Sukses

10 Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur, Tidak Hanya Buat Tidur Lebih Nyenyak

Liputan6.com, Jakarta Manfaat minum susu sebelum tidur telah sering kita dengar dari kecil hingga dewasa ini. Susu adalah minuman yang telah dikonsumsi oleh banyak orang sejak zaman dulu. Susu menawarkan sejumlah manfaat kesehatan karena memiliki beberapa vitamin dan mineral penting untuk kesehatan yang baik. 

Dikenal sebagai salah satu minuman sehat, susu memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Namun, sebagian besar ahli juga menyarankan minum susu hangat sebelum tidur malam. Hal ini karena manfaat minum susu sebelum tidur dapat membantu anda rileks dan tidur lebih nyenyak setelah seharian bekerja keras.

Lalu apakah manfaat minum susu sebelum tidur hanya untuk membuat tidur nyenyak? Dengan banyaknya kandungan nutrisi yang ada dalam segelas susu, manfaat minum susu tentu tidak hanya sekedar membuat tidur menjadi lebih nyenyak, terdapat banyak manfaat minum susu sebelum tidur lainnya yang bisa didapat.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber manfaat minum susu sebelum tidur bagi tubuh, mulai dari membantu tidur yang bekualitas hingga memerangi gangguan usus, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

1. Membantu Tidur Nyenyak

Manfaat minum susu sebelum tidur yang pertama adalah membantu anda tidur nyenyak. Minum susu sebelum tidur dapat sangat meningkatkan kualitas tidur. Susu memiliki triptofan dan peptida bioaktif yang secara positif dapat mempengaruhi pola tidur. Dalam banyak kasus, orang yang sulit tidur karena stres, segelas susu sebelum tidur biasanya membantu mendapatkan relaksasi yang sangat dibutuhkan dan tidur 8 jam.

2. Membantu Menurunkan Berat Badan

Dengan minum susu di malam hari penurunan berat badan bisa tercapai. Minum susu di malam hari dapat membuat anda merasa kenyang yang dapat mencegah anda bangun karena rasa lapar. Selain itu, susu merupakan sumber protein penting yang dapat membantu menjaga kadar gula darah dan memastikan tingkat energi yang cukup. Pastikan untuk menggunakan susu versi susu rendah lemak.

3. Membangun Tulang Sehat

Susu memiliki kadar vitamin D yang tinggi yang dibutuhkan tubuh untuk penyerapan kalsium yang diperlukan untuk pembentukan tulang yang sehat. Dengan demikian, susu dapat mendukung tubuh dalam menyembuhkan dirinya sendiri dan memperbarui kandungan vitamin D yang terkuras. Selain itu, vitamin D dapat mengimbangi terjadinya dan bahaya yang disebabkan oleh banyak penyakit seperti osteoporosis.

3 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

4. Menjaga Kulit

Ada banyak manfaat minum susu di malam hari untuk kulit. Asupan susu secara teratur dapat memperbaiki kondisi kulit dengan membuatnya tampak awet muda. Susu mengandung vitamin B12 yang dapat membantu mencegah hilangnya elastisitas kulit dan kolagen yang membuatnya tampak bercahaya dan indah. Vitamin A yang ada dalam susu dapat mendukung pembentukan sel baru dan membantu melawan berbagai penyakit kulit sehingga membuatnya bercahaya.

5. Memberikan Energi

Minum susu hangat sebelum tidur di malam hari dapat berdampak signifikan pada hari berikutnya. Anda mungkin bangun penuh energi dan direvitalisasi. Ini dapat membantu anda memulai hari anda dengan nada tinggi dan memungkinkan anda untuk tetap aktif dan bersemangat sepanjang hari.

6. Mengurangi Tingkat Stres

Menuangkan secangkir susu sebelum tidur bisa menjadi teknik yang bagus untuk mengurangi stres. Protein, Lactium yang ditemukan dalam susu dapat menghasilkan pengaruh yang menenangkan pada tubuh dengan mengurangi tekanan darah, mengendurkan otot dan menurunkan kadar kortisol, hormon yang dikeluarkan tubuh saat sedang stres. Lactium dapat mempengaruhi reseptor otak untuk membantu mengendalikan stres dan kecemasan.

4 dari 4 halaman

Manfaat Minum Susu Sebelum Tidur

7. Mengontrol Tingkat Kolesterol

Minum susu rendah lemak atau tanpa lemak dapat melakukan keajaiban untuk menurunkan kadar kolesterol. Protein yang termasuk dalam susu dapat menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL). Susu sapi kaya akan vitamin A, D, dan kalsium yang dapat memberikan kontribusi positif bagi kesehatan jantung anda.

8. Meningkatkan Pencernaan

Perpaduan madu dan susu memiliki berbagai manfaat kesehatan. Salah satu manfaat minum susu dengan madu sebelum tidur dapat mencakup kemajuan pencernaan yang sehat. Susu, bila dikombinasikan dengan madu, berfungsi sebagai prebiotik yang dapat memelihara pertumbuhan bakteri baik dan menghilangkan bakteri jahat penyebab penyakit di usus.

9. Perlindungan Terhadap Pilek dan Batuk

Menyeruput susu hangat yang diolah dengan menambahkan sedikit kunyit pada malam hari bisa menjadi obat alami yang ampuh meredakan gejala pilek dan batuk. Sifat antioksidan dan antibakteri susu kunyit dapat mempercepat proses pemulihan bahkan mencegah manifestasinya sejak awal.

10. Memerangi Gangguan Usus

Minum susu dingin di malam hari dapat segera menghilangkan keasaman dan dapat membantu mencegah masalah perut umum lainnya seperti sembelit, perut kembung. Asam laktat yang ada dalam susu dapat membantu menetralkan penumpukan keasaman di usus. Selain itu, kandungan kalsium susu yang tinggi dapat menyerap kelebihan asam yang diproduksi di perut sehingga berhasil mengurangi gejalanya.

Demikian manfaat minum susu sebelum tidur yang bisa anda dapatkan dengan menerapkan kebiasaan ini secara rutin. Namun perlu diingat bahwa hanya mengonsumsi susu di malam hari saja tidak cukup. Anda juga perlu menerapkan kebiasaan sehat dalam kehidupan sehari-hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.