Sukses

11 Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah, Ketahui Cara Membuatnya

Liputan6.com, Jakarta Timun atau Cucumis sativus merupakan salah satu jenis tanaman yang dikonsumsi dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Sudah menjadi rahasia umum jika timun mempunyai segudang manfaat bagi kesehatan. Selain menjadi buah yang menyegarkan untuk dimakan, timun menjadi salah satu bahan yang banyak digunakan di bidang kecantikan dan kesehatan kulit lainnya.

Dilansir dari studi milik Van Khanh Nguyen dkk pada National Library of Medicine tahun 2019 diketahui bahwa ekstrak mentimun kaya akan vitamin, termasuk vitamin A dan C serta antioksidan yang telah terbukti memiliki berbagai efek pada kulit. Beberapa efek yang dimaksud, seperti menyejukkan kulit yang teriritasi, melembabkan dsb. Lebih lanjut lagi studi tersebut juga menyebutkan bahwa sebagai salah satu superfood untuk kulit, ekstrak mentimun telah banyak ditambahkan ke dalam berbagai produk perawatan kulit, seperti toner, lotion, dan krim. Timun juga banyak digunakan sebagai masker.

Berbagai manfaat masker timun bagi kulit wajah menjadi alasan mengapa produk dengan kandungan buah yang satu ini banyak digunakan. Manfaat masker timun ini juga bisa kamu dapatkan dengan membuat masker secara mandiri. Jangan sia-siakan buah timun Anda yang berharga bagi kulit wajah. Berikut liputan6.com rangkum dari Healthline dan berbagai sumber tentang manfaat masker timun dan cara membuatnya, pada Kamis (24/11/22) :

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 5 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah

1. Mengatasi Mata Panda dan Mata Bengkak

Manfaat masker timun yang pertama bisa kamu dapatkan adalah untuk mengatasi mata panda dan mata Anda yang bengkak. Studi yang berjudul “Phytochemical and therapeutic potential of cucumber” oleh Pulok K Mukherjee dkk pada tahun 2013 menyebutkan bahwa mentimun mempunyai kemampuan untuk mengurangi pembekakan pada kulit, termasuk bengkak dan lingkaran hitam di bawah mata.

Anda dapat menggunakan masker timun ini dengan menggunakan potongan timun dingin pada area mata Anda dan diamkan selama 20 menit. Suhu dingin tersebut akan membantu mengecilkan pembuluh darah, mengurangi pembengkakan dan menenangkan mata yang lelah.

2. Membantu Mengatasi Kulit yang Berjerawat

Timun memiliki sifat astringen ringan yang dapat membantu membersihkan kulit dan mengencangkan pori-pori. Hal ini yang dapat membantu mengurangi jerawat. Anda bisa mencampurkan air timun dengan bahan masker lainnya untuk mengatasi kondisi tersebut. Anda juga bisa menempelkan potongan timun langsung ke kuit wajah, di atas flek jerawat atai diletakkan di balik sheet mask.

3. Membantu Melawan Penuaan Dini

Manfaat masker timun bagi kulit wajah yang selanjutnya karena adanya komponen antioksidan di dalam timun. Komponen antioksidan yang ada di dalam timun membuatnya yang berpotensi menjadi anti keriput. Selain itu, kandungan vitamin C pada timun dapat merangsang pertumbuhan sel baru dan asam folat pada timun dapat membantu melawan racun yang dapat membuat kulit Anda tampak lelah dan menua sebelum waktunya.

Perpaduan asam folat dan vitamin C pada timun ini membuat kulit Anda lebih kencang dan sehat. Dengan demikian, Anda tidak perlu khawatir akan penuaan dini sekarang karena Anda bisa menggunakan bahan yang sangat mudah ditemukan ini.

 

3 dari 5 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah

4. Meredakan Iritasi

Manfaat masker timun juga diperoleh dari timun yang memiliki efek pendinginan dan anti-inflamasi. Efek pendinginan dan anti-inflamasi ini akan membantu Anda meringankan rasa sakit, kemerahan serta iritasi yang diakibatkan oleh sengatan matahari, gigitan serangga dan ruam. Apalagi bagi Anda yang memiliki kulit sensitif, masker timun adalah pilihan masker yang tepat untuk digunakan.

5. Menghidrasi dan Melembabkan Kulit

Timun terdiri dari 96% air. Oleh sebab itu, tidak heran jika salah satu manfaat masker timun adalah untuk menghidrasi kulit. Akan tetapi, air disebut tidak pernah menjadi pelembab yang cukup bagi wajah, meskipun memenuhi asupan air yang cukup adalah hal yang tetap penting. Ini juga berlaku untuk timun. Oleh karena itu, Anda dapat  mencampurkan jus atau ekstrak dari mentimun ke bahan pelembab lain, seperti madu atau lidah buaya untuk melembabkan dan menyejukan kulit. Oleskan pada wajah dan Anda akan merasakan hasilnya.

6. Mengatasi Kulit Terbakar

Anda dapat menggunakan timun untuk meredakan kulit yang terbakar karena sengatan matahari dan kulit berminyak. Terpapar sinar matahari bukanlah hal yang menyenangkan karena ini mungkin akan menyakitkan, terutama pada area wajah, seperti dahi,hidung, pipi dan dagu. Kandungan air, kalium, sulfat, vitamin A dan C pada timun akan membantu Anda mengatasi kondisi kulit tersebut. Anda juga bisa memanfaatkan timun sebagai toner alami.

