleh pegunungan dan hutan yang indah. Desa ini memiliki ketinggian sekitar 1.100 meter di atas permukaan laut.

4. Hutan Hujan Tropis Sumatera

Hutan Hujan Tropis Sumatera merupakan kawasan pelestarian hutan hujan tropis di Sumatera. Kawasan ini termasuk habitat satwa yang hampir punah seperti, harimau Sumatra, orangutan Sumatra, gajah Sumatra, dan badak Sumatra.

5. Lanskap Kultur Subak

Lanskap Kultur Subak termasuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Lanskap tersebut terdiri dari pedesaan dan sawah bertingkat di Bali, dengan sistem subak, pura, dan candi. Lanskap ini terbentuk dari organisasi pengolahan sawah yang disebut subak, yang merupakan manifestasi dari pelaksanaan filsafat Bali, Tri Hita Karana, yaitu hubungan yang harmonis antara Tuhan, manusia, dan alam sekitar.

3 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia Berupa Warisan Budaya

6. Prambanan

Candi Prambanan terletak tepat di perbatasan antara Kabupaten Sleman dan Kabupaten Klaten. Candi Prambanan terletak di wilayah administrasi desa Bokoharjo, Prambanan, Sleman, sedangkan pintu masuk objek wisata ini terletak di wilayah adminstrasi desa Tlogo, Prambanan, Klaten. Candi Prambanan termasuk candi Hindu terbesar di Indonesia dan masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO.

7. Candi Borobudur

Kemegahan dan sejarah Candi Borobudur telah dikenal dunia sejak lama. UNESCO bahkan menetapkan Borobudur sebagai warisan dunia pada 1991. Objek wisata di Indonesia ini menawarkan keindahan alam yang memukau jika disaksikan pada pagi dan sore hari.

8. Lawang Sewu

Bangunan ikonik Lawang Sewu selalu jadi destinasi utama para wisatawan saat berada di Semarang. Objek wisata di Indonesia satu ini dulunya adalah bekas kantor administrasi Nederlandsch–Indische Spoorweg (NIS), sebuah perusahaan kereta api swasta pada masa Hindia Belanda. Dinamakan Lawang Sewu karena pintu di bangunan ini sangat banyak.

9. Situs Trowulan

Situs Trowulan adalah kawasan kepurbakalaan dari periode klasik sejarah Indonesia. Objek wisata di Indonesia yang berada di Mojokerto, Jawa Timur ini memiliki destinasi peninggalan bersejarah masa kerajaan, seperti Singasari dan Majapahit. Situs Trowulan di Mojokerto memiliki beberapa candi seperti Candi Brahu, Candi Tikus, Candi Bajang Ratu, dan Candi Kedaton. Tidak hanya candi-candi, terdapat juga kolam segaran, makam permaisuri Brawijaya, pendopot Majapahit dan makam Syeikh Junaidul Qubro.

10. Klenteng Sam Poo Kong

Kelenteng Sam Poo Kong merupakan bekas tempat persinggahan dan pendaratan pertama Laksamana Cheng Ho. Kompleks Sam Po Tong berada di daerah Simongan, sebelah barat daya Kota Semarang. Kompleks bangunan seluas 3,7 hektar ini didominasi warna merah dengan beragam ornamen khas Tiongkok.

11. Situs Purbakala Sangiran

Situs Purbakala Sangiran telah ditetapkan sebagai salah satu warisan dunia oleh UNESCO. Objek wisata di Indonesia ini menawarkan gambaran kehidupan manusia masa purbakala. Di situs ini terdapat fosil manusia purba, hasil-hasil budaya manusia purba, fosil flora dan fauna purba beserta gambaran stratigrafinya. Situs Purbakala Sangiran berada di dua wilayah kabupaten yang ada di Provinsi Jawa Tengah, yaitu Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar.

4 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia yang Diprioritaskan

12. Danau Toba

Objek wisata di Indonesia super prioritas adalah Danau Toba. Danau ini termasuk salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. Danau Toba menjadi danau terdalam kedua di Indonesia dan ke-15 di dunia.

13. Labuan Bajo

Labuan Bajo merupakan sebuah surga tersembunyi yang ada di Indonesia bagian timur. Labuan Bajo adalah salah satu dari lima destinasi super prioritas yang sedang dikembangkan di Indonesia. Destinasi ini menyimpan keindahan alam yang menakjubkan dan hewan purba yang mendunia. Mulai dari hewan endemik komodo di Taman Nasional Komodo, deretan pulau eksotis, keragaman hayati bawah laut, hingga pantai.

