Sukses

7 Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Benar, Lengkap Contohnya

Surat lamaran pekerjaan merupakan tanda pengenal dari pelamar kerja.

Liputan6.com, Jakarta Cara membuat lamaran pekerjaan penting diketahui oleh calon pelamar. Surat lamaran pekerjaan  merupakan tanda pengenal dari pelamar kerja. Dokumen ini juga menjelaskan ketertarikan seorang kandidat terhadap posisi yang dilamarnya.

Cara membuat lamaran pekerjaan yang benar perlu untuk dipahami, supaya surat lamaran pekerjaan yang dibuat cepat dilirik oleh HRD. Tujuan utama dibuatnya surat lamaran pekerjaan untuk menjelaskan ketertarikanmu dan juga meyakinkan HRD bahwa kamu cocok mengisi posisi di perusahaan.

Cara membuat lamaran pekerjaan sebenarnya cukup mudah, terutama bagi yang sudah memiliki pengalaman kerja. Namun bagi lulusan baru, cara membuat lamaran pekerjaan menjadi tantangan tersendiri. Cara membuat lamaran pekerjaan ada beragam, mulai dari menulis biodata, pengalaman, hingga kemampuan kamu.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai cara membuat lamaran pekerjaan dengan benar dan contohnya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Benar

1. Menulis nama dan alamat surat

Cara membuat lamaran pekerjaan yang pertama adalah menulis nama dan alamat surat. Kamu harus menuliskan nama penerima surat dan alamat lengkap perusahaan yang ingin dituju. Selain itu, kamu juga perlu menuliskan tanggal membuat surat lamaran kerja di pojok kanan atas lembar surat. Penting untuk dicatat, apabila tidak mengetahui nama HRD perusahaan yang dilamar, kamu cukup mengosongkannya saja, dan kamu bisa menuliskan dengan Yth. Bapak/Ibu.

2. Salam hormat dan pembukaan

Cara membuat lamaran pekerjaan yang lainnya adalah menuliskan salam hormat dan pembukaan. Dalam kata pengantar atau pembuka dalam surat lamaran kerja, kamu wajib mencantumkan dari mana kamu mendapatkan informasi mengenai lowongan kerja perusahaan yang kamu tuju. Baik dari surat kabar maupun internet, atau teman kamu. Kemudian, sebutkan posisi jabatan pekerjaan yang kamu pilih dalam perusahaan.

3. Biodata pribadi

Selanjutnya, cara membuat lamaran pekerjaan adalah dengan menuliskan nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, alamat lengkap, nomor telepon atau nomor handphone, dan e-mail. Jika kamu ingin menulis latar belakang pendidikan, tulis saja latar belakang pendidikan tertinggi kamu.

4.  Pengalaman kerja dan kemampuan

Berikutnya, cara membuat lamaran pekerjaan adalah pengalaman kerja dan kemampuan. Sebagai freshgraduate yang belum memiliki pengalaman kerja, kamu bisa menuliskan pengalaman magang jika kamu pernah magang di sebuah perusahaan. Bahkan bisa juga menuliskan organisasi yang pernah kamu ikuti yang kira-kira menunjang dengan posisi yang dilamar.

Tulis pula kemampuan yang sekiranya dibutuhkan dalam perusahaan tersebut. Tulislah dalam bentuk kalimat yang singkat dan padat namun menjelaskan. Ingat, kamu membuat surat bukan sebuah artikel, untuk gunakan kalimat yang padat dan jelas. Dalam akhir kalimat tulislah untuk pembaca bahwa kamu mempunyai keinginan kuat agar diterima di perusahaan tersebut.

3 dari 4 halaman

Cara Membuat Lamaran Pekerjaan yang Benar

5. Penutup

Cara membuat lamaran pekerjaan yang selanjutnya yaitu membuat penutup. Buatlah sebuah penutup yang manis untuk surat lamaran kerjamu. Selain itu, pilihlah kata-kata baku yang sopan, dan jangan lupa untuk mengucapkan terimakasih.

6. Tanda tangan dan nama lengkap

Berikutnya, cara membuat lamaran pekerjaan adalah mencantumkan tanda tangan dan nama lengkap. Tanda tangan dan nama lengkap ditulis pojok kanan bawah surat.

7. Lampiran

Setelah semua unsur dalam surat lamaran pekerjaan sudah kamu tulis, maka jangan lupa memberikan lampiran. Supaya perusahaan yang kamu tuju semakin tertarik untuk menerimamu, lampirkan merupakan hal-hal yang dapat menambah nilai dan kualifikasi kamu. Tetapi, ada beberapa perusahaan yang juga meminta kamu melampirkan hal lain seperti surat kesehatan, transkrip nilai, dan lain-lain.

Kamu perlu mencermati syarat apa saja yang harus dipenuhi saat kamu akan melamar pekerjaan. Beberapa hal yang sebaiknya ada sebagai lampiran adalah:

a. Pas foto (foto terbaru).

b. Daftar riwayat hidup atau CV.

c. Fotokopi sertifikat kompetensi (kursus atau pelatihan yang pernah kamu ikuti).

d. Portofolio.

Setelah surat lamaran pekerjaan sudah jadi, jangan lupa untuk membuatnya menjadi bentuk atau format PDF agar lebih mudah untuk diperiksa HRD.

4 dari 4 halaman

Contoh Surat Lamaran Pekerjaan yang Benar

Berikut contoh surat lamaran pekerjaan yang bisa jadi pedoman kamu untuk membuat surat lamaran pekerjaan yang benar:

 

Yogyakarta, 15 Maret 2019

Kepada                       

Yth. Bapak/ Ibu

HRD  PT. Suka-Suka

Jl. Mangkubumi No. 12, Yogyakarta

 

Dengan hormat,

Berdasarkan info lowongan pekerjaan yang disebarkan melalui situs Jobstreet, saya bermaksud mengajukan lamaran pekerjaan pada Bapak/Ibu pimpin untuk menempati bagian Account Executive di PT. Suka-Suka

Nama: Kinapti Aska Yunanda

Tempat, tanggal lahir: Bantul, 15 November 1996

Email: Kinaptiyunanda@gmail.com

Telepon: 081326754321

Saya mampu bekerja dalam tim, rasa ingin tahu yang tinggi, serta memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Semasa kuliah, saya aktif berorganisasi Himpunan Mahasiswa Komunikasi yang menjabat sebagai di Hubungan Masyarakat. Posisi yang saya ajukan sesuai dengan minat dan pengalaman saya. Saya percaya bahwa saya akan menjadi anggota yang baik untuk perusahaan.

Demikian surat permohonan pekerjaan ini saya buat, besar harapan saya untuk diberi kesempatan mengikuti seleksi wawancara agar saya dapat menjelaskan potensi saya lebih rinci.

Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

 

Hormat saya,

(Tanda tangan)

Kinapti Aska Yunanda

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.