Sukses

21 Tempat Wisata Boyolali Wajib Dikunjungi, Pemandangan Alam Indah dan Memesona

Tempat wisata Boyolali yang wajib dikunjungi saat liburan bersama keluarga.

Liputan6.com, Jakarta Boyolali merupakan salah satu kabupaten yang memiliki komoditas utama yaitu susu sapi, sehingga ramai dijuluki sebagain New Zealandnya Indonesia juga Kota Susu. Hal ini bukan tanpa alasan, karena Boyolali adalah sentra terbesar penghasil susu segar di Jawa Tengah. Selain terkenal karena memiliki peternakan sapi perah, berbagai tempat wisata Boyolali juga patut dipertimbangkan dan layak dikunjungi, karena tempat ini memiliki udara sejuk juga pemandangan indah yang asri menjadi daya tarik utamanya.  

Tempat wisata Boyolali memang tak pernah sepi dari pengunjung, dan sangat cocok dijadikan sebagai tujuan utama liburan bagi kamu pencinta alam. Hal ini karena di Boyolali, terdapat dua gunung api yang sangat populer dan memukau, yaitu Gunung Merapi dan Merbabu dengan hamparan luas dan mengagumkan. Bebagai pendaki ramai berkunjung untuk bisa melakukan pendakian, namun harus berhati-hati karena gunung ini masih sangat aktif. 

Tak hanya tempat wisata Boyolali ini yang bisa Anda jumpai, namun deretan air terjun dan wisata pemandian, perbukitan yang memesona, juga berbagai waduknya memiliki akses dan fasilitas yang cukup memadai. Tersedia juga beragam spot foto menarik, serta beberapa wahana seru seperti bumi perkemahan, tempat memancing, wisata air, hutan wisata hingga rumah makan apung. 

Berikut ini tempat wisata Boyolali yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).  

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Tempat Wisata Boyolali Bertema Air Terjun

1. Air Terjun Kedung Kayang

Tempat wisata Boyolali yang cukup populer untuk dikunjungi adalah Air Terjun Kedung Kayang. Saat berada di sini, Anda akan melihat pemandangan alam yang sangat indah dan memukau, karena air terjun ini diapit oleh Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Jarak yang harus ditempuh juga sangat melelahkan, namun akan terbayar dengan pesona yang memukau juga suasana sejuk yang ada di tempat ini.

2. Air Terjun Watu Abang 

Tempat wisata Boyolali berikutnya yang bisa Anda kunjungi saat liburan di Boyolali adalah Air Terjun Watu Abang, di mana tempat ini memiliki lokasi yang tak jauh dari kota jogja, sehingga membuat destinasi ini layak dikunjungi. Saat berkunjung, wisatawan akan melihat pemandangan alam yang indah dan memukau, serta tak pernah sepi dari pengunjung. Ada banyak aktivitas yang bisa dilakukan, juga menikmati suasana yang tenang dengan angin yang sejuk. Sangat cocok bagi Anda untuk melepas penat. 

 

3. Umbul Tirto Mulyo

Wisata di Boyolali selanjutnya yang bisa Anda kunjungi saat menghabiskan waktu liburan, yaitu menikmati pesona Umbul Tirto Mulyo, di mana wisatawan akan berbagai banyak sekali spot foto menarik juga instagramable. Uniknya lagi, Anda bisa mencoba mandi dengan sensasi layaknya raja zaman dulu, dengan nuansa keraton juga sangat terasa di tempat ini. Anda akan merasa sangat nyaman jika ingin bersantai sambil berendam. 

4. Pemandian Kedung Goro

Tak kalah dengan destinasi wisata sebelumnya, jika Anda menghabiskan waktu liburan die Boyolali maka tempat pemandian yang satu ini tidak boleh sampai terlewatkan. Salah satu daya tarik wisata ini adalah dikelilingi oleh area hutan dan pepohonan yang tinggi, sehingga Anda bisa menikmati suasananya sejuk dan menyegarkan. Airnya yang jernih berwarna kehijauan semakin menjadikannya sebagai wisata alam yang sempurna. Banyak aktivitas yang bisa Anda lakukan di sini, salah satunya berenang, juga bisa menyelam karena air pemandian yang emmang terhitung cukup dalam. 

5. Kampoeng Air Kragilan

Tempat wisata Boyolali berikutnya yang bisa Anda kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan adalah Kampoeng Air Kragilan. Desa wisata yang satu ini, tentu memiliki pemandangan alam indah dan memukau karena alamnya masih sangat asri dan juga terjaga. Saat berkunjung, Anda bisa menikmati suara gemericik air yang turun dari bukit ini akan membuat liburanmu semakin bermakna juga seru.

