Sukses

Viral Ruang Ganti Pemain Timnas Jepang Usai Pertandingan Ini Banjir Pujian Netizen

Liputan6.com, Jakarta Pertandingan Jepang vs Jerman dalam ajang Piala Dunia 2022 memang menjadi sorotan banyak masyarakat. Terlebih lagi, Jepang berhasil menaklukan Jerman dalam laga perdana Grup E di Khalifa International Stadium, Rabu (23/11/2022) dengan skor 2-1.

Tentu saja, kemenangan Jepang atas Jerman ini tak disangka oleh banyak orang. Bahkan, kehebohan pertandingan tersebut juga membuat linimasa Twitter cukup ramai hingga kedua tim menjadi trending topik.

Namun, ada pula yang menarik usai pertandingan Jepang vs Jerman. Pasalnya, usai pertandingan, banyak penonton atau suporter timnas Jepang ramai-ramai membersihkan stadion. Aksi ratusan suporter Jepang untuk membersihan stadion ini pun ramai menjadi perbincangan netizen di media sosial.

Bahkan, tak sedikit pula yang memuji itikad baik penonton Jepang yang menjadi tamu di stadion tersebut. Pasalnya, sebelumnya juga sempat beredar luas penonton asal Jepang yang melakukan bersih-bersih stadion meski tim mereka belum menjalani pertandingan.

Rupanya, bukan hanya fans saja, akan tetapi tindakan bersih-bersih juga dilakukan oleh para pemain skuad Jepang. Melalui akun Twitter resmi FIFA, Kamis (24/11/2022) pihak FIFA memperlihatkan ruang ganti pemain timnas Jepang. Bahkan, potret ruang ganti skuad ini banjir pujian dari banyak netizen.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Bersih dan rapi

Akun Twitter @FIFAcom, pada Kamis (24/11/2022) pagi mengunggah potret ruang ganti dari tim Jepang. Dalam unggahannya terlihat ruang ganti pemain begitu rapi dan bersih. Potret ruang ganti milik tim Jepang usai pertandingan menang melawan Jerman ini pun langsung mencuri perhatian banyak netizen.

"Setelah kemenangan bersejarah melawan Jerman di #FIFAWorldCup pada Match Day 4, fans Jepang membersihkan sampah mereka di stadion, sementara @jfa_samuraiblue meninggalkan ruang ganti mereka di Khalifa International Stadium seperti ini. Bersih." tulis keterangan @FIFAcom.

Tak hanya membersihkan ruang ganti saja, akan tetapi pemain tim Jepang juga meninggalkan origami atau kerajinan kerta tradisional Jepang berbentuk burung. Bahkan, tim Jepang juga menuliskan kata terima kasih dalam bahasa Jepang dan Arab.

3 dari 3 halaman

Respons netizen

Aksi yang dilakukan oleh tim Jepang ini pun berhasil mencuri perhatian banyak netizen. Bahkan, tak sedikit pula yang memuji tindakan tim tersebut yang meninggalkan ruang ganti stadion dalam keadaan bersih dan rapi.

"Klasik dan cantik! Ini adalah moral dan budaya yang perlu kita bawa ke acara dunia seperti Piala Dunia karena mereka benar-benar mengajarkan kepada mereka yang tidak mempraktikkannya tentang keindahan hidup di lingkungan yang aman dan bersih. Berjuang untuk budaya ini, bukan yang lain!" tulis @SeniorCounsel_1

"Seperti inilah contoh seharusnya. Bukan mereka yang menganggap dirinya lebih baik dari yang lain." tulis @PotentialSam

"Speechless. Bertanya-tanya mengapa mereka semua (Jepang) dibesarkan dengan perilaku disiplin yang sama." ujar akun @princellen2k5.

"Kami orang Jepang bangga akan hal itu.Tapi saya juga bertanya-tanya mengapa hampir semua orang yang menganggap perilaku ini indah tidak berperilaku dengan cara yang sama." ujar @sho_travel.

"Melihat tingkah suporter Jepang dan tim Jepang membuat saya bangga menjadi orang Jepang, selamat untuk para suporter dan kemenangan besar untuk Samurai Biru" ungkap @KutsuwadaMigeru.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.