Sukses

PT Indomarco Prismatama adalah Perusahaan Waralaba, Ketahui Sejarah dan Karakteristiknya

PT Indomarco Prismatama adalah salah satu perusahaan waralaba, yang menyediakan berbagai produk dan kebutuhan sehari-hari.

Liputan6.com, Jakarta PT Indomarco Prismatama merupakan badan usaha yang menaungi Indomaret, salah satu perusahaan waralaba yang ada di Indonesia. Indomaret merupakan jaringan mini market yang menyediakan berbagai macam kebutuhan pokok, serta berbagai kebutuhan sehari-hari. Merek mini market Indomaret dipegang oleh PT. Indomarco Prismatama, yang gerainya kini mencapai lebih dari 7.868 di wilayah Jawa, Madura, Bali, Sumatera dan Sulawesi.

PT Indomarco Prismatama adalah salah satu badan usaha, yang dibangun dengan besar modalnya  tercantum dalam anggaran dasar. Tak hanya itu, kekayaan perusahaan terpisah dari kekayaan pribadi pemilik perusahaan, sehingga pemiliknya tentu memiliki harta kekayaan sendiri. 

PT Indomarco Prismatama menaungi gerai waralaba Indomaret, yang hingga kini dijadikan sebagai salah satu aset nasional, dalam bentuk jaringan ritel waralaba yang unggul dalam persaingan global. Awal didirikan, Indomaret mendapatkan respon positif dari masyarakat. Indomaret adalah salah satu mini market yang kerap terlibat dalam berbagai aksi sosial, juga aktif dalam melakukan penggalangan dana kemanusiaan.

Berikut ini sejarah PT Indomarco Prismatama yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Pengertian PT (Perseroan Terbatas)

PT atau Perseroan Terbatas merupakan unit atau badan usaha, yang tentu memiliki badan hukum yang segala aktivitas yang dilakukan akan dilindungi secara penuh oleh huikum. PT adalah usaha yang semua modalnya terkumpul dari berbagai saham, dengan pemilik yang memiliki bagian dari saham masing-masing investor. PT umumnya didirikan oleh dua orang atau bahkan lebih, namun dilakukan dengan menandatangi perjanjian usaha. Perjanjian yang dilakukan juga didamping oleh seorang notaris. Mengkaji dari UU nomor 40 tahun 2007, PT merupakan badan hukum dengan persekutuan modal dan didirikan berdasarkan perjanjian untuk melakukan kegiatan usaha.

Tak hanya itu, modal PT terbagi dalam bentuk saham dan harus memenuhi persyaratan yang ditetapkan di dalam undang-undang. Oleh karena itu, seorang pemilik akan mempunyai bagian sesuai dengan lembar saham yang dimilikinya. Namun adanya perubahan kepemilikan, tidak akan berdampak pada operasional perusahaan, apalagi sampai harus ada pembubaran perusahaan.

 

3 dari 5 halaman

Profil PT Indomarco Prismatama

Indomaret Group merupakan perusahaan di bawah naungan Salim Group yang berdiri sejak tahun 1988, serta dikelola penuh oleh badan usaha PT Indomarco Prismatama. PT ini selain berperan sebagai pioneer bisnis gerai waralaba di Indonesia, juga masuk dalam kategori usaha terbesar dengan total gerai lebih dari 17.000, dengan pertumbuhan sampai dengan 7 gerai per harinya. Tidak hanya bergerak di bidang retail, Indomaret Group terus mengembangkan bisnisnya dengan didukung oleh lebih dari 170.000 karyawan dan memiliki 10 sektor bisnis baik itu retail, grosir, e-commerce, pusat perbelanjaan, F&B, restoran jepang, roti, IT konsultant, e-wallet, serta ekspedisi.

PT Indomarco Prismatama, yang beroperasi sebagai Indomaret, yang merupakan jaringan minimarket, di mana tersedia berbagai kebutuhan pokok yang bermacam-macam. Adapun gerai pertama yang dibuka dengan nama Indomart terletak di Ancol, Jakarta Utara, pada tanggal 20 Juni 1988, dan dikelola oleh PT Indomarco Prismatama. Tahun 1997 perusahaan mulai melebarkan sayapnya, untuk mengembangkan bisnis gerai waralaba pertama di Indonesia, setelah memiliki lebih dari 230 gerai.

Jumlah gerai hingga tahun 2015 adalah 11.400 gerai dengan rincian 60% gerai adalah milik sendiri dan sisanya waralaba milik masyarakat. Sampai dengan Juni tahun 2021, jumlah gerai sebanyak 18.939 gerai. Hingga kini Indomaret mulai tersebar secara merata dari Sumatera, Batam, Jawa, Madura, Bali, NTB, NTT, Kalimantan, Sulawesi hingga di Maluku. 

4 dari 5 halaman

Sejarah PT Indomarco Prismatama

Melansir dari laman website Indomaret, PT Indomarco Prismatama didirikan mulai berawal dari pemikiran untuk mempermudah penyediaan kebutuhan pokok sehari-hari karyawan. Oleh karena itu pada tahun 1988 dibuka sebuah gerai yang diberi nama Indomaret. Dalam pengembangan operasional toko, perusahaan mulai tertarik untuk lebih mendalami dan memahami berbagai kebutuhan dan perilaku konsumen dalam berbelanja. 

Seiring berjalannya waktu, niat ini diwujudkan dengan mendirikan Indomaret yang berbadan hukum PT. Indomarco Prismatama dengan “menjadi jaringan ritel yang unggul” serta moto “mudah dan hemat”. Indomaret mulai membentuk konsep gerai yang berlokasi di dekat hunian konsumen, serta menyediakan  ragam kebutuhan pokokyang bertujuan melayani masyarakat umum yang bersifat majemuk. Adapun konsep bisnis waralaba Indomaret yang pertama, direspons secara positif oleh masyarakat, terbukti dengan adanya peningkatan jumlah Terwaralaba Indomaret dari waktu ke waktu. 

PT Indomarco Prismatama mulai mendapatkan penghargaan lebih tepatnya Indomaret selaku “Perusahaan Waralaba Unggul 2003”. Indomaret mulai berkembang sangat pesat, bahkan dengan jumlah gerai toko pada Oktober 2022 meliputi 20.853 gerai Sebagian besar pasokan barang dagangan untuk seluruh gerai berasal dari 42 pusat distribusi Indomaret yang menyediakan lebih dari 5.000 jenis produk.

5 dari 5 halaman

Karakteristik Perseroan Terbatas

PT adalah badan usaha dan besarnya modal perseroan tercantum dalam anggaran dasar ini, tentu memiliki beberapa karakteristik yang mendasar diantaranya:

- PT adalah badan usaha yang didirikan untuk mencari keuntungan.

- Memiliki fungsi secara komersial dan juga fungsi secara ekonomi.

- Penanaman modal perusahaan PT, didapat dari lembar saham yang dijual dan obligasi.

- Perusahaan PT tidak memperoleh fasilitas apapun dari negara, namun Rapat Umum Pemegang Saham akan menentukan kekuasaan tertinggi perusahaan PT.

- Pemegang saham memiliki tanggung jawab atas perusahaan sebanyak modal saham yang ditanamkan, serta pemilik akan mendapatkan keuntungan saham dalam bentuk dividen. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.