Sukses

6 Cara Membuat Pomade dengan Mudah dan Praktis, Bisa Dilakukan di Rumah

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat pomade dapat dilakukan dengan mudah di rumah. Pomade adalah salah satu produk penata rambut yang lebih cenderung kepada pria. Produk penata rambut ini sudah dikenal dari tahun 1900an.

Cara membuat pomade memerlukan bahan-bahan seperti  minyak kelapa, lanolin, wax dan parfum atau fragrance. Pomade ini membuat rambut tampak mengkilap, licin, rapih, lebat, dan tampak basah alami.

Cara membuat pomade pun tak perlu keterampilan ataupun keahlian khusus. Bagi kamu pemula juga bisa membuat pomade sendiri. Apabila kamu telah mengetahui cara membuat pomade sendiri, produk tersebut bisa dijadikan sebagai bisnis.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara membua pomade dengan mudah dan praktis yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Mengenal Pomade

Pomade adalah varian dari minyak rambut bagi kaum laki-laki. Mereka yang menggunakan pomade biasanya digunakan oleh kalangan anak muda yang senang bergaya. Pomade dapat dipakai untuk menahan gaya rambut pria sesuai jenis rambut masing-masing orang. 

Dikutip dari laman Deadly is the Female, pomade telah ada sejak abad ke-18 dan awalnya digunakan sebagai salep, kemudian dengan perkembangan zaman, akhirnya pomade digunakan untuk produk rambut. Kata pomade berasal dari kata Perancis yakni pomade, yang berarti salep. Sedangkan, kata pomade juga berasal dari bahasa Latin yakni pomum yang berarti buah apel. Nama tersebut diberikan karena pada mulanya, bahan dasar pomade memang berasal dari buah apel.

Kemudian dengan semakin berkembangnya dunia fashion dan teknologi, pada abad ke 19 bahan dasar pomade diganti menggunakan minyak beruang. Setelah itu, pada awal abad ke 20, sudah banyak pomade yang diciptakan dengan bahan dasar minyak.

3 dari 5 halaman

Kategori Pomade

Jenis pomade terbagi dalam tiga kategori, berikut ini penjelasannya:

1. Pomade light hold atau original

Produk jenis ini dapat membuat rambut terlihat lebih alami dan tidak terlalu keras. Bagi kamu yang memiliki rambut lurus, sangat cocok menggunakan pomade jenis light hold.

2. Pomade medium hold

Produk jenis ini mampu membentuk rambut terlihat agak kaku. Sedangkan, jika kamu memiliki rambut ikal, cocok menggunakan pomade jenis medium hold. 

3. Pomade hold atau firm hold

Produk jenis ini dapat menata rambut dengan tingkat kaku yang maksimal. Untuk kamu yang memiliki rambut keriting bisa menggunakan pomade jenis medium hold dan heavy bold.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Bahan Penata Rambut

1. Gel

Hair Gel adalah produk penata rambut pria yang lebih kasar, kaku dan keras dibanding pomade, karena produk ini membuat rambut tampak keras, berminyak, dan mengkilap. Untuk itu, produk satu ini jarang digunakan oleh pria remaja.

2. Minyak

Minyak rambut atau hair tonic adalah salah satu produk penata rambut yang berbentuk cair dan tidak seperti pomade atau gel, minyak lebih cenderung tidak membuat rambut berminyak dan kasar, tetapi membuat rambut rapi dan tidak mengkilap.

3. Krim

Krim rambut atau hair cream merupakan produk dan zat seperti pomade. Krim rambut lebih cenderung mengandung lebih banyak vitamin dan protein, tetapi tidak kuat menahan rambut tetap rapi.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Pomade dengan Mudah dan Praktis

Bahan-bahan:

a. Beeswax atau lilin madu

b. Minyak kelapa

c. Lempung bentonit atau bentonit clayd. Minyak essensial

e. Minyak zaitun dan minyak almond

Alat yang digunakan:

a. Panci

b. Wadah kecil, seperti mangkuk.

Cara membuat pomade:

1. Panaskan air dalam panci. Kamu hanya perlu memanaskan air dalam panci hingga mendidih. Namun usahakan menggunakan api sedang.

2. Cara membuat pomade yang berikutnya yakni melelehkan lilin madu dengan double boiler. Selanjutnya kamu bisa menuangkan lilin madu di panji lainnya. Setelah itu lelehkan di atas air yang mendidih tersebut. Langkah ini sama seperti kamu akan melelehkan cokelat. Sambil di lelehkan perlu mengaduknya agar lelehan lilin madu tersebut merata.

3. Cara membuat pomade yang berikutnya yakni masukan bahan lain pada lelehan lilin madu. Setelah itu, kamu bisa menambahkan minyak-minyak yang ada dengan takaran yang sedikit. Kamu bisa menambahkan 1,5 sendok makan minyak zaitun, beberapa tetes minyak essensial sebagai pewangi serta setengah sendok teh untuk minyak almond. Kemudian aduk semua bahan hingga merata.

4. Cara membuat pomade yang berikutnya yakni masukan lempung bentonit. Setelah semua bahan tercampur rata, kamu bisa mematikan api pada kompor atau memindahkan wadah tersbut pada meja. Setelah itu, tuangkan lempung bentonit yang sudah dicampur dengan air hingga lembek. Aduk rata adonan yang telah tercampur lempung bentonit hingga merata.

5. Cara membuat pomade yang berikutnya yakni tuangkan pada wadah kecil dan ratakan. Setelah adonan benar-benar tercampur rata, kamu bisa menuangkannya pada wadah yang lebih kecil lagi yang mana bisa kamu gunakan sebagai tempat pomade. Kemudian, biarkan pada suhu ruangan hingga menjadi dingin dan mengeras.

6. Pomade telah siap digunakan, produk ini siap dipakai untuk menata rambut kamu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.