Sukses

Cara Main Sudoku untuk Pemula, Simak Tips dan Triknya

Liputan6.com, Jakarta Sudoku merupakan board game yang membutuhkan logika untuk menyelesaikannya. Sudoku yang dikenal juga dengan nama Number Place atau Nanpure adalah  permainan puzzle angka yang terdiri dari teka-teki penempatan angka kombinatorial berbasis logika. Sudoku dimainkan dengan mengisi angka-angka dari 1 sampai 9  pada kisi-kisi 9×9 yang terdiri dari 9 kotak 3×3 tanpa ada angka yang berulang di satu baris, kolom atau kotak.

Melibatkan angka dan membutuhkan logika membuat beberapa orang beranggapan cara main sudoku rumit dan membingungkan. Padahal, jika sudah mengetahui cara main sudoku dengan baik, permainan ini adalah permainan yang seru.

Cara main sudoku tidak hanya dapat dilakukan oleh orang dewasa saja, anak-anak juga dapat merasakan keseruan permainan board game satu ini. Berdasarkan Journal of Education and Training Studies, permainan sudoku membantu anak mengasah kemampuan memecahkan masalahnya, dengan begitu anak menjadi lebih cerdas. Desain permainan sudoku cukup sederhana, aturannya juga cukup mudah dimengerti. Berikut cara main sudoku yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Apa itu Sudoku?

Sebelum mengetahui cara main sudoku ada baiknya terlebih dahulu mengenal apa itu sudoku. Sudoku merupakan permainan yang sudah ada sejak zaman dulu dan digemari oleh semua kalangan. Permainan ini kerap dijadikan kegiatan untuk mengisi waktu dan juga mengasah otak. 

Sudoku pertama kali diciptakan pada tahun 1783 oleh Leonhard Euler, seorang matematikawan yang berasal dari Swiss. Howard Garns seorang arsitek yang merupakan rekan Euler kemudian mengembangkan sudoku dan diterbitkan di sebuah surat kabar Prancis pada 1895.

Versi modern dari permainan teka-teki dirilis pada 1979 di Indianapolis, Amerika Serikat. Pada tahun 1986, salah perusahaan permainan teka-teki Jepang yang bernama Nikoli mempopulerkan permainan teka-teki ini dengan nama sudoku. Nama sudoku adalah sebuah akronim dari bahasa Jepang “Suuji wa dokushin ni kagiru” yang artinya "angka-angkanya harus tetap tunggal".

3 dari 3 halaman

Cara Main Sudoku

Beberapa orang beranggapan bahwa permainan sudoku seperti matematika karena melibatkan angka-angka. Padahal, angka-angka tersebut bisa diganti dengan huruf-huruf atau simbol-simbol lain. Permainan sudoku lebih menitikberatkan pada mengenali pola. Untuk mengetahui cara main sudoku dapat dimulai dengan mempelajari dasar sudoku, kemudian lanjutkan dengan mempelajari teknik-teknik pemula dan tingkat lanjut.

Mengetahui Dasar Cara Main Sudoku

Pelajari Pengaturannya

Dalam permainan sudoku biasa, pemain akan diberi kisi berbentuk persegi berisi 9 kotak-kotak besar. Dalam setiap kotak besar, ada 9 kotak-kotak yang lebih kecil. Ketika dihadapkan dengan teka-teki, beberapa kotak-kotak kecil tersebut sudah terisi dengan nomor dari 1 sampai 9. Untuk teka-teki yang lebih sulit, jumlah kotak-kotak yang sudah terisi akan lebih sedikit.

Kotak-kotak besar sering kali ditandai dengan garis yang lebih tebal, sementara kotak-kotak yang lebih kecil mempunyai garis yang lebih tipis. Selain itu, terkadang kotak-kotak yang lebih besar akan diwarnai seperti pola papan dam.

Perhatikan Baris dan Kolom

Salah satu aturan dasar permainan ini adalah setiap kolom dan baris harus mempunyai satu angka 1 sampai 9. Artinya, dalam sebuah baris atau kolom, suatu angka tidak dapat berulang.

Perhatikan Angka yang Ada di Kotak-kotak Besar

Demikian pula, dalam setiap kotak besar, angka 1 sampai 9 harus muncul. Sekali lagi, ini berarti bahwa masing-masing angka hanya dapat muncul sekali karena hanya ada 9 kotak yang lebih kecil di dalam kotak besar. Jadi, jika di kotak besar sudah ada nomor “4”, Anda tidak lagi boleh menuliskan angka tersebut dalamnya.

