Sukses

Pumuckl, Kuda Terkecil di Dunia dengan Tinggi 50 Cm yang Curi Perhatian

Liputan6.com, Jakarta Setiap tahunnya pasti ada saja hal-hal yang mengagumkan terjadi. Bahkan, tak sedikit pula hal tersebut berkaitan dengan keadaan alam ataupun makhluk hidup. 

Mungkin saja kamu sudah tak asing lagi melihat berbagai makhluk hidup yang mendapatkan julukan-julukan khusus hingga tercatat dalam Guinness Book of Records. Guinness Book of Records sendiri kerap mencatat mengenai daftar hewan dengan bentuk atau ukuran unik.

Salah satunya ialah Pumuckl. Pumuckl merupakan seekor kuda poni dengan ukuran yang bahkan lebih kecil dari kebanyakan anjing. Dilansir Liputan6.com dari Brightside, Kamis (24/11/2022), Pumuckl diketahui merupakan kuda poni Shetland yang memiliki tinggi sekitar 50,8 cm saja.

Hal ini pun membuatnya disebut-sebut sebagai kuda terkecil di dunia. Bahkan, namanya diketahui tengah didaftarkan di Guinness Book of Records. Namunm kuda poni ini harus menunggu satu tahun untuk masuk dalam rekor dunia. Pasalnya, kini dirinya baru berusia 3 tahun dan belum bisa mengalahkan rekor sebelumnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Tak berharap menjadi kuda terkecil

Pumuckl sendiri merupakan kuda peliharaan keluarga Carola Weidemann yang tinggal di Breckerfeld, Jerman. Keluarga Carola sendiri diketahui memiliki bebera kuda poni Shetland mini. Mereka membeli Pumuckl pada 2021 lalu.

Pada awalnya, pertumbuhan Pumuckl tidak ada masalah. Namun, dirinya berhenti tumbuh saat tingginya mencapai sekitar 50 cm. Hal ini pun berbeda dengan kuda poni lainnya yang memiliki tinggi sekitar 70 cm. Tak hanya itu saja, jika kuda poni lainnya bisa memiliki bobot 120 kg, Pumuckl justru hanya memiliki bobot 35 kg.

3 dari 3 halaman

Miliki hak istimewa

Karena ukurannya yang kecil, Pumuckl diketahui memiliki hak istimewa yang diberikan oleh pemilik. Jika biasanya kuda poni hanya dibiarkan berkeliaran di luar rumah, Pumuckl bahkan diizinkan masuk ke dalam rumah. Bahkan, kuda tersebut juga diperbolehkan untuk memakan sarapannya langsung di dapur rumah. Tak sampai disitu saja, Pumuckl juga diketahui kerap ikut berjalan-jalan menggunakan mobil hingga mengunjungi panti jompo.

Ide untuk memasuki Pumuckl di Guinness Book of Records sendiri berasal dari salah satu pengunjung kandang peternakannya. Sejauh ini kuda poni terkecil di dunia berasal dari Polandia dengan ukuran 56,7 cm. Sedangkan Pumuckl berukuran 50cm, hal ini pun bisa menjadikannya sebagai pemegang rekor kuda terkecil di dunia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.