Sukses

8 Cara Meningkatkan Percaya Diri, Abaikan Pikiran Negatif Hingga Pelajari Hal Baru

Liputan6.com, Jakarta Cara meningkatkan percaya diri perlu dipahami oleh semua orang. Pasalnya, kepercayaan diri merupakan sikap yang sangat penting dalam kehidupan setiap manusia. Hal ini memengaruhi cara seseorang bertindak dan bersosialisasi dalam masyarakat. 

Cara meningkatkan percaya diri ada beragam. Kamu bisa menerapkan berbagai macam hal untuk menghilangkan keraguan, ketakutan, atau rasa tidak mampu yang menghalangi kamu untuk mencapai suatu tujuan.

Cara meningkatkan percaya diri dilakukan dengan mengendalikan apa yang dapat kamu kendalikan. Hal ini berkaitan dengan pikiran, sikap, dan tindakan dirimu sendiri dalam menjalani hidup. Kamu bisa meningkatkan rasa percaya diri secara perlahan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022) tentang cara meningkatkan percaya diri.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Abaikan Pikiran yang Membatasi Diri

Cara meningkatkan percaya diri yang pertama yaitu dengan mengabaikan segala pikiran yang dapat membatasi perkembangan diri kamu. Kerap kali kamu cenderung berkonsentrasi pada hal-hal yang kamu pikir tidak dapat dilakukan, dan membiarkan pikiran-pikiran ini menahanmu. Hal ini mengurangi kemampuanmu lebih dari yang kamu pikirkan, dan membuat hal-hal negatif menghiasi hidupmu. 

Ketika momen seperti ini muncul, balikkan keadaan dan katakan pada diri sendiri bahwa kamu bisa mencobanya. Tidak ada salahnya mencoba dan jika berhasil, kamu akan membuktikan kepada diri sendiri bahwa tidak ada yang tidak bisa dilakukan selama kamu berusaha.

Hadapi Ketakutan

Menghadapi ketakuan dan mengendalikan diri sangat penting sebagai cara meningkatkan percaya diri. Ketika kamu membiarkan rasa takut menguasai diri, kamu akan cenderung kehilangan kendali atas hidup dan juga kehilangan kepercayaan diri. Jadi, alih-alih menyerah pada ketakutan, kamu harus memutuskan untuk menatap langsung ke depan. Ini satu-satunya cara agar kamu bisa menaklukkan ketakutan dan meninggalkan ketakutan tersebut untuk selamanya. Hal ini dapat menunjukkan bahwa kamu memiliki kendali atas hidup yang kamu jalani.

3 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Tidak Membandingkan Diri dengan Orang Lain

Dalam sebuah studi tahun 2018, para peneliti menemukan bahwa orang yang membandingkan diri mereka dengan orang-orang di media sosial merasa sangat iri. Ketika mereka merasa iri terhadap orang lain, mereka juga merasa buruk tentang diri mereka sendiri.

Untuk mengalahkan itu, cara meningkatkan percaya diri yaitu kamu harus selalu mengingatkan diri sendiri tentang kesuksesan dalam hidup dan hal-hal yang telah kamu capai sejauh ini. Apa yang kamu lihat di sosial media tidak selalu akurat, dan kamu harus memahami itu.

Bersikap Tegas

Stres dan kurangnya harga diri sering kali membuat seseorang kurang tegas dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Tetapi ini adalah keterampilan komunikasi yang sangat penting yang membuat orang lain menghormati kamu dan menunjukkan bahwa kamu selalu membela hak-hak dirimu sendiri. Cara kamu berdiri dan cara berkata-kata memainkan peran besar dalam membuat kamu didengarkan dan dihormati orang lain. Kamu tidak perlu malu atau santai saat meminta hak dasar kamu. Cara meningkatkan percaya diri satu ini sangat penting diperhatikan.

Mempelajari Hal Baru

Tidak ada yang tahu segalanya atau sempurna dalam apa yang sedang mereka geluti. Hal ini menunjukkan bahwa pertumbuhan dan selalu belajar adalah pilihan yang perlu kamu ambil. Kamu dapat beralih ke podcast dan buku bimbingan untuk mendapatkan inspirasi dan mulai mengembangkan keterampilan. 

Ketika pengetahuan kamu terus berkembang, kamu akan melihat bahwa kepercayaan diri juga meroket dengan cepat. Mengisi kekosongan tidak hanya akan membangun kamu di matamu sendiri, tetapi juga di mata orang lain. Jadi, mempelajari hal baru bisa menjadi salah satu cara meningkatkan percaya diri yang ampuh.

4 dari 4 halaman

Cara Meningkatkan Percaya Diri

Jaga Pikiran dan Tubuh

Menjaga pikiran dan tubuh juga penting sebagai cara meningkatkan percaya diri. Ada empat hal yang dibutuhkan otak dan tubuh untuk mencapai kemampuan terbaiknya yaitu, diet yang baik, olahraga, tidur, dan meditasi. Ini juga merupakan kegiatan yang membantu kamu meningkatkan kepercayaan diri dan terlihat lebih tegas di masyarakat. Keempat kegiatan ini terbukti bisa meningkatkan harga diri dan kepercayaan diri, sekaligus memberikan sikap yang lebih positif.

Lakukan Kontak Mata

Jika ini sulit, kamu dapat mulai dengan rasio 80/20 dan berkonsentrasi pada mata lawan bicara selama 80% dan pada hal lain selama 20% dari waktu berbincang. Mungkin sulit pada awalnya, tetapi seiring waktu kamu akan menyadari bahwa tingkat kepercayaan dirimu akan meningkat. Kamu juga akan melihat bahwa hubungan kamu dengan orang lain akan menjadi lebih kuat dan bertahan lebih lama.

Menerima Pujian atas Pencapaian

Cara meningkatkan percaya diri berikutnya yaitu menerima pujian atas pencapaian. Beberapa orang takut bahwa menceritakan tentang prestasinya akan membuat mereka terlihat sombong. Tapi, ini salah, karena memberi tahu seseorang bahwa sesuatu yang kamu lakukan menghasilkan hal yang luar biasa bisa sangat bermanfaat bagi kamu.

Tidak hanya itu, kamu juga akan merasa nyaman dengan diri sendiri karena mengetahui bahwa pekerjaan baik kamu diketahui oleh orang-orang yang paling berarti. Tentu saja, kamu perlu memastikan bahwa kamu menggunakan bahasa dan sikap yang benar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.