Sukses

9 Wisata Bali Selatan Paling Populer, dari Alam Hingga Bangunan Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata Bali Selatan banyak didatangi oleh wisatawan lokal hingga mancanegara. Sebab, lokasinya yang mudah dijangkau. Tak hanya itu, wisata Bali Selatan memiliki lokasi yang sangat strategis.

Tempat wisata Bali Selatan ada beragam, mulai wisata alam, bangunan bersejarah, hingga budaya yang memiliki tempat-tempat indah nan memesona. Untuk itu, para turis banyak yang berkunjung untuk menikmati panorama Pulau Dewata.

Bali Selatan merupakan wilayah yang paling strategis jika dibandingkan dengan sudut pulau Bali lain. Sebab, dekat dengan Bandara International Ngurah Rai dan Jalan Tol Bali Mandara. Tak heran, wisatawan mancanegara lebih memilih singgah dan mengunjungi objek wisata Bali Selatan ini.

Berikut ini Liputan6.com ulas mengenai wisata Bali Selatan paling populer yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Tempat Wisata Bali Selatan Paling Populer

1. Pura Uluwatu

Tempat wisata Bali Selatan yang utama adalah Pura Uluwatu. Pura Uluwatu adalah pura laut Hindu Bali (Pura Segara) yang terletak di Uluwatu (Kuta Selatan, Badung). Pura ini dibangun di tepi (ulu) tebing atau batu (watu) setinggi 70 meter (230 kaki) yang menjorok ke laut. Pada saat hari-hari tertentu, di Pura Uluwatu akan diadakan kesenian yang bisa disaksikan oleh pengunjung. Perlu diperhatikan, ketika berkunjung ke Pura Uluwatu untuk menjaga barang bawaan anda, karena di sini ada monyet liar yang sering mengambil barang-barang yang anda kenakan.

2. Sanur

Tempat wisata Bali Selatan yang lainnya adalah Sanur. Sanur adalah kota tepi pantai di sebelah tenggara pulau Bali. Hamparan pantainya yang panjang menawarkan perairan yang dangkal. Pesona pantai yang ditawarkan mampu membuat mata tak henti memandang keindahan alam tersebut.

3. Pantai Legian

Wisata Bali Selatan yang berikutnya adalah Pantai Legian. Pantai Legian adalah hamparan pasir yang berlanjut ke utara pantai Pantai Kuta dan berakhir di Pantai Seminyak. Pantai ini adalah tempat rekreasi yang bagus di mana Anda bisa berenang di perairan yang jernih dan berjalan-jalan santai di sepanjang jalan yang dipenuhi butik serta restoran.

3 dari 4 halaman

Tempat Wisata Bali Selatan Paling Populer

4. Pantai Blue Point

Tempat wisata Bali Selatan selanjutnya yakni pantai Blue Point. Pantai ini terletak di jalan Pantai Suluban, Kuta Selatan, Badung, Bali. Dikenal oleh penduduk lokal dengan nama pantai Suluban dengan karakteristik pantai bertebing yang terjal dan ombak yang cukup besar. Pantai Suluban ini hanya berjarak 3 km saja dari Pura Uluwatu. Bagi para pecinta surfing, wajib sekali mendatangi pantai ini.

5. Pantai Dreamland

Pantai Dreamland dikenal sebagai salah satu tempat wisata Bali Selatan yang memiliki pesona keindahan luar biasa. Pantai dengan hamparan pasir putih luas dengan ombak yang mengulung-gulung tinggi dan besar, menjadikannya sebagai daya tarik wisata Dreamland Pecatu. Pantai ini juga sangat cocok digunakan untuk berselancar. Tidak heran jika banyak wisatawan dari berbagai negara rela membayar mahal hanya untuk merasakan sensasi berselancar di pantai ini.

6. Pantai Padang

Pantai Padang ini dikenal sebagai salah satu tempat wisata Bali Selatan yang selalu dikunjungi para peselancar dunia. Lokasi pantai ini searah dengan Pura Uluwatu. Namun, trekkingnya cukup sulit untuk dilalui, yakni harus menuruni anak tangga yang berada pada celah tebing menuju pesisir. Di bibir pantai Padang ini tersedia tempat untuk bersantai menikmati hangatnya sinar matahari dan pemandangan pantai yang cukup spektakuler.

4 dari 4 halaman

Tempat Wisata Bali Selatan Paling Populer

7. Bali Shell Museum “Rumah Kerang”

Tempat wisata Bali Selatan yang berikutnya yakni Bali Shell Museum atau dikenal dengan sebutan Rumah Kerang. Museum ini merupakan satu-satunya museum yang ada di Indonesia dengan menyuguhkan berbagai jenis karang dengan usia ratusan tahun.

Museum ini memiliki luas lahan sekitar 1.500 meter persegi. Ada ribuan koleksi kerang di museum ini. Rumah kerang ini awalnya didirikan oleh seorang pecinta kerang yang sudah melakukan perjalanan ke berbagai negara, yakni Stephen.

8. Penangkaran Penyu Deluang Sari

Tempat wisata Bali Selatan yang selanjutnya yakni penangkaran penyu Deluang Sari yang terletak di Tanjung Benoa. Penangkaran ini memang sengaja dibuat untuk melindungi penyu dari kepunahan. Di tempat wisata ini pengunjung bisa langsung memegang penyu, memberi makan, berfoto, masuk ke area kolam penangkaran, dan bermain dengan penyu-penyu.

9. Water Sport di Tanjung Benoa

Tanjung Benoa merupakan salah satu tempat  wisata Bali Selatan yang menawarkan fasilitas water sport. Wisatawan bisa mencoba jetski, parasailing, banana boat, scuba diving, snorkeling , glassbottom, dan kunjungan ke Turtle Island (pulau penyu) serta Flying Fish.

Supaya bisa mencoba semua permainan ini, dibutuhkan waktu sekitar 8 sampai 12 jam untuk menyelesaikannya. Jadi, apabila anda ingin mencoba semua permainan air ini, sangat disarankan untuk datang lebih pagi. Hal ini untuk mengantisipasi air yang akan surut di siang hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.