Sukses

8 Manfaat Pohon bagi Kehidupan Manusia dan Alam, Cukupi Kebutuhan

Meski manfaat pohon sangat banyak, dalam beberapa tahun terakhir pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang.

Liputan6.com, Jakarta Pohon merupakan salah satu makhluk hidup yang banyak memiliki manfaat bagi manusia dan lingkungan. Manfaat pohon sangat penting bagi keberlangsungan hidup di bumi.

Meski manfaat pohon sangat banyak, dalam beberapa tahun terakhir pesatnya pembangunan menyebabkan banyak pohon ditebang. Hal ini menyebabkan populasi pohon yang penting bagi lingkungan semakin berkurang. Berkurangnya jumlah pohon di bumi menyebabkan panas bumi meningkat, pasokan oksigen semakin berkurang, serta tingkat polusi udara meningkat.

Jumlah pasokan air dalam tanah pun ikut berkurang dan mengakibatkan masyarakat kesulitan memperoleh air bersih. Hilangnya pohon dapat memutus mata rantai kehidupan. Beberapa jenis hewan berkurang jumlahnya dan hampir punah karena habitat mereka rusak. Berikt manfaat pohon yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jum’at (25/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Manfaat Pohon bagi Kehidupan Manusia dan Alam

1. Mengurangi Dampak Pemanasan Global 

Salah satu manfaat pohon adalah dapat meredam dampak emisi karbon dan gas rumah kaca. Gas rumah kaca merupakan penyebab utama pemanasan global dan perubahan iklim. Efek yang dihasilkan antaranya suhu bumi meningkat. 

Pohon akan karbon dioksida yang dihasilkan oleh manusia dan makhluk hidup lainnya. Karbon dioksida ini berguna untuk proses fotosintesis pada pohon. Dari proses fotosintesis pohon, mendapatkan energi dalam bentuk gugus gula dan menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara.

2. Penghasil Oksigen

Penghasil oksigen adalah manfaat pohon yang paling terkenal. Pohon memberikan sumbangsih terbesar pada ketersediaan oksigen yang ada di bumi. Proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon selain menghasilkan energi untuk pohon itu sendiri, juga menghasilkan oksigen yang dilepaskan ke udara. Oksigen ini kemudian digunakan oleh manusia dan makhluk lain untuk bernafas.

Proses fotosintesis yang dilakukan oleh pohon menjadi semacam daur ulang udara. Pohon akan menyerap karbon dioksida (CO2) di udara dan melakukan proses fotosintesis untuk menghasilkan oksigen (O2). 

3. Menjadi Rumah Bagi Beberapa Jenis Satwa 

Pohon merupakan tempat tinggal bagi beberapa jenis hewan, seperti burung, ular, berbagai jenis serangga, monyet, dan lain-lain. Kerap kali manusia lupa jika penghuni bumi bukan hany manusia. Ada makhluk hidup lain yang juga perlu dilindungi keberadaan dan tempat tinggalnya, termasuk hewan. 

Menjaga tempat tinggal hewan-hewan ini bertujuan untuk melestarikan rantai kehidupan yang penting bagi keberlangsungan hidup di Bumi. Seperti hubungan timbal balik menguntungkan antara burung dengan pohon. Beberapa pohon diuntungkan oleh proses penyerbukan yang dibantu burung Begitu pula sebaliknya, burung membutuhkan pohon sebagai tempat bersarang dan juga mencari pakan berupa buah, biji, dan serangga. Selain itu, pohon juga dimanfaatkan burung untuk bersarang.

4. Mencegah Banjir 

Banjir merupakan bencana musiman yang kerap terjadi saat musim penghujan. Terlebih  ketika intensitas hujan tinggi ditambah dengan minimnya resapan air. Manfaat pohon dapat menahan laju air dan juga meresap ke dalamnya. Dengan begitu bencana banjir dapat dihindari. 

Hutan menjadi area resapan air yang efektif mencegah terjadinya banjir. Keberadaan hutan dapat mencegah pengikisan tanah dan dapat mengurangi sedimen masuk ke sungai. Dengan begitu penyerapan air ke dalam tanah akan meningkat dan aju air hujan yang mengalir ke sungai mampu diperlambat sehingga akan menurunkan risiko terjadinya banjir.

3 dari 3 halaman

Manfaat Pohon bagi Kehidupan Manusia dan Alam

5. Mencegah Erosi 

Menyambung penjelasan sebelumnya, salah satu penyebab banjir adalah erosi tanah. Hujan yang terjadi secara terus menerus dan langsung jatuh ke tanah mengakibatkan tanah terbawa oleh air dalam jumlah besar sehingga menyisakan bebatuan saja. Bebatuan tersebut tidak bisa menyimpan air, dan jika terjadi hujan besar maka air akan terus mengalir menjadi banjir. 

Pohon dapat mencegah terjadinya erosi, karena air akan terhalang oleh ranting dan dedaunan yang ada di pohon sebelum jatuh ke tanah. Hal ini dapat meminimalisir erosi yang disebabkan oleh air hujan.

6. Mengurangi Zat Pencemar Udara

Manfaat pohon selanjutnya adalah sebagai filter udara yang dapat mengurangi jumlah polusi udara. Saat proses fotosintesis pohon tidak hanya menyerap karbon dioksida dan mengubahnya menjadi oksigen. Pohon juga menguraikan zat pencemaran udara seperti asap knalpot kendaraan, asap sisa pembakaran pabrik dan lain-lain. 

7. Menyimpan Air Hujan sebagai Cadangan Air

Tanah Pohon memiliki mekanisme penyimpanan air dalam tanah. Akar menyerap air dari tanah untuk kebutuhan sendiri dalam melakukan fotosintesis. Namun, saat tanah atau lingkungan sekitarnya kering akibat musim kemarau misalnya, akar akan mengeluarkan air yang dikandung agar lingkungan di sekitarnya tetap lembab sebagai upaya penundaan dehidrasi.  Akar memiliki pori-pori yang akan menyerap air dan menyimpannya di dalam pori-pori tersebut, 

8. Menjaga Suhu di Sekitar Tetap Sejuk

Manfaat pohon selanjutnya dapat mengendalikan suhu di sekitarnya tetap sejuk. Keberadaan pepohonan terbukti mampu mengurangi udara panas di perkotaan. Selain karena daunnya yang meneduhkan, oksigen yang dihasilkan juga membuat udara di sekitar menjadi lebih sejuk 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.