Sukses

22 Tempat Wisata di Riau Paling Hits, Rekomendasi Untuk Para Wisatawan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Riau menjadi salah satu destinasi wisata yang tidak boleh untuk dilewatkan. Riau adalah salah satu provinsi di Indonesia yang terletak di bagian tengah pulau Sumatera. Provinsi ini terletak di bagian tengah pesisir timur Pulau Sumatera, yakni sepanjang pesisir Selat Malaka.

Lokasinya yang strategis membuat tempat wisata di Riau menyajikan banyak pilihan wisata yang indah dan menarik untuk dijelajahi. Tidak hanya wisata alamnya, tempat wisata di Riau juga terkenal dengan wisata religi dan budayanya yang kental, menjadikannya destinasi wisata yang sayang untuk dilewatkan.

Wisatawan juga bisa berkunjung ke berbagai tempat wisata di Riau yang memiliki nilai sejarah yang dalam, menjadi saksi bisu perkembangan agama dan kebudayaan di Indonesia, banyak tempat wisata Riau yang menjadi favorit para wisatawan.

Untuk referensi bagi anda yang akan berlibur ke Riau, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber rekomendasi tempat wisata di Riau paling hits yang wajib dikunjungi, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Riau Paling Hits

1. Istana Siak Sri Indrapura

Tempat wisata di Riau yang pertama adalah Istana Siak Sri Indrapura. Istana ini dibangun pada tahun 1889 oleh Sultan Syarif Hasyim Abdul Jalil Syaifuddin. Bangunan utama mengadopsi gaya arsitektur Eropa, Arab, dan Melayu. Anda juga bisa melihat koleksi kerajaan seperti patung perunggu Ratu Wilhelmina dari Belanda dan patung Sultan Syarif Hasyim I yang terbuat dari marmer berhias berlian.

2. Kebun Binatang Sang Kulim

Kebun binatang sang kulim yang memiliki luas sepuluh hektar ini merupakan tempat wisata di Pekanbaru, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan saat akhir pekan. Kebun Binatang Sang Kulim memiliki banyak hewan yang bisa dikenalkan kepada anak-anak mulai dari monyet, burung, ular, landak dan masih banyak lagi.

3. Taman Rekreasi Alam Mayang

Tempat wisata di Riau yang berikutnya adalah taman rekreasi alam Mayang. Tempat ini menawarkan rekreasi keluarga outdoor yang sangat menyenangkan. Udaranya segar karena dikelilingi perbukitan, membuat tempat ini cocok untuk bersantai bersama keluarga. Di sini, ada tiga kolam pemancingan yang bisa digunakan untuk memuaskan hobi memancing anda. 

4. Riau Fantasy

Riau Fantasi merupakan taman rekreasi terbesar dan terlengkap di Sumatera. Tempat wisata yang juga dikenal dengan nama Labersa Water and Theme Park ini memiliki luas sekitar 6,5 hektar. Sesuai namanya, tempat wisata di Pekanbaru ini terbagi menjadi wahana basah dan wahana kering, dengan berbagai wahana yang beragama.

3 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Riau Paling Hits

5. Masjid Senapelan

Masjid yang juga dikenal sebagai Masjid Raya Pekanbaru ini dibangun pada tahun 1762 dan merupakan salah satu masjid tertua di Riau. Pada awal bangunannya, masjid ini berukuran kecil dan terbuat dari kayu. Saat ini, anda bisa melihatnya sebagai masjid megah yang didominasi warna kuning melayu dan berkubah besar. Dahulu, di masjid ini juga dikenal karena terdapat sumur tua yang airnya dipercaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit.

6. Masjid Agung An Nur

Masjid yang terdiri dari 3 lantai dengan dominasi warna hijau ini mampu menampung jamaah sebanyak 4.500 orang. Masjid Agung An Nur memiliki 5 kubah dan empat menara. Pada malam hari, masjid ini terlihat sangat indah dengan lampu warna-warni yang memantul di kolam. Yang menarik adalah fasilitas WiFi gratis di sini.

