Sukses

Sejarah Hari Guru Nasional, Ungkapan Terima Kasih untuk Pahlawan Tanpa Tanda Jasa

Liputan6.com, Jakarta Sejarah Hari Guru Nasional tentunya perlu dipahami oleh setiap orang Indonesia. Hari Guru Nasional diperingati setiap tahunnya untuk mengapresiasi kerja keras para guru sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Perlu diketahui, Hari Guru Nasional ditetapkan berdasarkan keputusan presiden pada tahun 1994. Berdasarkan Keppres Nomor 78 Tahun 1994 dan juga UU Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen, 25 November dipilih sebagai Hari Guru Nasional dan diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Sejarah Hari Guru Nasional memang diawali oleh kelompok persatuan guru Indonesia. Sebagai pelajar, mahasiswa, dan semua orang yang sedang belajar, kamu tentunya ingin memperingati hari ini dengan berterima kasih kepada para guru yang telah membimbingmu selama ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/11/2022) tentang sejarah hari guru nasional.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Sejarah Hari Guru Nasional

Hari Guru Nasional diperingati bersamaan dengan berdirinya Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Sejarah Hari Guru Nasional awalnya dari persatuan guru Indonesia bernama Persatuan Guru Hindia Belanda (PGHB), yang didirikan pada tahun 1912. Kelompok persatuan guru ini beranggotakan guru bantu, guru desa, kepala sekolah, dan perangkat sekolah lainnya. Saat itu para guru ternyata telah terlebih dulu memproklamirkan kemerdekaan Indonesia secara tidak langsung saat mereka mengubah nama persatuan tersebut menjadi Persatuan Guru Indonesia (PGI) pada tahun 1932, jauh sebelum Indonesia merdeka.

Dua bulan setelah kemerdekaan Indonesia, yaitu pada 24-25 November 1945 Hari Guru mulai digaungkan. Saat itu, para guru membentuk kongres guru untuk mendukung kemerdekaan Indonesia di kota Surakarta. Kongres tersebut sebagai wadah berkumpulnya para guru yang berjuang mempertahankan pendidikan Indonesia di tengah penjajahan.

Persatuan guru tersebut akhirnya mengubah nama menjadi Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI), tepat pada tanggal 25 November 1945. Namun, saat itu belum ada keputusan resmi dari pemerintah untuk menjadikannya sebagai salah satu hari besar nasional.

Barulah sejak tahun 1994 Hari Guru Nasional resmi diperingati setiap 25 November. Ini kemudian tercantum di situs resmi PGRI. Tentu saja dicetuskannya Hari Guru untuk mengapresiasi jasa dan perjuangan para guru yang telah bekerja keras memperjuangkan pendidikan di Indonesia.

Itulah sejarah Hari Guru Nasional yang perlu dikenali oleh setiap masyarakat Indonesia. Selamat Hari Guru Nasional bagi para pahlawan tanpa tanda jasa di Negeri kita tercinta, Indonesia.

3 dari 3 halaman

Ucapan Hari Guru Nasional

Setelah mengenali sejarah Hari Guru Nasional, kamu bisa mengucapkan ucapan Hari Guru Nasional kepada para guru yang ada di seluruh Indonesia. Berikut beberapa ucapan Hari Guru Nasional:

1. Ilmu yang telah engkau ajarkan adalah hadiah paling indah yang pernah engkau berikan, Terima kasih guru.

2. Jika ditanya pekerjaan apa yang paling mulia, tentu jawabannya adalah guru. Mereka yang membantu mendidik dan mencerdaskan kehidupan manusia. Terima kasih guru.

3. Terima kasih wahai para guru kami, karena engkaulah kami dapat membuka jendela dunia.

4. Guru yang baik membangun pengetahuan, guru yang hebat membangun karakter. Guru terbaik di dunia tidak memberikan jawaban atas pertanyaan Anda. Sebaliknya, mereka memicu dalam diri Anda keinginan untuk menemukan jawabannya sendiri. Selamat Hari Guru Nasional!

5. Saya menemukan bimbingan, persahabatan, disiplin, dan cinta, semuanya dalam satu orang. Dan orang itu adalah engkau wahai guruku. Selamat Hari Guru!

6. Guru, anda telah membentuk saya menjadi orang seperti saya hari ini. Saya selamanya berterima kasih atas semua yang anda berikan untuk saya! Selamat Hari Guru!

7. Terima kasih telah membuat belajar menjadi menyenangkan. Selamat Hari Guru!

8. Selamat Hari Guru! Merupakan suatu kehormatan untuk belajar banyak hal dari anda; terima kasih telah menginspirasi saya! Kami membutuhkan lebih banyak instruktur seperti anda di sekolah dan universitas kami.

9. Orang tua kami memberi kami kehidupan dan andalah yang mengajari kami cara menjalaninya. Anda memperkenalkan kejujuran, integritas, dan semangat pada karakter kami. Selamat hari guru!

10. Guru terkasih, tanpa bimbingan dan kebijaksanaan anda, saya tidak akan berada di tempat saya sekarang! Terima kasih dan selamat hari guru!

11. Saya beruntung memiliki guru yang luar biasa seperti anda. Saya berharap anda mendapatkan Hari Guru yang dipenuhi dengan momen-momen sukacita!

12. Semua upaya dan kerja keras yang anda investasikan untuk mengeluarkan yang terbaik dari diri kami tidak akan pernah bisa dibayar dengan kata-kata belaka. Kami hanya bisa merasa bersyukur memiliki guru seperti anda! Selamat Hari Guru!

13. Tidak ada yang pernah percaya pada saya seperti anda. Anda menginspirasi saya untuk menjadi versi terbaik dari diri saya, dan saya menikmati setiap detik pertumbuhan emosional dan spiritual saya. Terima kasih banyak untuk semua yang anda lakukan. Selamat Hari Guru. 

14. Jika pengetahuan adalah cahaya, maka anda adalah bintang penuntun yang memberi kami cahaya ini. Terima kasih kepada anda, kami meninggalkan ketidaktahuan dan bersiap untuk menjelajahi dunia yang indah ini penuh dengan pengetahuan dan misteri yang menakjubkan!

15. Guru bukan hanya sebuah profesi atau pekerjaan – itu adalah panggilan. Guru sejati bukanlah orang yang pandai matematika atau sastra, tetapi orang yang mampu membangkitkan minat siswa terhadap mata pelajaran tersebut. Dengan kata lain, guru sejati adalah anda. Selamat Hari Guru!

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.