Gunakan Pensil

Sebagai pemain sudoku pemula, Pemain memiliki kemungkinan besar melakukan kesalahan. Papan sudoku akan berantakan kalau pemain pemula menggunakan pulpen, jadi sebaiknya gunakan pensil supaya jika terjadi kesalahan dapat dihapus dengan mudah.

Cara Main Sudoku Bagi Pemula

1. Kerjakan Bagian yang Mudah terlebih Dahulu

Cara main sudoku tahap awal bagi para pemula sebaiknya dimulai dengan yang paling mudah dulu, yakni menambahkan angka. Pilih kotak yang sudah mempunyai angka cukup banyak atau deretan yang hampir sudah terisi. Kemudian, baru kita bisa memilih kisi yang terdapat banyak kotak kosong. 

Cara ini akan memudahkan pemain dalam menentukan angka yang diisi. Pada tahapan ini, pemain memiliki lebih banyak pilihan angka dalam proses pengisian kisi. Setelah itu, pemain bisa mengeliminasi angka-angka yang harus dihilangkan. Misalnya, apabila ada persegi yang telah mempunyai angka 1 hingga 7 maka pemain tinggal mencari tahu di mana kita harus meletakkan angka 8 dan angka 9.

Ketika mengisi angka, alangkah lebih baik untuk melihat baris yang ada di baris ataupun persegi itu dengan tujuan untuk dapat menentukan angka manakah yang dapat menghilangkan satu nomor atau lainnya dan bisa dengan cepat mengisi kekosongan.

2. Cari Nomor Mana yang Hilang

Dalam permainan sudoku, selain menambahkan angka yang belum ada, pemain juga bisa menempatkan angka yang belum ada di dalam baris, diagonal, ataupun kolom. Apabila sebuah angka ada di dalam satu baris, maka angka tersebut tidak bisa ditempati lagi.

Tantangannya sendiri yaitu memikirkan dan juga mencari serta melihat peluang angka yang dapat ditambahkan yang belum ada. Misalnya saja, apabila baris atas teka-teki sudoku adalah 1,5,6,8,3,2, maka baris itu akan memerlukan angka 7,9,4. Dengan begitu, kita harus melihat garis dan kolom terdekat yang ada di dalam kotak yang sama untuk bisa melihat apakah kita bisa menyingkirkan salah satu angka dari tiga angka yang hilang itu.

3. Jangan Menebak

Cara main selanjutnya adalah jangan menebak, semua kotak akan berpengaruh pada yang lain dan tentunya saling berkaitan. Sehingga kita tidak dapat menebak-nebak. Sebaiknya, kita mengisi dengan melakukan perhitungan dan juga melihat secara menyeluruh dari semua papan sudoku, angka-angka yang ada, dan yang belum terisi dari baris, kolom, dan juga diagonalnya.

4. Terus Bergerak

Dalam permainan sudoku, kadang pemain stuck pada satu kotak maupun satu angka yang sulit untuk ditempatkan. Terus berusaha bergerak menjadi salah satu kunci cara main sudoku. Jangan terlalu fokus pada angka yang berhenti itu, lebih baik pemain beralih ke kotak yang lain untuk mengisi angka yang kosong. 

Terus bergerak bertujuan untuk membantu pemain melihat peluang angka yang mungkin saja bisa ditempatkan pada kisi lain yang mungkin jadi berkaitan dengan kisi tempat pemain stuck sebelumnya. 

5. Periksa Ulang Semua Kotak dan Kisi

Permainan sudoku ini memerlukan daya ingat yang kuat untuk bisa mengingat semua angka yang sudah ditempatkan dan kotak-kotak mana yang berubah untuk membantu proses eliminasi angka-angkanya dengan mudah dan cepat. Setiap kali menempatkan angka di sebuah kotak, maka angka tersebut akan memberi kesempatan untuk angka yang lain dan menutup kemungkinan untuk angka yang lainnya ditempatkan di kotak terdekat.

Memeriksa ulang kotak yang belum maupun yang sudah terisi dapat membantu pamein menyelesaikan permainan. Lihat kembali kotak sudoku untuk memecahkan kotak-kotak yang sebelumnya ditinggalkan kosong. Kalau pemain telah mengisi nomor baru, mungkin sekarang pemain dapat menentukan angka di tempat-tempat kosong tersebut.

Dengan menggunakan cara bermain sudoku di atas, setiap orang dapat merasakan keseruan permainan teka-teki ini. Pemain dapat meniru tahap demi tahap untuk bisa meningkatkan level permainan untuk semakin melatih kemampuan, logika, dan strategi.   

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.