7. Masjid Cheng Ho

Tidak hanya sebagai tempat ibadah umat Islam, Masjid Cheng Ho juga menjadi pusat kajian Al-Qur'an, pusat mualaf, dan juga tempat wisata religi. Tempat ini terbuka untuk umum, tetapi anda harus mengikuti peraturan seperti berpakaian sopan dan menjaga suara anda tetap rendah selama waktu ibadah. Masjid ini sebenarnya memiliki nilai sejarah yang tinggi. Sangat cocok bagi anda yang menyukai fotografi atau tertarik dengan sejarah dan budaya. 

8. Danau Raja 

Salah satu tempat wisata di Riau yang berikutnya adalah sebuah danau tempat pemandian keluarga Keraton Indragiri yang dikenal dengan nama Danau Raja. Dahulu tidak jauh dari danau pemandian keluarga kerajaan ini terdapat sebuah bangunan keraton kerajaan, yang saat ini berada di tengah sungai Indragiri dan pada saat musim kemarau pada saat air sungai mengalir kita dapat melihat bekas bangunan tersebut. 

4 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Riau Paling Hits

9. Candi Muara Takus 

Candi Muara Takus merupakan salah satu tempat wisata di Riau yang terletak di Kabupaten Kampar. Candi ini merupakan candi Budha yang merupakan satu-satunya candi bersejarah di Riau. Situs Candi Muara Takus dikelilingi oleh tembok berukuran 74 x 74 meter, terbuat dari batu putih dengan tinggi tembok 80 cm, di luar areal juga terdapat tembok tanah berukuran 1,5 x 1,5 kilometer, mengelilingi kompleks ini sampai ke tepi Kanan Sungai Kampar.

10. Air Terjun Lubuk Bigau

Air Terjun Lubuk Bigau atau biasa disebut Air Terjun Pangkalan Kapas, merupakan air terjun tertinggi di Riau karena tingginya mencapai 130 meter. Air terjun ini benar-benar masih alami dan jarang terjamah manusia. Tidak ada bangunan tunggal seperti Gazebo atau rumah. Anda bisa melihat sekeliling air terjun dipenuhi dengan hutan tropis yang lebat.

11. Air Terjun Tujuh Tingkat

Seperti namanya, air terjun ini memiliki tujuh tingkat atau tujuh air terjun yang bisa dicapai dengan mendaki lereng perbukitan. Air terjunnya sendiri cukup indah dan menawan. Air terjun pertama yang sudah terlihat dan bisa dikunjungi dengan mudah. Air terjun kedua, ketiga, dan keempat juga bisa dicapai dengan mudah dengan menaiki tangga beton yang dibangun di antara tebing terjal dan batang pohon yang masih asri.

12. Pulau Jemur 

Tempat wisata di Riau yang selanjutnya adalah Pulau Jemur. Pulau Jemur tidak berpenghuni dan hanya menjadi tempat persinggahan para nelayan yang akan melaut. Pos TNI-AL (Laut) didirikan di pulau itu untuk kepentingan observasi dan navigasi. Pulau Jemur merupakan salah satu potensi wisata dengan pesona pantai dan penangkaran penyu. 

5 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Riau Paling Hits

13. Air Terjun Aek Martua

Air Terjun Aek Martua atau biasa disingkat AM berada di lokasi pegunungan yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah. Air terjun ini memiliki beberapa tingkatan dengan ketinggian yang bervariasi mulai dari 5 meter hingga 30 meter, oleh karena itu air terjun ini juga memiliki julukan air terjun dengan seribu tangga. 

14. Gugusan Air Terjun Gemurai

Ketinggian air terjun ini mencapai 20 m. Anda akan mendengarkan irama gemercik air yang menakjubkan dari objek wisata air terjun di Riau ini. Anda juga akan dimanjakan dengan suasana asri yang sulit ditemukan di pemukiman perkotaan modern di Sumatera. Kawasannya yang masih sangat alami dan jernih membuat Guruh Gemurai semakin istimewa dan diminati pengunjung, terutama pada hari libur atau juga akhir pekan.

