Sukses

Pengertian dari Serat Alam adalah Benang dari Bahan Alami, Simak Jenis-Jenisnya

Liputan6.com, Jakarta - Apa itu serat alam? Pengertian dari serat alam adalah serat yang berwujud benang dan bahan baku utamanya dari bahan-bahan alami. Serat alam dikenal sebagai bahan baku tekstil yang ramah lingkungan.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan pengertian dari serat alam adalah berupa serat yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan bahan tambang. Keberadaan dari serat alam sudah digunakan manusia sejak tahun Sebelum Masehi.

Dibanding dengan serat buatan, pengertian dari serat alam adalah jenis serat yang jumlahnya berlimpah, murah, mudah terurai (biodegradable), dapat diperbaharui, tidak beracun, dan tidak berisiko mencemari lingkungan.

Berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian dari serat alam dan jenis-jenisnya, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Pengertian dari Serat Alam adalah Benang dari Bahan Alami

Pengertian dari serat alam adalah segala bahan yang sumber aslinya dari alam atau bukan serat hasil buatan dan rekayasa. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) menjelaskan pengertian dari serat alam adalah berupa serat yang berasal dari tumbuhan, hewan, dan bahan tambang.

Universitas Diponegoro (UNDIP) menegaskan penjelasan yang sama. Pengertian dari serat alam adalah biasanya didapat dari serat tumbuhan (pepohonan) seperti pohon bambu, pohon kelapa, pohon pisang serta tumbuhan lain yang terdapat serat pada batang maupun daunnya.

Wujud dari serat alam adalah berbentuk seperti benang. Dalam jurnal berjudul FEMA berjudul Studi Sifat Mekanik Komposit Serat Sansevieria Cylindrica dengan Variasi Fraksi Volume Bermatrik Polyester (2013) oleh Rahmat Iskandar Fajri, pengertian dari serat alam adalah berasal dari tumbuhan dan hewan yang berbentuk seperti benang.

Sejarah mencatat, serat alam sudah ada dan digunakan sejak ribuan tahun yang lalu. Dalam buku berjudul Modul Prakarya oleh Kemdikbud, keberadaan serat alam yang dimanfaatkan untuk berbagai kehidupan manusia, tercatat pada 2.640 SM serat sutra diolah oleh China sebagai bahan baku produk tekstil.

Kemudian, pada 1.540 SM industri kapas sudah berdiri di India dari serat kapas. Pada 10.000 SM, serat flaz diolah oleh Swiss. Lalu, pada 1.000 SM serat wol diolah oleh Mesopotamia.

Serat alam banyak digunakan sebagai alat pemenuh kebutuhan manusia karena memiliki sejumlah keuntungan. Dalam jurnal penelitian berjudul Pertumbuhan dan Kualitas Kayu (2007) oleh Prayitno, keuntungan menggunakan serat alam adalah jumlahnya berlimpah, murah, mudah terurai (biodegradable), dapat diperbaharui, tidak beracun, dan tidak berisiko mencemari lingkungan.

3 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Serat dari Alam dan Pengertiannya

Ada banyak sekali jenis-jenis serat dari alam yang perlu diketahui. Ini pengertian dari serat alam sesuai jenisnya yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Jenis Serat Rambut Kuda

Pengertian dari serat alam rambut kuda adalah jenis serat yang biasa digunakan untuk bahan senar pada beberapa jenis alat musik tradisional.

2. Jenis Serat Kulit Sapi

Pengertian dari serat alam kulit sapi adalah biasa dimanfaatkan untuk membuat kerajinan, seperti kerajinan tas dan kerajinan alat musik dengan kualitas yang sangat baik. Sifat jenis bahan serat kulit sapi adalah awet dan lentur.

3. Jenis Serat Kulit Buaya

Pengertian dari serat alam kuit buaya adalah biasa digunakan untuk bahan baku pembuatan sepatu, dompet, tas, bahkan bahan pembuat pakaian, seperti jaket, jas, dan fashion lainnya.

4. Jenis Serat Kulit Jagung

Pengertian dari serat alam kulit jagung adalah berbentuk oval, warna hijau muda dan warna kuning saat sudah kering. Ini tidak cukup kuat dan mudah robek.

5. Jenis Serat Kapas

Pengertian dari serat alam kapas adalah biasa dikumpulkan dengan dipintal menjadi benang dan selanjutnya ditenun untuk menjadi kain. Kain katun biasanya berasal dari dari serat kapas yang berkualitas dan bersifat menyejukkan. 

6. Jenis Serat Kepompong Ulat Sutera

Pengertian dari serat alam sutera adalah dihasilkan dari serat kepompong ulat sutra saat bermetamorfosis menjadi kupu-kupu dewasa. Jenis bahan serat ini banyak digunakan sebagai pembuatan kain sutra yang memiliki harga jual tinggi.

