Sukses

Pramuniaga adalah Sebutan untuk Pekerja Ritel, Simak Pengertiannya

Pramuniaga adalah pelayan toko atau pelayan jasa.

Liputan6.com, Jakarta - Apa pengertian dari pramuniaga? Pengertian pramuniaga adalah sebutan untuk pekerja ritel yang menawarkan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen. Nama lain dari seorang pramuniaga adalah pelayan toko atau pelayan jasa.

Dalam buku berjudul Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product oleh Phitsa Mauliana dkk, pramuniaga adalah sebutan untuk karyawan atau karyawati yang bekerja pada sebuah perusahaan dagang.

Pramuniaga adalah sebutan untuk pihak pekerja/karyawan/karyawati yang harus pandai mengambil hati pelanggan dengan terus menjaga sikap, mengelola emosi, dan bertanggungjawab. Kompetensi dan profesionalitas pramuniaga ini yang nantinya akan meningkatkan kinerja dan omzet dari perusahaan.

Agar lebih memahami, berikut Liputan6.com ulas lebih mendalam tentang pengertian pramuniaga, tugas dan tanggung jawab pramuniaga, serta cara menjadi pramuniaga, Senin (28/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pramuniaga adalah Sebutan untuk Pekerja Ritel

Pramuniaga adalah sebutan untuk seorang pekerja di sebuah badan usaha yang harus berhadapan langsung dengan konsumen. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) menjelaskan pengertian pramuniaga adalah karyawan perusahaan dagang yang bertugas melayani konsumen atau pelayan toko.

Pramuniaga adalah sebutan untuk seorang pekerja yang memiliki peranan sangat penting dalam proses jual-beli dan pelayanan pelanggan untuk keberhasilan pemasaran. Dalam dunia bisnis, seorang pramuniaga adalah pihak yang harus pandai mengambil hati pelanggan dengan terus menjaga sikap, mengelola emosi, dan bertanggungjawab.

Dalam buku berjudul Sistem Pendukung Keputusan Evaluasi Kinerja Pramuniaga Toserba Yogya Ciwalk Menggunakan Metode Weighted Product oleh Phitsa Mauliana dkk, pengertian pramuniaga adalah sebutan untuk karyawan atau karyawati yang bekerja pada sebuah perusahaan dagang.

Pramuniaga yang kompeten dan profesional, dijelaskan lebih mendalam akan bekerja untuk meningkatkan kinerja dan omzet dari perusahaan. Nama lain dari pramuniaga adalah sebutan untuk pelayan toko atau pelayan jasa.

Universitas Katolik Soegijapranata (Unika) menjelaskan pengertian pramuniaga adalah sebutan untuk pekerja industri ritel yang berhadapan langsung dengan konsumen. Di mana, yang dimaksud dengan industri ritel adalah bisnis yang khusus menjual barang atau jasa kepada konsumen dalam jumlah eceran atau satuan.

Contoh tempat pramuniaga bekerja adalah di toko kelontong, toko oleh-oleh, toko kosmetik, toko perabot, toko baju, toko sepatu, supermarket, minimarket, swalayan, rumah makan/restoran, tempat pelayanan jasa ekspedisi, tempat pelayanan jasa penjualan tiket kendarakan umum, dan masih banyak lagi.

Masih melansir dari sumber yang sama, mengutip Donassolo dan Matos (2014), pengetahuan yang mumpuni harus dimiliki oleh seorang pramuniaga. Tidak hanya pengetahuan tentang pengelolaan sikap dan emosi yang baik. Pramuniaga adalah harus menguasai informasi detail tentang produk dan jasa yang diperdagangkan.

Selain itu, Liputan6.com lansir dari berbagai sumber seorang pramuniaga adalah harus memiliki kecakapan komunikasi. Memiliki kemampuan bahasa dan cara berbicara yang mumpuni. Ini karena tugas utama pramuniaga adalah membujuk konsumen atau pelanggan.

3 dari 3 halaman

Tugas dan Tanggung Jawab Seorang Pramuniaga

Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah paling utama mampu membujuk konsumen atau pelanggan. Selain itu apa lagi?

Ini penjelasan tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga yang Liputan6.com lansir dari berbagai sumber:

1. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah melakukan pengecekan stok barang dagangan baik yang dipamerkan atau yang berada di gudang.

2. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah melakukan pendataan barang yang masuk dan keluar.

3. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mampu melakukan display barang sesuai aturan yang diberlakukan.

4. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mampu melakukan pemesanan barang untuk bersikap leadership sebagai wakil dari perusahaan tempatnya bekerja.

5. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mempromosikan barang yang diperdagangkan kepada konsumen atau pelanggan.

6. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mampu mengemas barang yang akan diperdagangkan sesuai aturan.

7. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mampu membuat laporan penjualan yang baik, benar, dan dapat dipertanggungjawabkan.

8. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah memahami informasi produk barang dan jasa yang diperjual-belikan kepada pelanggan atau konsumen.

9. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah mampu mendengarkan segala yang diperlukan oleh pelanggan tentang produk barang atau jasa yang diperlukannya.

10. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah memiliki kemampuan mutlitasking atau mampu mengerjakan lebih dari satu tugas, misalnya menjawab email dan telepon dari pelanggan dalam waktu bersamaan.

11. Tugas dan tanggung jawab seorang pramuniaga adalah memiliki ketelitian dalam mengatur produk atau jasa yang ditawarkan kepada pelanggan atau konsumen.

Pramuniaga adalah sebutan untuk seorang pekerja industri ritel dengan tugas dan tanggung jawab sebagaimana dijelaskan sebelumnya. Agar pramuniaga bisa memenuhi tugas dan tanggung jawab itu, cara menjadi pramuniaga adalah harus membangun sikap khusus.

Seorang pramuniaga harus memiliki sikap yang jujur, gigih, sabar, teliti, antusias, percaya diri, empati, mampu mendengarkan, dan mampu berkomunikasi dengan baik.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.