Sukses

10 Cara Pasang Wallpaper Dinding dengan Cepat, Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara pasang wallpaper dinding bisa dilakukan sendiri dengan mudah.  Siapapun dapat memasang wallpaper dinding, namun dibutuhkan sedikit pengetahuan dan keterampilan untuk memasang wallpaper dinding yang rapi dengan cepat dan efektif, agar wallpaper dinding tetap lurus serta jahitan yang rapat dan tidak terlihat.

Memasang wallpaper dinding menjadi salah satu alternatif memperindah dekorasi rumah dengan corak atau warna yang menarik. Memasang wallpaper dinding juga lebih disukai karena biayanya yang lebih murah dan kemudahan dalam memasangnya.

Cara pasang wallpaper dinding yang rapi dimulai dengan persiapan yang matang, untuk menghindari wallpaper dinding terlipat atau bergelembung. Cara pasang wallpaper dinding yang baik juga memerlukan trik untuk memudahkan para pemula, dalam memasang wallpaper dinding dengan efektif.

Lantas bagaimana cara pasang wallpaper dinding yang benar dan mudah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022). Peralatan dan cara pasang wallpaper dinding dengan cepat, mudah dan efektif.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Alat Untuk Memasang Wallpaper Dinding

Alat Untuk Memasang Wallpaper Dinding

Siapkan alat yang diperlukan untuk memudahkan pemasangan wallpaper dinding, diantaranya adalah:

- Wallpaper 

- Lem pasta walpaper

- Kuas aplikasi wallpaper . 

- Alat ukur garis tegak lurus .

- Pisau pemangkas kertas dinding yang tajam 

- Pisau jepret 

- Gunting.

- Pita pengukur dan pensil.

- Sepasang kain bersih untuk menghaluskan wallpaper ke dinding.

- Meja wallpapering 

- Garis kapur

- Rol cat

3 dari 4 halaman

Cara Pasang Wallpaper Dinding

Cara Pasang Wallpaper Dinding 

1. Siapkan dinding

Mulailah dengan melepas semua barang yang tertempel di dinding. Isi lubang yang ada dengan sambungan yang tidak menyusut sehingga anda tidak perlu menunggu sampai mengering dan menerapkan lapisan lain. Gosok dinding dengan amplas untuk menghilangkan bagian dinding yang tidak rata.

2. Terapkan pasta

Gunakan tongkat rol cat berkualitas tinggi untuk mengoleskan pasta, karena yang murah akan meninggalkan bola bulu halus di seluruh kertas. Saat mengerjakan produk yang sudah jadi, gunakan roller cat untuk menggulung air di atas kertas. Merendam kertas dalam baki akan berantakan dan tidak menjamin cakupan yang seragam.

3 Jahit sudut bagian dalam

Sudut dinding biasanya jarang lurus dengan sempurna. Anda harus membuat jahitan di setiap sudut bagian dalam untuk membuat panel berikutnya tegak lurus. Panel pertama yang dipasang di sudut harus tumpang tindih ke dinding yang berdekatan setidaknya 1/8 inci. 

Kemudian potong panel sudut 1/8 inci lebih panjang dari yang terpanjang dari tiga pengukuran. Anda dapat menggunakan potongan sisa untuk memulai dinding baru, tetapi anda mungkin perlu memotongnya sedikit miring untuk mengakomodasi sudut yang bengkok. 

4. Lapisi kertas sebelum digantung

Pelapisan adalah proses melipat kertas ke dalam sendiri. Ini memberikan waktu untuk pasta aktif dan kertas melunak. Lipat kertas sehingga saat anda membukanya, anda akan bekerja dengan dua pertiga panel. Semakin panjang kertas, semakin mudah untuk meluruskannya. Potong banyak kertas sekaligus dan lapis beberapa sekaligus. 

5. Ratakan kertas dengan lembut

Setelah kertas menempel di dinding, pastikan untuk mengoleskannya dengan lebih halus di setiap inci persegi kertas. Tapi jangan menekan terlalu keras pada bagian yang lebih halus atau anda akan menambahkan terlalu banyak pasta dan meregangkan kertasnya. Ini sangat penting saat anda bekerja dengan kertas yang sudah disiapkan. Kertas yang diregangkan dengan terlalu sedikit pasta di belakangnya dijamin menyusut saat mengering. 

6. Bersihkan sisa pasta

Jauh lebih mudah untuk membersihkan pasta sebelum benar-benar mengering, jadi seka setiap panel dengan air hangat. Gunakan spons untuk melakukannya, anda juga bisa menggunakan beberapa tetes sabun cuci piring saat menghilangkan sisa pasta yang sangat lengket. Untuk menghindari busa, peras spons saat masih terendam air, lalu peras lagi dengan air. 

7. Gulung setiap jahitan

Agar ujung-ujungnya tidak melengkung, anda perlu mengaturnya dengan roller. Tetapi aturan yang sama yang berlaku untuk penghalus berlaku untuk rol. Yaitu jangan menekan terlalu keras atau anda akan mengeluarkan terlalu banyak perekat.

8. Tumpang tindih dan potong kedua bagian sekaligus

Terkadang, alih-alih menempelkan satu panel ke panel lainnya, anda harus membuat sambungan sendiri. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan melipat satu panel di atas yang lain dan memotong bagian tengah yang tumpang tindih. Kemudian kupas kedua bagian tersebut dan tarik potongan kecil yang dipotong dari bagian bawahnya.

9. Gunakan pisau untuk memotong ujungnya

Dengan dua tangan gunakan pisau dan pisau gypsum sebagai alat untuk memotong wallpaper pada bagian ujung. Pegang pisau di dekat dinding untuk menghindari pemotongan ke langit-langit. Menggunakan dua pisau secara bersamaan, membuat hasil potongan lebih rapi.

10. Buat potongan lega sebelum memangkas

Saat anda menghadapi rintangan seperti kusin disekitar pintu, anda harus membuat potongan yang lebih besar, sebelum memotong kertas. Anda bisa memotongnya dengan pisau, tetapi gunting lebih baik untuk menghindari goresan pada trim.

4 dari 4 halaman

Manfaat Memasang Wallpaper Dinding

Manfaat Memasang Wallpaper Dinding

Terdapat beberapa manfaat dari memasang wallpaper dinding yang membuat dekorasi dinding ini lebih diminati daripada mengecat dinding. Berikut adalah beberapa keuntungan menggunakan wallpaper dinding:

1. Wallpaper tahan lama, dan dapat bertahan lebih dari 15 tahun sehingga sangat hemat biaya.

2. Wallpaper yang sudah digantung dengan benar bisa bertahan tiga kali lebih lama dari cat.

3. Jika anda memiliki dinding yang tidak sempurna, wallpaper berkualitas tinggi dapat menyembunyikan ketidaksempurnaan permukaan.

4. Cat hadir dalam berbagai macam warna, namun spektrum penyelesaiannya terbatas, baik matte atau glossy. Wallpaper hadir dalam berbagai desain dengan banyak pilihan tekstur dan efek. Manik-manik, kawanan, logam, embos, dan tekstur lainnya.

5. Wallpaper tidak berantakan untuk diterapkan, dan tidak ada risiko percikan ke furnitur atau lantai anda.

6. Jika anda memiliki anak-anak atau hewan peliharaan, sebagian besar wallpaper dapat dibersihkan atau dicuci, jika ada noda yang muncul di dinding.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.