Sukses

6 Desa Wisata Jogja yang Cocok Tenangkan Diri, Rasakan Sensasi Kuliner Gudeg Salak

Liputan6.com, Jakarta Menikmati waktu liburan dengan menghabiskan waktu dengan menikmati kehidupan desa bisa menjadi pilihan yang menarik. Menjalani kehidupan layaknya orang desa tentunya akan memberikan pengalaman menarik. Apalagi, sekarang ada banyak desa wisata Jogja yang bisa kamu kunjungi merasakan pengalaman seperti itu. 

Sama seperti desa wisata di tempat lain, desa wisata Jogja adalah desa yang dijadikan tempat wisata karena daya tarik yang dimilikinya. Desa wisata merupakan suatu bentuk integrasi antara atraksi, akomodasi dan fasilitas pendukung. Desa wisata disajikan dalam suatu struktur kehidupan masyarakat yang menyatu dengan tata cara dan tradisi yang berlaku.

Ada banyak desa wisata Jogja yang bisa menjadi pilihan menarik sebagai tempat untuk menghabiskan waktu liburan dan merasakan pengalaman hidup di pedesaan. Menurut data dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bapperda) DIY, terhitung ada 54 dewas wisata Jogja.

Dengan jumlahnya yang lumayan banyak itu, bisa dikatakan, desa wisata jogja hampir bisa ditemukan di berbagai penjuru. Namun ada beberapa di antaranya yang benar-benar sangat menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah sejumlah rekomendasi desa wisata Jogja, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

1. Desa Wisata Brajan

Desa Wisata Brajan terletak di Sendang Arum, Minggir, Sleman. Desa wisata jogja ini memiliki daya tarik yang sudah dikenal di dunia internasional. Bagaimana tidak, desa wisata Jogja merupakan pusat kerajinan bambu yang kualitasnya telah diakui dunia. Di sini pengunjung bisa memesan aneka kerajinan secara custom. Selain membeli hasil kerajinan, Desa Wisata Brajan juga menawarkan kepada pengunjung untuk belajar membuat kerajinan bambu langsung di lokasi bersama para pengrajin.

Tidak hanya kerajinan bambu, desa wisata Jogja ini juga masih sangat menjaga tradisi keseniannya. pengunjung bisa menikmati pentas karawitan, cokekan, kesenian kuntulan, kesenian campursari, hingga sholawatan. Selain itu, pemandangan di desa ini juga masih sangat alami, sehingga berkeliling di desa wisata Jogja ini, dengan berjalan kaki maupun bersepeda pastinya sangat menyenangkan.

3 dari 7 halaman

2. Desa Wisata Garongan

Desa Wisata Garongan merupakan sebuah desa wisata Jogja yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi. Maka sudah terbayangkan bagaimana suasana desa wisata ini bukan? Tentu saja Desa Wisata Garongan memiliki suasana yang sejuk dan menyegarkan. Desa Wisata Garongan tepatnya terletak di Garongan Kembang, Wonokerto, Turi, Sleman, Yogyakarta.

Desa wisata Garongan menawarkan fasilitas untuk kegiatan outdoor yang cukup lengkap. Sangat cocok untuk anda yang hendak menggelar outing kantor atau yang ingin liburan secara berombongan. Beberapa permainan outdoor yang disediakan antara lain ada susur sungai, lomba menangkap ikan, menyeberangi kolam, dan masih banyak lagi.

Salah satu aktivitas unggulan di Desa Wisata Garongan adalah susur Sungai Sempor yang berada di sisi timur desa. Sungai sempor juga memiliki air terjun indah yang terletak di sisi utara sungai sehingga jadi bonus bagi anda yang melakukan susur sungai.

4 dari 7 halaman

3. Desa Wisata Kadisobo II

Desa Wisata Kadisobo II terletak di Jalan Turi-Sleman nomor 4,5 Kadisobo, Trimulyo, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata Jogja ini menawarkan daya tarik berupa suasananya yang begitu tenang, sehingga sangat cocok untuk melepas penat.

