Sukses

8 Cara Mencuci Helm yang Benar di Rumah, Lebih Murah dan Mudah

Cara mencuci helm mudah saja dipraktikkan dan tentunya lebih murah.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencuci helm yang benar bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Kebersihan helm kerap kali diabaikan dan dilupakan oleh banyak orang. Padahal, helm merupakan salah satu perlengkapan yang wajib digunakan setiap berkendara.

Menjaga kebersihan helm merupakan kewajiban bagi setiap pengendara motor. Helm yang kotor tentunya akan mengakibatkan kamu kurang nyaman dalam memakainya. Tidak hanya itu, helm yang kotor juga bisa menimbulkan berbagai masalah pada rambut maupun kulit kepala dan wajah.

Cara mencuci helm mudah saja dipraktikkan dan tentunya lebih murah. Bahan-bahan dan peralatan untuk mencucinya pun tidak sulit didapatkan. Kamu tinggal mengikuti langkah-langkah yang tepat dan helm pun akan kembali bersih dan nyaman digunakan setiap harinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (27/11/2022) tentang cara mencuci helm.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencuci Helm

Lepaskan Bagian Kaca Helm

Cara mencuci helm yang pertama adalah melepaskan kaca atau visor. Melepaskan kaca helm akan mempermudah kamu dalam membersihkan keseluruhan bagian helm. Hal ini tentunya bisa kamu lakukan jika kaca helm memang bisa dilepas dengan mudah.

Lepas Busa/Padding

Selain melepas kaca helm, kamu juga harus mencopot semua busa atau padding helm, termasuk busa bagian atas sebagai cara mencuci helm yang benar. Namun, jika helm yang kamu gunakan busanya tidak bisa dilepas, kamu tidak perlu memaksakannya, hal ini hanya akan merusak helm. Selain itu, sebaiknya lepas padding secara perlahan agar tak rusak dan robek.

Bersihkan Kaca

Setelah melepas bagian kaca dan busa helm, kamu bisa melanjutkan cara mencuci helm dengan membersihkan kaca dan bagian luar helm. Cara membersihkan kaca helm yaitu dengan kain lembut terlebih dahulu agar tidak menimbulkan goresan. Setelah itu, bisa menggunakan wax agar kaca helm kembali bening.

Cuci Bagian Luar Helm

Setelah itu, kamu juga bisa mencuci bagian luar helm sebagai cara mencuci helm yang benar. Cucilah bagian luar helm ini dengan menggunakan air bersih saja, sehingga stiker dan cat pada helm tidak rusak. Jika sudah kering, lakukan pemolesan menggunakan wax, sehingga permukaan helm kembali mulus.

3 dari 4 halaman

Cara Mencuci Helm

Cuci Busa/Padding

Cara mencuci helm selanjutnya adalah dengan menyiapkan air hangat secukupnya untuk merendam busa/padding. Jangan lupa siapkan ember, sabun atau shampo serta sikat gigi halus untuk menyikat busa/padding helm yang kotor. Isi air hangat di ember dan campurkan shampo secukupnya, lalu aduk rata. Setelah itu, masukkan semua busa/padding ke dalam ember. Tunggu 5-10 menit agar kotoran hilang dan kuman mati.

Setelah 10 menit dan air mulai dingin, ambil kembali padding. Gosok menggunakan sikat gigi bekas. Langkah ini dilakukan untuk menghilangkan noda atau kotoran, sehingga busa/padding kembali bersih. Setelah itu rendam dengan air dingin menggunakan ember lain. Hal ini dilakukan untuk menghindari kotoran mengendap pada busa/padding.

Jemur di Panas Matahari

Cara mencuci helm selanjutnya yaitu dengan menjemurnya. Jemur busa/padding di bawah sinar matahari. Sebaiknya busa/padding yang basah jangan langsung diperas agar busa dalamnya tidak rusak.

Lakukan Pemasangan Ulang

Setelah semua cara mencuci helm yang benar kamu lakukan, selanjutnya kamu tinggal memasang kembali semua bagian helm. Tentunya setelah busa/padding kering. Lakukan dengan hati-hati, agar tidak ada bagian yang rusak atau salah pasang. Selain itu, pastikan setiap bagian terpasang dengan baik, sehingga kamu tetap nyaman menggunakannya. 

Semprot Helm dengan Pewangi

Cara mencuci helm juga bisa kamu lengkapi dengan menggunakan pewangi. Menggunakan pewangi akan membantu mengatasi bau dan juga berbagai kuman. Jika perlu, gunakan pewangi khusus yang mengandung disinfektan yang dapat membunuh kuman, sehingga helm bebas kuman dan bakteri selama digunakan nanti.

4 dari 4 halaman

Manfaat Merawat Helm

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, manfaat merawat helm sangat penting untuk kesehatan dan tentunya keselamatan. Kamu juga akan lebih nyaman dalam berkendara saat helm sudah bersih. Kamu tentunya bisa membayangkan betapa kotornya helm yang digunakan hampir setiap hari. Melansir Suzuki, manfaat merawat helm adalah sebagai berikut:

Mencegah berkembangnya kuman di kepala

Manfaat mencuci helm yang pertama yaitu dapat mencegah perkembangan kuman di kepala. Helm yang jarang dicuci apalagi ketika terkena hujan, akan memunculkan kuman atau jamur pada bagian busa helm. Jika terus dibiarkan, maka jangan heran apabila kulit kepala terkena ketombe atau bau apek yang mengganggu.

Menghindari iritasi pada kulit

Helm yang jarang dicuci adalah tempat yang disukai oleh kuman. Aktivitas di luar ruangan menyebabkan debu mudah sekali menempel pada helm. Tidak heran banyak pengendara sepeda motor mengeluhkan gatal atau iritasi pada kulit, leher, atau kepala. 

Mencegah kerusakan helm

Helm yang sering lembap karena terkena air hujan atau faktor lainnya apabila tidak segera dicuci dan dikeringkan akan menyebabkan kerusakan pada helm. Pastikan helm kamu selalu kering meskipun tidak terpakai.

Demikian cara mencuci helm yang bisa dilakukan sendiri di rumah.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.