7. Jenis Serat Bulu Domba

Pengertian dari serat alam bulu domba adalah biasa digunakan untuk membuat kain wol dan beberapa bahan lainnya.

8. Jenis Serat Bulu Alpaca

Pengertian dari serat alam bulu alpaca adalah biasa digunakan untuk bahan pembuatan kain seperti baju hangat dan selimut karena sifatnya yang bisa menahan udara.

9. Jenis Serat Tumbuhan Bambu

Pengertian dari serat alam bambu adalah biasa digunakan untuk membuat dinding rumah, keranjang buah, alat-alat musik dan kerajinan lainnya.

10. Jenis Serat Getah Karet

Pengertian dari serat alam getah karet adalah biasa digunakan untuk pembuatan sepatu kulit boot dan pembuatan benda-benda lainnya yang berbahan karet.

11. Jenis Serat Abaka

Pengertian dari serat alam abaka adalah memiliki sifat tahan tekukan dan mempunyai kekuatan yang tinggi serta tahan terhadap air. Serat abaka berasal dari negara Filipina yang untuk bahan pakaian ningrat wanita.

12. Jenis Serat Sisal

Pengertian dari serat alam sisal adalah menghasilkan serat sisal dengan kualitas yang bagus. Seratnya kuat dan kasar, sehingga banyak digunakan sebagai bahan material komposit untuk mobil agar lebih kokoh.

4 dari 4 halaman

Jenis-Jenis Serat dari Alam dan Pengertiannya

13. Jenis Serat Henequen

Pengertian dari serat alam henequen adalah kuat, keras, dan berwarna kemerahan. Serat ini biasa digunakan sebagai bahan material pembuatan benang dan tali yang kuat. Bisa ditemukan pada mobil, truk, atau kendaraan berat lainnya.

14. Jenis Serat Rosella (Java Jute)

Pengertian dari serat alam rosella adalah berwarna krem sampai putih perak dengan kekuatan yang lumayan baik sebagai tali, bahkan dalam keadaan basah sekalipun.

15. Jenis Serat Flax/linen

Pengertian dari serat alam flax/linen adalah serat paling mahal karena bahannya terasa sejuk saat dikenakan di tempat panas. Teknik pengolahannya sangat lama. Teksturnya relatif halus dan lebih lembut saat dicuci. Biasa digunakan untuk bahan pembuatan gaun, kemeja, rok dan sebagainya.

16. Jenis Serat Pelepah Pisang

Pengertian dari serat alam pelepah pisang adalah bisa menghasilkan bahan baku produk, seperti baha tali kapal, pembungkus teh celup, jok kursi, pembungkus tembakau, tekstil dan kerajinan tangan lainnya.

17. Jenis Serat Sabut Kelapa

Pengertian dari serat alam serabut kelapa adalah biasa digunakan untuk membuat banyak macam kerajinan, seperti keset, sapu, dompet dan kerajinan lainnya.

18. Jenis Serat Tanaman Rami

Pengertian dari serat alam rami adalah biasa dimanfaatkan untuk fashion dan bahan pembuatan selulosa yang memiliki kualitas tinggi.

19. Jenis Serat Eceng Gondok

Pengertian dari serat alam enceng gondok adalah memiliki sifat yang cukup kuat dan mudah dibentuk untuk berbagai keperluan. Teksturnya lumayan kuat dibandingkan serat tanaman lainnya untuk anyaman.

20. Jenis Serat Goni

Pengertian dari serat alam goni adalah memiliki tekstur seratnya yang kasar dan tidak nyaman untuk dipakai. Cocok dibuat sebagai pengikat kain kasur, karpet, tirai dan kain kursi.

21. Jenis Serat Indigo

Pengertian dari serat alam indigo adalah biasa dimanfaatkan sebagai pewarna alami berwarna ungu. Ini jenis serat yang lebih banyak digunakan sebagai bahan pendukung, bukan bahan baku untuk membuat sesuatu.

22. Jenis Serat Daun Pandan

Pengertian dari serat alam daun pandan adalah biasa dijadikan barang kerajinan dengan pengolahan teknik anyaman. Serat daun pandan tetap perlu pelapis lainnya agar lebih kokoh.

23. Jenis Serat Henep

Pengertian dari serat alam henep adalah memiliki sifat yang hampir sama dengan serat flax. Warnanya abu-abu pucat kekuningan atau coklat gelap, bisa digunakan untuk bahan tali, kanvas, dan karung yang lebih alami.

24. Jenis Serat Bulu Beruang

Pengertian dari serat alam bulu beruang adalah rata-rata penduduk yang tinggal di negara bercuaca iklim dingin, membuat baju dan jaket dengan bahan baku bulu beruang.

25. Jenis Bulu Kambing Kashmir

Pengertian dari serat alam kambing kashmir adalah memiliki kualitas yang sangat halus dari pada bulu kambing lainnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.