Sukses

Momen YouTuber Kena Gempa Cianjur saat Bikin Konten Mukbang, Lari Ketakutan

Liputan6.com, Jakarta Gempa bumi bermagnitudo 5,6 SR mengguncang wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat pada Senin (21/11/2022) kemarin. Musibah tersebut menyebabkan warga mengalami luka-luka hingga meninggal dunia. Dan ratusan rumah mengalami rusak ringan, sedang dan berat.

Pasca gempa Cianjur, banyak tersebar video di media sosial mengenai detik-detik bencana tersebut terjadi. Salah satunya yang dibagikan oleh laman TikTok @bututalvano. Dalam video, memperlihatkan kepanikan para pemuda yang tengah membuat konten mukbang saat terjadi gempa.

Detik-detik terjadinya gempa itu sempat terekam kamera. Pengunggah video yang awalnya tengah membuat video mukbang untuk kanal YouTube-nya, mendadak dikejutkan dengan guncangan gempa yang terasa cukup kencang selama kurang lebih 10 detik.

"Detik-detik sebelum terjadinya gempa besar di Cianjur Jawa Barat," tulis pemilik akun TikTok @bututalvano, seperti dikutip Liputan6.com pada Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Panik dan langsung berlari

Laman Tiktok @bututalvano, membagikan video yang merekam detik-detik gempa Cianjur yang mengejutkan sejumlah pemuda saat sedang mukbang. Awalnya, empat pemuda tampak sedang membuat video mukbang di sebuah pekarangan, di mana banyak terdapat pepohonan.

Seperti yang terlihat pada video mukbang biasanya, para pemuda pun tampak menikmati makanan yang berada di hadapan mereka. Makanan tersebut diletakkan di atas daun pisang, dan tersedia pula beberapa air mineral kemasan.

Saat baru mulai makan selama beberapa detik, mereka tiba-tiba dikagetkan dengan guncangan gempa yang cukup kencang. Panik dengan guncangan tersebut, keempat pemuda itu langsung lari ketakutan. Setelah gempa berhenti, mereka tampak kembali dengan wajah yang masih terlihat syok.

"Laaillallah..allahuakbar allahuakbar," ucap para pemuda sebelum berlari.

Dalam video juga terekam suara riuh reruntuhan bangunan dan teriakan orang-orang sekitar yang panik dengan guncangan gempa tersebut. Terlihat pula dalam rekaman, kamera yang menghadap ke arah para pemuda terlihat berguncang kencang saat terjadi gempa.

 

3 dari 4 halaman

Komentar Warganet

Video yang telah ditonton sebanyak 6 juta kali itu pun menuai berbagai reaksi dari warganet. Tak sedikit yang berkomentar bahwa meski ada rasa sedih karena bencana yang melanda, namun mereka sedikit terhibur dengan aksi para pemuda yang justru membawa botol minum, dan bukan kameranya.

"Sedihnya ada,lucunya juga ada," tulis akun @shy_zahra.

"Padahal udah di luar ngapain pada lari," tulis akun @march_luv16.

"Kamera ditinggal botol minum dibawa," tulis akun @callmilaa_.

"Yang bawa botol mengingatkan saya waktu gempa tahun 2009 saya kerja di apartemen pas ada gempa lari lewat tangga darurat sambil bawa cobek," tulis akun @amardeka_999.

"Salut sama akang-akangnya yg masih mengucapkn asma Allah..smoga saudara-saudara di Cianjur bisa tabah menghadapi musibah ini," tulis akun @dedi_udel

4 dari 4 halaman

Saksikan video viralnya berikut:

@bututalvano

detik detik sebelum terjadinya gempa besar di Cianjur Jawa barat #gempa #beritaterkini #trendingtopic #fyp #vidioviral #bencanaalam

♬ suara asli - Ilyas Alvano - Ilyas Alvano

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.