14. Likupang

Likupang sendiri merupakan salah satu destinasi super prioritas yang berada di Kabupaten Minahasa Utara, Sulawesi Utara, dan berjarak 48 km dari Kota Manado. Di sini terdapat pantai-pantai indah dan juga pulau-pulau eksotis yang wajib disambangi yaitu Pulau Lihaga serta Pulau Gangga.

15. Mandalika

Mandalika termasuk objek wisata super prioritas di Lombok. Di kawasan ini banyak jajaran pantai indah yang eksotis. Mandalika juga menjadi rumah bagi suku Sasak, suku asli Lombok yang bisa wisatawan temukan di dua desa adat, yaitu Desa Adat Sade dan Desa Adat Ende.

5 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia Berupa Danau

16. Danau Sentani

Danau Sentani membentang dari Kota Jayapura ke Kabupaten Jayapura. Objek wisata di Indonesia ini menjadi danau paling luas di Papua. Keindahan alamnya mampu menghipnotis para wisatawan yang berkunjung.

17. Danau Kelimutu

Danau Kelimutu dikenal sebagai danau tiga warna. Objek wisata di Indonesia ini berada di kawasan Gunung Kelimutu di Pulau Flores, Provinsi NTT. Disebut dengan danau tiga warna karena danau ini memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih.

18. Danau Beratan

Danau Beratan berada di Desa Candikuning, Kecamatan Baturiti, Kabupaten Tabanan, Bali. Danau ini merupakan salah satu dari tiga danau kembar di Bali dan berada di ketinggian kurang lebih 1239 mdpl. Tempat wisata di Bali ini merupakan kawah hasil letusan gunung purba. Di pinggir danau Beratan terdapat Pura Ulun danu yang merupakan sebuah kompleks candi besar di Bali.

19. Kawah Ijen

Kawah Ijen merupakan danau kawah bersifat asam yang berada tepat di puncak gunung Ijen. Kawah ini merupakan danau dengan air asam kuat terbesar di dunia. Di sini terdapat fenomena eternal blue fire atau api biru abadi. Blue fire hanya terjadi di dua tempat di dunia yaitu Islandia dan Ijen. Fenomena ini dapat dilihat pada waktu ideal jam 2 hingga 4 dini hari di mana kondisi minim cahaya.

20. Danau Segara Anak

Danau Segara Anak merupakan danau vulkanik dari Gunung Rinjani. Danau Segara Anak terletak di atas ketinggian 2.000 mdpl. Danau ini adalah danau kawah dalam kaldera yang terbentuk saat letusan gunung berapi eksplosif Gunung Samalas pada tahun 1257. Kaldera tersebut berada di sebelah Gunung Rinjani di Pulau Lombok, Indonesia.

6 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia Berupa Pulau

21. Kepulauan Mandeh

Kepulauan Mandeh terletak di Pesisir selatan, atau sekitar 65 km dari kota Padang, Sumatera Barat. Setidaknya ada delapan spot menyelam di sekitar wisata bahari di Indonesia ini, yang terletak di utara pulau Cubadak, Pagang, Seronjok, dan lain-lain. Selain terumbu karang yang masih alami, di spot menyelam juga terdapat bangkai kapal Belanda yang tenggelam.

22. Nusa Penida

Nusa Penida merupakan sebuah pulau di sebelah tenggara Bali yang dipisahkan oleh Selat Badung. Perairan pulau Nusa Penida terkenal dengan kawasan selamnya di antaranya terdapat di Crystal Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh dan Malibu Point.

23. Kepulauan Seribu

Pulau Seribu merupakan objek wisata favorit yang tak jauh dari ibu kota. Ada sekitar 36 pulau di Kepulauan Seribu. Sejumlah pulau dikembangkan sebagai pulau wisata yang banyak dikunjungi para pelancong. Sebut saja Pulau Pari, Pulau Tidung, dan Pulau Harapan.

24. Pulau Komodo

Pulau Komodo dikenal sebagai habitat asli hewan komodo. Pulau ini termasuk dalam kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah. Objek wisata ini merupakan pulau terbesar yang ada di kawasan Taman Nasional Komodo. Di sini pengunjung melakukan treking pendek untuk mengunjungi habitat asli Komodo.

25. Pulau Belitung

Pulau Belitung merupakan pulau di lepas pantai timur Sumatra yang diapit oleh Selat Gaspar dan Selat Karimata. Popularitas Belitung mulai terangkat ketika film Laskar Pelangi melejit.