7. Mengurangi Ruam

Membantu meredakan ruam kulit menjadi manfaat masker timun yang juga bisa Anda pertimbangkan. Timun bisa membantu menjadikan kulit normal kembal dan bebas dari bekas luka. Kamu bisa menggunakan timun dan lemon sebagai bahan maskernya. Oleskan campuran tersebut pada wajah dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas dengan air dingin.

4 dari 5 halaman

Manfaat Masker Timun untuk Kulit Wajah

 

8. Mengatasi Kulit Berminyak

Ekstrak mentimun memiliki efek menghambat sekresi sebum yang membuat timun dapat membantu mencegah produksi sebum berlebih penyebab kulit berminyak. Sebum berlebih nantinya dapat menyebabkan pori-pori tersumbat dan menimbukan jerawat. Anda dapat membuat masker timun untuk mendapatkan manfaat ini dengan membersihkan dan mengupas setengah buah timun sebelum dihaluskan dan dijadikan masker. Anda dapat menambahkan yoghurt. Oleskan masker ini pada wajah dan biarkan selama 10 menit sebelum dibersihkan  dengan air hangat.

9. Mencerahkan Kulit

Manfaat masker timun yang mungkin berikutnya adalah untuk mencerahkan kulit. Memang belum ada penelitian pasti tentang efek timun untuk mencerahkan kulit. Akan tetapi, vitamin C yang ada di dalam timun dapat membantu mencerahkan warna kulit. Selain itu, mentimun dapat membantu dalam proses pergantian sel-sel kulit mati pada bintik-bintik hitam bekas jerawat atau noda hitam. Bintik-bintik hitam tersebut dapat tertutup oleh pergantian sel mati dan produksi sel kulit baru.

10. Membantu Kulit Melawan Radikal Bebas

Dilansir dari Skinkraft, timun kaya akan antioksidan. Sementara itu, antioksidan merupakan salah satu komponen penting yang dapat menganggu proses oksidasi dengan melawan radikal bebas yang berbahaya bagi kulit. Dengan demikian, timun dapat membantu melindungi kulit Anda dari bahaya radikal bebas yang tidak diinginkan.

11. Membersihkan Wajah

Anda dapat menggunakan timun untuk mencuci wajah Anda. Campurkan air mentimun dengan bahan-bahan, seperti lidah buaya, teh hijau atau sabun castile saat mandi di pagi. Cara lain yang bisa Anda lakukan adalah memercikan air mentimun ke wajah secara langsung agar wajag terasa segar dan terjaga sepanjang hari.

5 dari 5 halaman

Cara Membuat Masker Timun

1. Alat Dan Bahan

a. Mentimun

b. Mangkuk

c. Sendok

d. Blender

e. Saringan

f. Bahan lain yang bersifat opsional, seperti lidah buaya, otmeal atau madu.

2. Cara Membuat Masker Timun

a. Haluskan setengah timun yang belum dikupas dalam blender sampai menjadi pasta encer.

b. Saring timun yang sudah dihaluskan tersebut menggunakan saringan.

c. Oleskan pasta timun ke wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 15 menit.

d. Bersihkan wajah dengan air dingin atau air yang suam-suam kuku dan keringkan wajah dengan kain yang lembut.

3. Cara Membuat Masker Timun dan Lidah Buaya

a. Haluskan setengah timun yang tidak dikupas sampai menjadi pasta  encer.

b. Pisahkan jus timun dari potongan padat menggunakan saringan.

c. Tambahkan 2 sendok makan gel lidah buaya ke dalam timun dan blender kembali sampai halus.

d. Oleskan masker pada wajah sambil dipijat dengan lembut dan biarkan selama 15 menit.

e. Bilas wajah menggunakan air dingin dan keringkan wajah dengan kain lembut.

4. Cara Membuat Masker Timun, Oatmeal dan Madu

Campuran masker ini menjadi pilihan yang baik untuk kulit berjerawat. Sifat astringen mentimun akan berpadu dengan oatmel dalam pengelupasan dan pengangkatan sel-sel kulit mati. Sementara itu, madu akan membantu menyeimbangkan bakteri pada kulit.Berikut langkah-langkahnya :

a. Haluskan setengah timun yang tidak dikupas sampai menjadi pasta  encer.

b. Pisahkan jus timun dari potongan padat menggunakan saringan.

c. Tambahkan 1 sendok makan oatmeal ke dalam jus dan aduk sampai halus.

d. Setelah itu, tambahkan 1 sendok makan madu ke campuran timun dan oatmeal tersebut dan aduk hingga tercampur rata.

e. Oleskan masker pada wajah dan leher sambil dipijat dengan lembut dan biarkan selama 15 menit.

f. Bersihkan wajah dengan air hangat.

Nah, demikian berbagai manfaat masker timun bagi kulit wajah serta resep untuk membuatnya. Anda harus memastikan wajah telah dibersihkan terlebih dahulu sebelum penggunaan masker. Anda juga tidak disarankan menggunakan masker wajah ini lebih dari dua atau tiga kali dalam seminggu. Ini karena penggunaan berlebihan dapat mengiritasi kulit dan/ atau menganggu keseimbangan minyak alami kulit.

 

Reporter magang : Friska Nur Cahyani

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.