15. Taman Pagoda Singkep 

Tempat wisata di Riau yang selanjutnya adalah Taman Pagoda Singkep. Di area taman hijau ini, anda bisa bersantai sambil menikmati pemandangan, berfoto, atau menjajal berbagai fasilitas yang tersedia di area ini. Pagoda segi delapan dengan atap berbentuk kerucut ini adalah puncak dari Taman Pagoda Singkep. Anda akan melihat bangunan ini di tengah kolam dan dikelilingi taman kecil. Ada jembatan penghubung untuk menuju pagoda ini.

16. Museum Sang Nila Utama

Tempat wisata di Riau lainnya yang bisa dikunjungi adalah Museum Sang Nila Utama. Terletak di jalan Jendral Sudirman Pekanbaru, museum ini menyimpan berbagai peninggalan sejarah dan budaya Riau. Mulai dari baju adat Riau, alat musik dan masih banyak lagi. Anda bisa mengunjungi Museum Sang Nila Utama untuk lebih mengenal budaya Riau.

17.Ulu Kasok

Ulu Kasok menjadi tempat wisata favorit bagi wisatawan yang ingin melihat keindahan danau yang memiliki bentuk seperti Raja Ampat ini. Di Bukit Ulu Kasok, anda bisa melihat pemandangan indah sambil berfoto di beberapa spot Instagramable yang disediakan.Anda wajib mencoba gardu pandang yang ada di tempat wisata ini untuk melihat keindahan alam dari atas.

6 dari 6 halaman

Tempat Wisata Di Riau Paling Hits

18. Taman Poyotomo

Taman Poyotomo adalah tujuan yang sempurna dengan berbagai atraksi menarik yang bisa anda coba. Poyotomo Park menyediakan area camping dengan fasilitas lengkap dan pemandangan yang indah. Tempat camping juga dilengkapi dengan sleeping bag, lampu LED, dan dapur yang bisa digunakan untuk umum.

19. Perpustakaan Provinsi Soeman HS

Tempat wisata di Riau yang selanjutnya adalah perpustakaan terbesar di pulau ini dan juga salah satu landmark terbaik di Pekanbaru. Perpustakaan Soeman HS semoga memanjakan para pecinta buku, juga para pemerhati arsitektur. Perpustakaan ini menyimpan banyak koleksi buku, dengan literatur-literatur yang menonjolkan budaya melayu dan pojok energi.

20. Sungai Kampar

Sungai Kampar merupakan ikon pariwisata di Riau. Sungai ini sangat populer di kalangan peselancar dunia.  Hal ini karena sungai ini memiliki pasang surut. Tidal bore adalah fenomena gerakan hidrodinamika yang muncul sebagai gelombang pasang di permukaan air dengan kekuatan yang merusak. Di dunia hanya ada 80 pasang surut dan Indonesia hanya memiliki satu di Kampar. 

21. Danau Bandar Khayangan Lembah Sari

Danau Bandar Khayangan Lembah Sari adalah danau buatan yang terletak sekitar 10 km dari pusat kota. Terbentang luas sekitar 16 hektar, danau ini dikelilingi tanaman hijau. Kita bisa menikmati pemandangan dari pondok kecil di tepi danau. Anda juga dapat melihat-lihat dan berjalan-jalan di jalur kecil yang berjejer di sekitar danau. Danau Bandar Khayangan Lembah Sari juga bagus untuk piknik. 

22. Idrus Tintin Arts Hall 

Tempat wisata di Riau yang terakhir adalah Idrus Tintin Arts Hall. Ini merupakan bangunan landmark dan ikonik yang akan memanjakan anda dengan beberapa event besar di Pekanbaru. Pameran dan festival seni, konser, pertunjukan teater dan gladi bersih pertunjukan budaya sering diadakan di tempat ini. Sebagai balai seni, Idrus Tintin dibangun secara artistik terinspirasi oleh kearifan budaya Melayu - Riau. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.