Sukses

9 Cara Menyikapi Perbedaan Sebagai Bekal Hidup dalam Masyarakat Heterogen

Liputan6.com, Jakarta Perbedaan menjadi sebuah hal yang lumrah ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Perbedaan merupakan hal yang menjadikan dunia menjadi penuh warna. Namun tidak bisa dipungkiri, perbedaan kerap kali mendatangkan perselisihan yang berakhir pada konflik.

Bagi masyarakat heterogen seperti masyarakat Indonesia, cara menyikapi perbedaan menjadi hal yang penting untuk dimengerti. Masyarakat heterogen merupakan masyarakat yang berasal dari beragam suku, bangsa, budaya, dan agama. Perbedaan ini menjadikan masyarakat memiliki keberagaman yang memperkaya kebudayaannya. Namun, seperti sudah dikatakan perbedaan dapat menimbulkan konflik bila tidak memahami cara menyikapi perbedaan dengan baik.

Cara menyikapi perbedaan menjadi bekal penting yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menjalani kehidupan sebagai anggota masyarakat. Sebab, individu dalam masyarakat yang relatif homogen sekalipun akan memiliki perbedaan. Berikut ulasan cara menyikapi perbedaan yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jum’at (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Menyikapi Perbedaan

1. Coba Pahami Perbedaan yang Terjadi

Seseorang cenderung menentang sesuatu yang belum mereka pahami. Berusaha memahami sudut pandang orang lain yang memiliki perbedaan adalah salah satu cara menyikapi perbedaan agar tidak menimbulkan konflik. Memahami sudut pandang orang lain akan mempermudah munculnya sikap toleransi antar individu.

Bahkan cara ini juga efektif mengatasi perselisihan yang terjadi di lingkup keluarga. Memahami sudut pandang orang lain akan memberi pemahaman kenapa seseorang memiliki perbedaan dengan orang lain.

2. Menerima Perbedaan

Setelah memahami kenapa perbedaan bisa terjadi, cara menyikapi perbedaan selanjutnya adalah menerima adanya perbedaan tersebut. Menerima perbedaan bukan berarti sepakan dengan pemahaman orang lain. Seseorang bisa saja memahami dan menerima bahwa ia berbeda dengan orang lain tati tetap berpegang teguh pada apa yang ia percaya dari awal.

Seorang yang sudah menerima perbedaan tidak akan terganggu dengan kehadiran orang lain yang berbeda dengannya. Ketika ada seseorang yang memiliki opini yang berbeda orang lain, orang tersebut tidak akan marah atau memulai konflik.

3. Bersikap Tenang

Perbedaan terkadang mengakibatkan sesuatu yang mengagetkan sampai menyulut emosi. Berusaha bersikap tenang saat menghadapi hal demikian dapat membantu mengendalikan diri untuk tidak melakukan hal yang dapat menimbulkan konflik. Menahan diri juga dapat memberikan diri sendiri waktu untuk menganalisa tentang apa yang sedang terjadi dan mengurai permasalahan dengan kepala dingin.

4. Memiliki Argumen yang Kuat dan Dapat Dipertanggungjawabkan

Ada kalanya orang menyerang orang lain yang menurutnya berbeda dengannya. Untuk menghadapi orang seperti ini, memiliki argumen yang kuat dan dapat dipertanggungjawabkan menjadi cara yang ampuh untuk menghindari perselisihan yang berlarut-larut.

Memahami betul landasan dari pendapat yang Anda pagang menjadi balasan yang manjur untuk orang-orang yang suka menyerang perbedaan. Sampaikan argumen dengan tenaga agar orang yang menyerang tahu bahwa Anda tidak tertarik dengan perdebatan yang ingin diciptakan.

3 dari 3 halaman

Cara Menyikapi Perbedaan

5. Pahami Bahwa Tidak ada Kalah dan Menang

Memiliki pemahaman bahwa tidak akan ada yang kalah dan menang dalam perselisihan karena perbedaan dapat menjadi cara menyikapi perbedaan yang bijak. Tidak ada pendapat yang benar ataupun salah tentang bagaimana seseorang menjalani kehidupan. 

Sikap merasa paling benar akan menutup pandangan pada pendapat yang lain, menutup kemungkinan untuk menerima keputusan yang lain. Pendapat Anda tentu baik, begitupun dengan orang lain. Oleh sebab itu bersikap terbuka perlu untuk mencari pendapat yang terbaik .Dari pada hanya membahas perbedaan, cobalah berkompromi terhadap perbedaan dan fokus pada penyelesaian masalah. 

6. Cari Jalan Tengah

Pada sua pihak yang memiliki perbedaan pasti dapat ditemukan persamaan. Ini dapat menjadi jalan tengah yang mengurangi potensi terjadinya konflik. Alih-alih hanya melihat perbedaan yang ada, cobalah fokus pada tujuan bersama. 

7. Cari Penengah

Apabila jalan tengah sulit diputuskan oleh kedua belah pihak yang sedang berkonflik, menunjuk pihak ketiga untuk menjadi penengah dapat menjadi solusi. Dalam lingkup masyarakat, melakukan musyawarah dengan tokoh masyarakat yang bersifat netral bisa dilakukan untuk mencari jalan tengah dari perbedaan pendapat yang terjadi.

8. Berlapang Dada dengan Keputusan yang Dibuat

Berlapang dada dan menghargai keputusan yang telah disepakati oleh semua pihak dalam sebuah musyawarah atau situasi perbedaan pendapat merupakan sikap yang bijak. Ini dapat menghindari Anda dari berbagai konflik sosial yang mungkin terjadi. 

9. Mencari Tempat yang Tenang

Dalam proses menerima keputusan sebuah forum diskusi yang hasilnya tidak sesuai dengan apa yang di percaya, biasanya seseorang memerlukan waktu. Selama rentang waktu tersebut mencari tempat yang tenang untuk memisahkan atau menghadapi perbedaan pendapat bisa menjadi cara menyikapi perbedaan yang bijak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.