Sukses

Cara Mewarnai Rambut Sendiri di Rumah yang Anti Gagal, Perhatikan Tipsnya

Liputan6.com, Jakarta Kebanyakan orang memilih pergi ke salon untuk merubah warna rambutnya agar lebih praktis. Bagi kebanyakan orang, mewarnai rambut adalah prosedur kecantikan yang rumit dan sulit dilakukan. Sebetulnya, cara mewarnai rambut juga dapat dilakukan sendiri di rumah. 

Cara mewarnai rambut di rumah dapat dilakukan sendiri maupun meminta bantuan keluarga yang ada di rumah. Dengan begitu, Anda dapat menghemat pengeluaran untuk ke salon. Memang ada banyak hal yang perlu disiapkan pada cara mewarnai rambut sendiri dirumah, tapi itu setimpal dengan penghematannya.

Agar hasil Pewarnaan rambut maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut cara mewarnai rambut yang sudah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (25/11/2022).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 3 halaman

Cara Mewarnai Rambut di Rumah

1. Siapkan Alat dan Bahan

Tahap cara mewarnai rambut yang pertama adalah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut bahan dan alat yang diperlukan untuk mewarnai rambut.

- Mangkuk plastik, pastikan mangkuk ini tidak digunakan untuk makan. Sebab residu yang ditinggalkan oleh cat rambut berbahaya jika sampai tertelan.

- Kuas cat khusus rambut

- Sarung tangan plastik atau karet. Biasanya dalam kemasan produk cat rambut sudah terdapat sarung tangan plastik.

- Beberapa jepit rambut untuk membagi rambut menjadi beberapa bagian.

- Handuk  untuk melindungi bagian leher pakaian

- Shower cap

- Cat rambut

2. Tips Sebelum Mewarnai Rambut

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan cara mewarnai rambut sendiri di rumah agar hasilnya maksimal.

- Meski sudah melindungi baju dengan handuk, ada baiknya memakai baju yang sudah lusuh. Maksudnya, baju yang tidak akan membuat Anda sedih jika terkena cat rambut. Warna cat rambut akan meninggalkan bekas yang tidak bisa dihilangkan, apalagi jika Anda mengaplikasikan cat rambut sendiri. Cat yang belepotan ke baju akan sulit dihindari.

- Cuci rambut sehari sebelum mewarnai rambut. Mencuci rambut berguna agar warna cat yang digunakan lebih menyatu dengan rambut asli, selain itu mencuci rambut akan membuat warna cat rambut bertahan lebih lama. Memberi jarak satu hari berguna untuk memberi folikel rambut kesempatan memproduksi minyak rambut alami, sehingga rambut tidak terlalu kering.

- Sediakan setidaknya 2 kotak cat rambut agar hasilnya maksimal. Walau pun biasanya, pada kemasan cat rambut akan dicantumkan berapa panjang rambut yang dapat diwarnai dengan 1 kotak produk pewarna. Namun, sebaiknya tetap menyediakan ekstra cat rambut untuk mengantisipasi apabila ternyata cat rambut kurang.

- Oleskan petroleum jelly di daerah perbatasan rambut dan kulit wajah maupun leher. Ini bertujuan untuk menghindari noda cat tertinggal di kulit wajah saat proses pewarnaan selesai. Oleskan petroleum jelly di dahi, area belakang telinga, hingga leher belakang. Denganbegini kulit tidak akan cemong karena cat rambut.

- Lakukan test patch alergi pada pada kulit. Tes ini penting untuk mengetahui apakah kulit Anda alergi terhadap produk pewarna rambut atau tidak. Jika tidak, proses mewarnai rambut dapat dilanjutkan. Tapi jika Anda merasakan panas atau kulit kamu menunjukkan reaksi kemerahan saat test patch, sebaiknya hentikan proses pewarnaan rambut.

3 dari 3 halaman

Cara Mewarnai Rambut di Rumah

3. Bagi Rambut Menjadi Beberapa Bagian

Setelah mempersiapkan alat dan bahan serta melakukan persiapan seperti yang sudah dijelaskan, tahap cara mewarnai rambut selanjutnya adalah membagi rambut menjadi beberapa bagian. Membagi rambut menjadi bagian-bagian yang kecil sangat penting untuk membuat hasil pewarnaan jadi lebih maksimal. Gunakan jepit untuk menahan rambut agar tidak jatuh. Hal ini akan memudahkan aplikasi cat rambut agar lebih merata.

4. Aplikasikan Cat Rambut dari Bagian Akar

Campurkan pewarna rambut dan developer dalam mangkuk yang sudah disediakan sampai rata. Gunakan brush khusus untuk mengaplikasikan cat rambut mulai dari bagian akar rambut. Bagian akar rambut adalah bagian yang paling sulit untuk memasukan warna rambut, oleh sebab itu dahulukan bagian akar. Setelah itu, warnai batang rambut sampai ujung. Lakukan sedikit demi sedikit helai rambut agar pewarna rambut lebih merata dan hasilnya maksimal.

5. Diamkan 20 sampai 30 Menit

Setelah semua helai rambut rata dengan cat rambut, tutup kepala dengan shower cap. Hal ini akan membuat proses oksidasi selama proses pewarnaan menjadi lebih maksimal. Tunggu sampai 30 menit dan jangan lebih, karena hal tersebut akan membuat rambut menjadi lebih rapuh dan cepat rusak bila terlalu lama. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.