7 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia yang Terkenal Baharinya

26. Wakatobi

Wakatobi berada di Sulawesi Tenggara dan menjadi destinasi unggulan wisata bahari Indonesia. Wakatobi tercatat memiliki kawasan terumbu karang seluas 118 ribu hektare dan Kaledupa Atoll sepanjang 48 kilometer (km), yang menjadikan sebagai atol terpanjang di dunia. Taman Nasional Wakatobi telah ditetapkan UNESCO sebagai salah satu kawasan cagar biosfer dunia di Indonesia.

27. Karimunjawa

Karimunjawa adalah kepulauan di Laut Jawa yang termasuk dalam Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Objek wisata Karimunjawa menawarkan pesona wisata laut yang amat indah. Karimunjawa adalah rumah bagi terumbu karang, hutan bakau, hutan pantai, serta hampir 400 spesies fauna laut, di antaranya 242 jenis ikan hias. Beberapa fauna langka yang berhabitat di sini adalah elang laut dada putih, penyu sisik, dan penyu hijau.

28. Bunaken

Taman Nasional Bunaken memiliki luas 890,65 kilometer persegi ini terdiri dari ekosistem hutan bakau, padang laut, terumbu karang, dan ekosistem daratan atau pesisir. Hampir 97 persen merupakan habitat laut yang menghuni di kedalaman 1.566 meter di teluk manado, sedangkan sisanya tiga persen meliputi daratan seluas 75.265 Ha.

29. Raja Ampat

Raja Ampat merupakan sebuah kabupaten bagian dari Papua Barat. Perairan Raja Ampat memiliki 75% spesies laut seluruh dunia, berupa 540 jenis karang, 1.511 spesies ikan dan ribuan biota laut lainnya.

30. Taman Laut Taka Bonerate

Taman Laut Taka Bonerate memiliki atol terbesar ketiga di dunia setelah Republik Kepulauan Marshall dan Maldives. Atol adalah pulau koral yang mengelilingi laguna sebagian atau seluruhnya. Luas total area dari Atol di Takabonerate mencapai 220 ribu hektar. Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate ini meliputi 17 pulau. Objek wisata bahari ini terletak di Selayar, Sulawesi Selatan.

31. Derawan

Salah satu destinasi unik yang mendunia di Derawan adalah ubur-ubur air tawar di Pulau Kakaban. Selain itu, terdapat danau labuan cermin, kamu bisa menyelam untuk melihat whale shark atau hiu paus.

8 dari 8 halaman

Objek Wisata di Indonesia Berupa Taman Nasional

32. Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat terletak di bagian paling barat pulau Bali. Di objek wisata ini terdapat berbagai habitat hutan dan sabana. Taman Nasional Bali Barat merupakan tempat terakhir untuk menemukan satu-satunya endemik Bali yang hampir punah, Jalak Bali di habitat aslinya.

33. Taman Nasional Ujung Kulon

Taman Nasional Ujung Kulon mencakupi hutan lindung yang sangat luas. Ada banyak ekosistem yang dapat dinikmati sebagai objek wisata seperti hutan pantai, mangrove, rawa air tawar, padang rumput, dan hutan hujan tropis. Di kawasan ini kamu juga bisa melihat langsung satwa yang dilindingi seperti Badak Jawa, Owa Jawa, Surili, dan Anjing hutan. Ada pula satwa liar seperti banteng, rusa, babi hutan, muncak, pelanduk, merak, dan masih banyak lagi.

34. Taman Nasional Gunung Leuser

Taman Nasional Gunung Leuser berada di Provinsi Aceh dan Sumatra Utara. Diterimanya Warisan Hutan Hujan Tropis Sumatra ke daftar Situs Warisan Dunia pada tahun 2004, membuat Taman Nasional Gunung Leuser juga masuk dalam daftar Situs Warisan Dunia oleh UNESCO.

35. Taman Nasional Lorentz

Taman Nasional Lorentz adalah sebuah taman nasional yang terletak di provinsi Papua. Taman nasional ini ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia. Lorentz merupakan taman nasional terbesar di Asia Tenggara. Taman ini masih belum dipetakan, dijelajahi, dan banyak terdapat tanaman asli, hewan, dan budaya.

36. Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Daya tarik taman nasional ini adalah jajaran gunung seperti Semeru, Bromo, Batok, dan masih banyak gunung lainnya. Di objek wisata TNBTS setidaknya terdapat 1.025 jenis flora. Terdapat 158 jenis Anggrek yang 40 jenis di antaranya tergolong langka. Kawasan TNBTS juga dikenal sebagai “Land of Edelweiss”.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.