6. Air Terjun Semuncar

Tempat wisata Boyolali selanjutnya yang sangat indah juga memesona adalah Air Terjun Semuncar. Agar sampai ke sini, ada dua jalur yang bisa ditempuh oleh wisatawan, yang pertama Anda melintasi area perkebunan warga sekitar, dan kedua melewati jalur Sungai Cipendok namun memiliki jalan yang cukup terjal. Namun, Anda tidak akan menyesal karena tempat ini memiliki suasana alam indah, juga masih sangat asri. Destinasi ini terletka di Desa Candisari, Kecamatan Ampel, Boyolali, tepatnya di antara lereng Gunung Merbabu. 

 

3 dari 5 halaman

Tempat Wisata Boyolali dengan Bukit dan Lembah

 

7. Bukit Gancik

Tempat wisata Boyolali  yang wajib dikunjungi saat menghabiskan waktu liburan adalah Bukit Gancik, di mana tempat wisata ini menawarkan suasana perbukitan yang sangat memesona. Uniknya lagi, destinasi wisata ini juga disebut negeri di atas awan, karena pengunjung terus berdatangan dan tak pernah sepi. Wisatawan juga bisa menikmati pesona alam dari jembatan kayu yang disediakan oleh pengelola wisata, sehingga Anda akan merasakan sensasi bersepeda melalui seutas tali yang dibentangkan di atas awan. 

8. Lembah Gunung Madu

Tempat wisata Boyolali berikutnya adalah Lembah Gunung Madu, di mana tempat wisata ini sangat populer juga  instagramable. Berlokasi di kawasan perbukitan, membuat tempat ini memiliki panorama alam yang sangat memanjakan mata pengunjung juga tak ada bandingnya. Anda juga bisa melakukan hungting foto, dengan memanfaatkan beberapa background diantaranya ornament bangunan dan area taman. 

9. Watu Gajah

Wisata di Boyolali yang tak kalah indah pesonanya adalah Watu Gajah, di mana tempat ini merupakan sebuah perbukitan yang cocok bagi Anda yang suka petualangan. Tempat wisata ini berlokasi di lereng Gunung Merapi, sehingga perlu usaha dari pengunjung wisata hingga sampai di sini. Namun perjuangan Anda akan terbayar dengan pemandangan alam yang indah dan eksotis, juga suanasa yang sejuk dan menenangkan. 

10. Tikungan Cinta

Tikungan Cinta adalah salah satu tempat wisata Boyolali yang juga menawarkan pemadangan alam perbukitan, di mana tempat ini dikelilingi oleh pohon pinus yang menjulang tinggi, sehingga membuat tempat ini semakin asri dan nyaman. Ada banyak spot foto menarik yang bisa Anda coba, dengan latar bunga matahari yang memukau. Bagi Anda yang menyukai fotografi, bisa menyalurkan bakat berharga Anda karena tempat ini masih memiliki banyak spot yang potensial untuk dipotret dengan lensa kamera.

11. Kebun Raya Indrokilo

Tempat wisata Boyolali yang bisa Anda sambangi saat menghabiskan waktu liburan, adalah Kebun Raya Indrokilo yang merupakan wisata baru di Boyolali. Memiliki jarak yang tak jauh dari pusat kota, serta mudah di akses membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung wisata. Saat berada di sini, Anda akan melihat tujuh ikon yang tersebar, sehingga menjadi ciri khas dari objek wisata ini diantaranya, mulai dari Gerbang Pasingsingan setinggi 12 meter yang bentuknya terinspirasi dari monumen Chiang Kai Shek Memorial Hall di Taipei.

4 dari 5 halaman

Tempat Wisata Boyolali: Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

 

12. Gunung Merapi dan Gunung Merbabu

Tempat wisata di Boyolali yang sangat populer juga terkenal hingga mancanegara adalah Gunung Merapi dan Gunung Merbabu. Tempat ini menjadi layak untuk dikunjungi, saat Anda ingin menghabiskan waktu liburan berharga di Boyolali. Bagi pengunjung yang suka mendaki, tempat ini adalah destinasi yang cocok. Tempat ini tak pernah sepi pengunjung, dan sering digunakan untuk melakukan camping dan pendakian. Gunung Merbabu berada di sebelah Gunung Merapi yang tentu memiliki pemandangan indah dan menawan sejauh mata memandang, sehingga perjuangan mendaki Anda tak akan sia - sia, namun bisa menikmati hamparan luas dan hijau yang memukau dan indah. 

13. Omah Bambu Merapi New Selo

Omah Bambu Merapi New Selo yang berlokasi di New Selo, Kabupaten Boyolali, adalah salah satu destinasi wisata di Boyolali. Saat berkunjung, Anda akan menikmati berbagai spot foto menarik, dengan ragam latar yang tersedia. Keindahan alamnya juga tak bisa diragukan lagi, ditambah udara yang sejuk dan juga asri sangat cocok dijadikan sebagai tempat untuk melepas penat. Keindahan lereng Gunung Merapi dari kejauhan bisa Anda nikmati, maupun mengabadikan lewat lensa kamera Anda.

