Sukses

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim, Lengkap dengan Gambar

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat rumah dari stik es krim menjadi salah satu cara untuk mengisi waktu luang bersama dengan anak. Stik es krim adalah benda yang bisa ditemui dan dibentuk dengan mudah, yang anda perlukan adalah kreatifitas untuk mengolahnya menjadi karya seni.

Cara membuat rumah dari stik es krim juga kerap menjadi materi atau tugas yang diberikan oleh sekolah untuk mengasah kreativitas murid-muridnya. Membuat rumah dari stik es krim juga menjadi cara melatih motorik halus dan daya fokus anak, melalui aktivitas yang membutuhkan ketelitian seperti membuat rumah dengan ukuran kecil.

Meski terlihat rumit, namun cara membuat rumah dari stik es krim sebenarnya sangat mudah untuk dilakukan. Anda juga bisa menemukan banyak referensi di internet untuk bisa membuat rumah dari stik es krim yang menarik dan sesuai dengan preferensi anda.

Sayangnya masih banyak orang yang bingung tentang bagaimana cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari laman studiodiy.com pada Kamis (24/11/2022). Cara membuat rumah dari stik es krim yang mudah lengkap dengan gambar untuk setiap langkahnya.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Hal pertama yang perlu dilakukan dalam cara membuat rumah dari stik es krim adalah menyiapkan bahan dan alat. Berikut alat dan bahan yang dibutuhkan:

- Kira-kira 250 stik es krim standar

- Tusuk Sate Bambu

- Gunting

- Pistol Lem Panas atau Lem Kayu

- Cat warna sesuai dengan selera

- Benang 

3 dari 5 halaman

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

1. Buatlah dinding dan atap anda dari stik es krim seperti gambar di atas (atap tidak terlihat di foto langkah awal, tetapi dijelaskan di bawah). Inilah potongan-potongan yang anda perlukan:

- Tembok depan: 3 stik es krim penuh, 4 stik es krim setengah, berjajar mendatar dan diberi jarak yang sesuai untuk pintu dan jendela (lihat foto) dan saling menempel dengan 3 stik es krim yang direkatkan secara vertikal.

- Bay window (Buat 3): 6 batang es loli setengah, berbaris horizontal dengan ruang untuk jendela di tengah (lihat foto), dan direkatkan satu sama lain dengan 2 batang es loli yang direkatkan secara vertikal (satu di setiap sisi)

- Dinding samping (Buat 2): 11 batang es loli, berbaris horizontal dan menempel satu sama lain dengan 2 batang es loli direkatkan secara vertikal di kedua sisinya. 

- Dinding belakang: 22 batang es loli horizontal, berbaris dalam dua kolom masing-masing 11 batang. Pasang setiap kolom 11 satu sama lain dengan tongkat es loli yang direkatkan secara vertikal di kedua sisi, lalu gunakan 2 batang es loli setengah untuk menyatukan kedua kolom.

- Bagian depan atap: 24 batang es loli berjejer vertikal dan dilekatkan dengan 2 batang es loli horizontal yang direkatkan di atas, 2 di bawah dan dua di tengah. 

- Bagian belakang atap: 24 batang es loli berjejer vertikal dan dilekatkan dengan 2 batang es loli horizontal yang direkatkan di atas, 2 di bawah dan dua di tengah.

4 dari 5 halaman

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

2. Jadikan atap besar sebagai puncak.  

- Untuk yang lebih besar, anda perlu menyusun 5 batang es loli secara vertikal dan menempel satu sama lain dengan potongan kecil es loli yang direkatkan di tengah secara horizontal. Buat yang kedua ini. Rekatkan bagian atas masing-masing membentuk puncak atau bentuk segitiga.

- Potong beberapa batang es loli dengan ukuran yang sesuai dan rekatkan secara horizontal untuk mengisi segitiga, sisakan ruang untuk jendela di tengah. Untuk penopang di bagian belakang, batang es loli baris 3 mendatar, tempel dengan potongan kecil yang direkatkan di atasnya, lalu tempelkan penopang ke bagian belakang segitiga, seperti yang ditunjukkan.  Rekatkan tongkat es loli di bagian depan setiap sisi puncak.

- Ulangi proses ini untuk "puncak" atap kecil, tetapi dengan potongan batang es loli yang lebih kecil.

3. Buat atap kecil di atas jendela rongga.  

- Sejajarkan empat batang es loli dan tempelkan satu sama lain dengan setengah batang es loli yang diletakkan secara horizontal. Rekatkan satu batang es loli lagi, secara tegak lurus, di satu sisi potongan yang baru saja anda buat.

- Gunakan empat batang es loli jumbo (atau 8 batang biasa) untuk membentuk cerobong asap . Dua akan dipotong secara horizontal, dan dua pada sudut, jadi ketika direkatkan menjadi bentuk cerobong asap yang duduk rata di atap miring.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Rumah Dari Stik Es Krim

4. Bangun dasar beranda. 

- Rekatkan dua batang es loli jumbo (atau empat biasa) berdampingan, lalu rekatkan satu batang es loli jumbo (atau dua biasa) di setiap sisi. Gunakan dua potongan kecil batang es loli yang direkatkan, secara tegak lurus, untuk membuat “tangga” kecil yang pada akhirnya akan dipasang ke beranda.

- Bangun jendela rongga, tempelkan ke dinding depan, tempelkan setiap dinding samping, tempelkan ke belakang. Tambahkan atap jendela teluk, atap rumah utama, puncak dan cerobong asap. 

5. Membuat kusen jendela pintu. 

- Potong batang es loli agar sesuai dengan setiap bukaan jendela yang anda buat dan rekatkan agar pas di sekitar jendela dan bukaan pintu. Lukis putih dan tambahkan hiasan magenta di bagian dalam setiap bingkai. Rekatkan di sekitar setiap jendela dan bukaan pintu.

- Membuat teras menjorok. Gunakan dua batang es loli sebagai kolom, dan rekatkan ke satu batang es loli jumbo (atau dua batang biasa) sebagai balok di bagian atas. Potong tusuk sate bambu agar pas sebagai railing dan hiasan di bawah balok, seperti tampak pada foto. Rekatkan kedua kolom ke beranda. 

- Membuat pintu. Potong dua batang es loli jumbo (atau empat biasa) dan sejajarkan secara vertikal, tempelkan potongan batang es loli yang direkatkan secara horizontal. Warna coklat dan tambahkan dekorasi dengan cat atau spidol.

- Pasang pintu dengan dua potong benang, masing-masing terpasang pada pintu dan kusen pintu.

- Lukis atau gambar angka untuk menunjukan nomor rumah. Selesai!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.