Desa wisata Jogja ini juga memiliki kebun salak yang sangat luas. Jika musim panen tiba pengunjung boleh memetik salak langsung dari pohonnya. Desa Wisata Kadisobo juga menyediakan berbagai aktivitas outdoor yang sangat cocok untuk kegiatan outing kantor atau malam keakraban kampus. Selain itu, tersedia juga wisata edukasi di mana kita bisa belajar kegiatan bertani langsung. Kita akan diajak turun ke sawah untuk menanam padi dan memancing ikan.

Sajian kuliner di desa wisata Jogja ini juga tak kalah menarik. Pernah mendengar gudeg salak? Makanan tersebut menjadi salah satu kuliner andalan di Desa Wisata Kadisobo. Gudeg salak komplit berisi nasi, gudeg salak, ayam suwir, dan telur.

5 dari 7 halaman

4. Desa Wisata Nawung

Desa Wisata Nawung merupakan desa wisata Jogja yang berada di Dusun Nawung, Desa Gayamharjo, Prambanan, Sleman, Yogyakarta. Lokasinya tak jauh dari obyek wisata Candi Prambanan.

Di desa wisata Jogja ini, pengunjung dapat melakukan berbagai aktivitas mulai dari susur Sungai Kedung Nganten hingga outbound. Tidak hanya itu, di desa wisata Jogja ini, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas edukasi berupa mengolah biogas, belajar membuat makanan ringan tradisional seperti emping melinjo, membuat kerajinan dari bambu.  Pengunjung bisa menyaksikan Seni Sholawat dan jathilan tradisional.

Fasilitas yang disediakan desa wisata Jogja ini juga cukup lengkap. Di sana tersedia toilet, tempat ibadah, gazebo untuk beristirahat, warung makan, dan masih banyak lainnya. Desa wisata ini buka setiap hari mulai dari pukul 08.00 hingga pukul 14.00 saja. Namun bagi anda yang menginap telah tersedia homestay di perumahan penduduk. Anda tidak hanya sekadar menginap namun juga merasakan sensasi langsung hidup di suasana pedesaan yang damai.

6 dari 7 halaman

5. Desa Wisata Pancoh

Desa Wisata Pancoh merupakan desa wisata Jogja yang terletak di kawasan lereng Gunung Merapi tepatnya di Desa Pancoh, Girikerto, Turi, Sleman, Yogyakarta. Di desa wisata Jogja ini terdapat banyak sekali aktivitas menarik yang bisa dilakukan oleh pengunjung.

Tersedia paket wisata pertanian di mana pengunjung akan belajar bertani secara tradisional. Pengunjung diajak turun ke sawah untuk membajak sawah, menanam padi, hingga menangkap ikan. Di sini terdapat kandang sapi yang sekaligus digunakan sebagai sarana belajar proses pembuatan biogas yang ramah lingkungan.

Desa wisata Jogja ini juga memiliki sajian kuliner yang tak kalah unik. Jika di Desa Wisata Kadisobo terdapat gudeg salah, di Desa Wisata Pancoh memiliki sajian kuliner wine salak. Tidak hanya itu, ada banyak sajian kuliner berbahan baku salak lainnya, seperti wajik salak dan bakwan salak.

7 dari 7 halaman

6. Desa Wisata Mulo

Desa Wisata Mulo merupakan desa wisata Jogja yang terletak di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Daya tarik dari desa wisata Jogja ini adalah goa-goa yang terhubung satu dengan yang lain, mulai dari Goa Lengkep, Goa Ngoboran, Goa Ngingrong, dan Goa Jemblong.

Maka tidak mengherankan jika aktivitas favorit di desa wisata Jogja ini adalah susur goa . Pengunjung akan dibawa berjalan di dalam goa yang luas dan panjang, berair dan licin, namun keindahan dalam goa yang tak main-main dijamin akan membuat anda takjub.

Selain susur goa, pengunjung juga dapat menikmati aktivitas lain flying fox. Pengunjung bisa merasakan sensasi terbang dari ketinggian kurang lebih 70 meter dan panjang lintasan kurang lebih 150 meter. Desa wisata Jogja ini juga memiliki area bumi perkemahan, di mana pengunjung bisa camping. Kawasan camping ground yang disediakan sangat luas bahkan bisa mencapai kapasitas 50 tenda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.