Sukses

Colokan USB Ini Bisa Percepat Mengetik Hingga 600 Persen, Pakai Trik Khusus

Liputan6.com, Jakarta Pekerjaan mengetik sudah lama dilakukan manusia sejak penemuan mesin ketik pertama. Kini perkembangan teknologi makin memudahkan manusia untuk membuat tulisan, terlebih dalam bentuk digital. Ada dua tantangan dalam mengetik tulisan, mulai dari minimnya kesalahan, hingga banyaknya jumlah huruf ketikan. Dua hal ini kerap jadi kesulitan tersendiri.  

Hingga baru-baru ini ada sebuah penemuan unik yang bakal meringankan kesulitan tersebut. Sebagaimana melansir dari Gizmodo, sebuah perusahaan membuat alat yang bakal menjadikan mengetik jauh lebih cepat. Konsepnya sederhana berupa colokan USB yang dibuat langsung oleh perusahaan perangkat keras Chara Chorder.

Sukses mencuri perhatian banyak pegiat teknologi, colokan USB ini bisa jadi solusi banyak orang yang sering dikejar deadline. Atau bahkan bagi orang-orang yang tak mau waktunya terporsir banyak berkat mengetik. Perbandingannya bahkan cukup jauh hingga meningkat sekitar 600 persen.

 "Dapat meningkatkan kecepatan mengetik manusia rata-rata dari 40 kata per menit menjadi 250 kata per menit,” kutip dari Gizmodo. 

Berikut selengkapnya Liputan6.com merangkum penemuan unik dan futuristik ini melansir dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Kerja USB Bikin Cepat Mengetik

Rahasia CharaChorder X , dan produk pembuatnya sebelumnya, seperti keyboard CharaChorder Lite, adalah hanya mengurangi jumlah tombol yang perlu diketik untuk mengeja kata.

Jadi, alih-alih membutuhkan 28 penekanan tombol terpisah untuk mengetik contohnya seperti kata “antidisestablishmentarianism”, pengguna hanya perlu menekan kombinasi tiga atau empat tombol sekali saja.

Konsepnya mirip seperti pemain piano yang menekan beberapa tuts secara bersamaan untuk memainkan sekelompok nada dengan suara yang unik, atau pemain gitar yang memetik beberapa senar, teknologi CharaChorder memungkinkan keyboard alfanumerik digunakan dengan cara yang serupa

Bukannya menghasilkan suara, menekan beberapa tombol berbeda pada saat yang sama memicu kata yang lebih panjang untuk diketik secara otomatis, membuat keyboard menjadi alat input yang jauh lebih efisien.

3 dari 3 halaman

Pemasangan yang Mudah

Seperti perangkat mouse dan keyboard lainnya, menggunakan Chara Corder X cukup mudah. Pengguna hanya memerlukan colokan USB ini dan menghubungkannya ke perangkat. Seperti jembatan, di ujung colokan USB ini nantinya dipasang keyboard untuk mengetik. 

Tidak ada driver atau perangkat lunak khusus yang perlu diinstal karena CharaChorder X memantau apa yang sedang diketik dengan sendirinya, dan secara otomatis memasukkan kata yang lebih panjang saat kombinasi tiga atau empat tombol terdeteksi. 

Muncul dengan perpustakaan akord yang ada, tetapi pengguna juga dapat memprogram akord kustom mereka sendiri melalui antarmuka situs web. Melalui dongle memiliki kapasitas yang cukup untuk menyimpan lebih dari 65.000 preset. Dan karena ini adalah perangkat mandiri, ini berfungsi dengan Windows, Linux, macOS, dan bahkan Android, iOS, dan iPadOS.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.