14. Candi Sari

Tempat wisata di Boyolali berikutnya adalah Candi Sari, yang sarat dengan nuansa sejarah. Tempat wisata ini sampai sekarang masih memeiliki histori yang sangat kenatal, sehingga menjadi rekomendasi menarik jika Anda datang bersama keluarga. Tempat wisata ini juga ditemukan sekitar tahun 1978, di mana bukit yang ada menjadi sumber mata air yang menarik para wisatawan. Bagi Anda yang ingin berkunjung, tempat ini berlokasi di Desa Gedangan, Kecamatan Cepogo, Kabupaten Boyolali.

15. Agro Wisata Sapi Perah

Tempat wisata di Boyolali berikutnya yang bisa Anda sambangi untuk menghabiskan waktu liburan seru dan menyenangkan adalah Agro Wisata Sapi Perah. Selain terkenal dengan sejumlah wisata alam yang indah, tempat ini juga memiliki produksi susu sapi dan peternakan sapi yang sangat populer. Oleh karena itu, sangat disayangkan jika Anda tak bisa mengunjungi tempat ini. Jika berada di sini, pengunjung wisata bisa melihat dan belajar cara merawat sapi, yang tentu dipandu oleh pengelola wisata yang ada di sana. Jika Anda tertarik untuk memerah susu sapi, juga akan diarahkan sehingga Anda tak perlu khawatir. 

16. Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali

Tempat wisata di Boyolali yang bisa menjadi rekomendasi untuk liburan adalah Makam Ki Ageng Singoprono Boyolali. Memiliki nuansa religi membuat tempat ini tak pernah sepi dari pengunjung yang ingin melakukan ziarah, karena selain mendapatkan ilmu Anda juga bisa memperoleh kekuatan religi. Wisatawan yang ingin berkunjung, akan menempuh jarak kurang lebih 12 kilometer dari pusat kota, juga akan dipandu oleh pengelola wisata yang ada di sini. 

 

5 dari 5 halaman

Tempat Wisata Boyolali: Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

 

17. Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali

Tempat wisata di Boyolali dengan nuansa religi dan wajib dikunjungi adalah Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali. Tak sama dengan makam sebelumnya, Makam Ki Ageng Kebo Kenanga Boyolali ini, terletak cukup jauh dari pusat kota, sehingga tak sembarangan pengunjung yang bisa mengakses tempat wisata ini. Bagi pengunjung yang datang, harus mengenakan pakaian yang sopan juga tertutup. Wisatawan juga bisa belajar seputar kisah hidup beliau kepada juru kunci makam, dan terdapat tembok tegak berisi silsilah Ki Ageng Kebo yang bisa Anda lihat. 

18. Waduk Kedung Ombo

Waduk Kedung Ombo adalah tempat wisata Boyolali yang menawarkan alam indah dan memesona, dan cocok bagi Anda yang ingin menghabiskan waktu liburan dengan keluarga. Pengelola wisata ini juga menyediakan fasilitas yang memadai, seperti bumi perkemahan, tempat memancing, wisata air, hutan wisata hingga rumah makan apung. Memiliki udara yang sejuk, membuat tempat wisata ini tak pernah sepi pengunjung. 

19. Taman Air Tlatar

Taman Air Tlatar adalah tempat wisata Boyolali yang layak untuk disambangi bersama dengan keluarga. Saat berada di sini, Anda bisa menikmati berbagai wahana yang seru juga menyenangkan, selain itu  tersedia berbagai fasilitas lengkap dan cukup memadai, sehingga melengkapi liburan Anda. Jangan takut Anda akan kelaparan, karena tersedia rumah makan lesehan, ada juga pemancingan, serta cendera mata yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh. 

20. Waduk Bade

Tempat wisata Boyolali yang wajib dikunjungi saat liburan adalah Waduk Bade, di mana tempat ini dulu dijadikan sebagai pembangkit listrik untuk warga setempat. Akan tetapi seiring berjalannya waktu, sekarang waduk ini sudah ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tempat wisata ini juga memiliki pemandangan alam yang memukau, serta dikelilingi dengan pepohonan rimbun dan tentunya memiliki udara yang segar. Waduk ini juga memiliki berbagai spesies ikan yang cukup melimpah, sehingga dimanfaatkan masyarakat untuk memancing. 

21. Waduk Cengklik

Waduk Cengklik adalah salah satu tempat wisata Boyolali yang layak untuk di kunjungi, karena destinasi ini merupakan bendungan indah di Boyolali. Memiliki luas sekitar 300 hektar, membuat bendungan ini sudah ada sejak zaman Belanda dan dibangun untuk mengairi persawahan penduduk sekitar. Anda juga bisa menikmati pemandangan sunset yang sangat indah dan menawan. Tempat ini terletak di Desa Ngargorejo, Kecamatan Ngemplak, Boyolali, Jawa Tengah. 

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.