Sukses

Pesan Utama dari Poster Komersial suatu Produk adalah Promosi

Liputan6.com, Jakarta Poster menjadi media yang kerap digunakan untuk mempromosikan barang atau jasa. Dengang poster para produsen barang dan jasa menyampaikan pesan kepada para konsumennya. Pesan utama dari poster komersial suatu produk adalah agar masyarakat membeli produk tersebut atau menggunakan jasa yang ditawarkan.

Pesan utama dari poster komersial suatu produk adalah hal yang disampaikan melalui gambar yang dikombinasikan dengan narasi singkat. Poster ini kemudian dipasang di ruang publik dan strategis, seperti sekolah, stasiun, terminal, angkutan umum, pusat perbelanjaan, maupun area perkantoran.

Pesan utama dari poster komersial suatu produk adalah unsur penting yang harus diperhatikan oleh desainer poster. Tujuannya tentu saja agar pesan utama dari poster komersial suatu produk dapat tersampaikan. Berikut ulasan Liputan6.com tentang pesan utama dari poster komersial suatu produk yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Pesan Utama dari Poster Komersial Suatu Produk adalah Informasi Produk

Poster menjadi media penyampaian informasi kepada publik yang memiliki efektifitas cukup tinggi. Poster bertujuan untuk mengajak dan menghimbau banyak orang untuk melakukan sesuatu seperti apa yang digambarkan atau dituliskan pada poster tersebut.

Poster terdiri dari tulisan maupun gambar grafis. Kombinasi antara keduanya juga digunakan untuk menarik perhatian orang-orang. Kedua unsur ini biasanya ditambah dengan warna-warna yang mewakili makna tertentu. 

Poster sebagai media publikasi memiliki ciri-ciri yang membedakan dengan media lain. Berikut ciri-ciri poster.

- Desain grafis yang memuat komposisi berupa huruf dan gambar di atas media kertas atau kain atau plastik yang berukuran besar.

- Cara pengaplikasiannya dengan cara ditempel pada dinding, tempat umum atau permukaan datar dengan sifat membidik perhatian orang banyak.

- Dibuat dengan perpaduan warna yang kuat dan kontras.

- Menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan mudah dipahami.

- Menggunakan bahan-bahan yang berkualitas baik dan kuat, agar tidak cepat rusak.

Secara umum, poster diletakkan di tempat-tempat yang ramai orang maupun sesuai dengan sasaran dari poster yang dibuat. Poster juga memiliki banyak sekali jenisnya, salah satunya adalah poster komersial. Mengutip buku Mahir Menulis Kreatif Teks Iklan, Slogan dan Poster karya Arrie Widayani (2020: 54), Poster komersial merupakan salah satu jenis poster yang bertujuan untuk mempromosikan dan bentuk iklan, baik untuk mempromosikan barang maupun jasa.

3 dari 3 halaman

Pesan Utama dari Poster Komersial Suatu Produk adalah Informasi Produk

Isi pesan utama dari poster komersial suatu produk adalah untuk menarik perhatian konsumen agar membeli maupun menggunakan apa yang diiklankan pada poster tersebut. Meski merupakan media promosi yang efektif, tentu saja poster memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Poster Komersial

- Menjadi salah satu media iklan yang efektif dalam menawarkan barang maupun jawa.

- Membantu promosi dalam penjualan menyampaikan produk barang maupun jasa yang ditawarkan.

- Dapat dipasang di mana saja. Sehingga semakin banyak orang yang melihat dan tertarik akan barang dan jasa yang ditawarkan.

- Media periklanan yang dilihat secara terus menerus dan sangat berbeda dengan iklan melalui media elektronik yang hanya beberapa kali.

Kekurangan Poster Komersial

- Pengetahuan masyarakat sangat menentukan. Sebab orang dapat salah persepsi dalam memahami isi poster komersil yang ditawarkan.

- Poster unik dapat menarik banyak orang untuk melihatnya, namun keunikan ini dapat menjadi bumerang, sebab poster tersebut dapat menimbulkan berbagai makna.

- Poster komersial memiliki keuntungan dapat dilihat secara terus menerus. Namun hal ini juga dapat sebagai kekurangan, yakni orang-orang akan merasa jenuh dalam melihat poster komersial yang dipasangkan.

Pesan utama dari poster komersial suatu produk adalah hal terpenting yang harus diperhatikan oleh desainer poster. Memastikan informasi tentang produk yang ingin disampaikan penyedia barang maupun jasa menjadi tugas yang harus dilakukan oleh desainer poster. Untuk memastikan hal tersebut, berikut hal yang perlu diperhatikan oleh desainer poster. 

1. Tentukan Tema dan Tujuan

Membicarakan tema dan tujuan sebelum membuat poster komersial dengan pihak penyedia barang atau jasa menjadi hal yang harus dilakukan. Proses ini akan mempermudah desainer untuk mendapat gambaran tentang bagaimana poster yang diperlukan oleh sebuah produk.

2. Gunakan Narasi Singkat

Sifat poster sebagai media gambar memang mengharuskan desainer poster menggunakan narasi yang singkat namun catchy untuk menarik perhatian konsumen. Desainer dituntut untuk dapat menggunakan narasi singkat, padat, menarik serta bersifat mengajak, dan disertakan gambar

3. Sesuaikan Dengan Target Pasar

Hal terakhir yang harus diperhatikan oleh desainer poster adalah target pasar dari produk yang dipromosikan. Menggunakan gambar, warna, dan narasi yang sesuai target pasar tentu menjadi cara yang efektif untuk mempromosikan suatu produk.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.