Sukses

Respect adalah Menghormati, Ketahui Definisi dan Contoh dalam Kehidupan Sehari-hari

Respect adalah bentuk rasa hormat terhadap seseorang, atau secara harafiah menghormati orang lain.

Liputan6.com, Jakarta Dalam lingkup keluarga, tempat kerja, sekolah, bahkan lingkungan sekitar, kata respect tentu sering kita dengar. Respect adalah bentuk atau cara kita dalam menunjukan rasa hormat terhadap orang lain. Saat Anda dihormati oleh orang-orang yang penting dalam hidup, tentu berperan besar ketika Anda beranjak dewasa, di mana dengan mudah Anda bisa menghormati orang lain.

Respect adalah cara kita menerima seseorang apa adanya, bahkan ketika mereka sendiri memiliki perbedaan dengan kita. Rasa hormat dalam sebuah hubungan, bisa membangun perasaan kepercayaan, keamanan, hingga kesejahteraan. Respect tidak harus datang secara alami, namun sesuatu yang perlu dipelajari. 

Respect adalah bentuk perilaku yang mempertimbangan secara menyeluruh, pengakuan atas nilai intrinsik setiap manusia. Respect bisa dengan mudah Anda lakukan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bersikap sopan kepada orang lain, selalu mengucapkan terima kasih, mudah untuk mengucapkan maaf, serta berusaha untuk memahami orang lain.

Berikut ini pengertian respect dan contohnya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (29/11/2022).

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Respect

Respect adalah menghormati ini, berasal dari kata Latin “respectus” yang berarti perhatian, perhatian, atau pertimbangan. Respect juga bisa didefinisikan sebagai "penghargaan atau perasaan berharga atau keunggulan seseorang, kualitas atau kemampuan pribadi, atau sesuatu yang dianggap sebagai manifestasi dari kualitas atau kemampuan pribadi". Hal ini merupakan salah satu komponen yang sangat penting dari identitas pribadi, serta hubungan interpersonal.

Merasa dihormati bisa dianggap sebagai hak asasi manusia, namun rasa tidak hormat adalah hal yang sangat penting yang dapat menyebabkan perpecahan dan bahkan kekerasan. Hubungan interpersonal akan dipenuhi dengan konflik dan ketidakpuasan, jika kita tidak menghormati orang lain, mereka tidak akan menghormati kita, dan jika kita tidak menghargai diri kita sendiri, kita juga tidak akan dihormati oleh orang lain.

Maka akan sangat penting untuk mengajari anak-anak sejak usia dini, tentang nilai-nilai kehidupan salah satunya menumbuhkan rasa hormat terhadap orang lain. Cara terbaik mengajarkan rasa hormat adalah dengan menjadi panutan bagi anak-anak, serta lingkungan sekitar kita. 

 

3 dari 5 halaman

Karakteristik dari Respect

Respect adalah rasa hormat yang bisa didefinisikan sebagai memikirkan dan merasakan hal-hal baik tentang seseorang, sehingga Anda dapat memperlakukannya dengan cara yang menunjukkan bahwa Anda peduli dengan kesejahteraan mereka. Berikut ini karakteristik dari respect adalah:

- Tunjukkan kepada orang-orang, seperti apa rasa hormat atau respect itu dengan menghormati diri sendiri.

- Habiskan waktu dengan orang-orang yang penuh hormat dan membuat Anda merasa aman

- Beri tahu orang itu apa yang mereka lakukan tidak baik, namun dilakukan secara spesifik. 

- Bicaralah dengan seseorang yang Anda percayai seperti orang tua, guru, atau konselor, dan cobalah untuk memahami sudut pandang mereka.

- Beri orang itu kesempatan untuk mengubah perilakunya terhadap Anda.

- Tidak apa-apa untuk mengakhiri pertemanan dengan orang lain, jika mereka tidak bisa menghormati dan Anda sendiri tidak merasa aman berada di dekat mereka.

4 dari 5 halaman

Contoh Respect di Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja yang saling menghormati, dapat meningkatkan moral karyawan dan menciptakan tempat kerja yang lebih positif dan produktif. Berikut ini contoh respect dalam lingkungan kerja, sebagai berikut:

- Anda bisa mengatakan sesuatu, jika melihat perilaku tidak sopan atau tidak aman yang merusak lingkungan kerja. Setiap orang berhak diperlakukan dengan rasa hormat.

- Tumbuhkan rasa empati dan memperhatikan orang lain, dimulai dengan menebarkan senyum dan menyapa semua orang saat Anda tiba di tempat kerja.

- Jangan sungkan untuk mengucapkan terima kasih yang tulus, dengan memastikan orang tahu bahwa Anda menghargai mereka dan tindakan mereka. B

- Berikan dorongan untuk menunjukkan bahwa Anda menghargai kontribusi tim, serta memiliki rasa tanggung jawab rencana tindakan korektif.

- Biasakan untuk mengucapkan"Saya minta maaf" (tanpa alasan) adalah tindakan berani dan membuktikan komitmen Anda kepada kolega dan pekerjaan Anda.

- Berpartisipasi secara konstruktif, serta usahakan agar Anda tidak menyela orang lain dan berikan perhatian penuh kepada orang lain.

- Bagikan keahlian Anda secara terbuka, untuk pertumbuhan dan pembelajaran. Tempat kerja yang memiliki kolaboratif di mana setiap orang berbagi ide dan menawarkan solusi kreatif adalah tempat kerja yang dapat berkembang pesat.

5 dari 5 halaman

Contoh Respect

- Bersikap Sopan

Respect adalah sikap menghormati, di mana dalam kehidupan sehari-hari kita bisa berperilaku sopan dengan orang yang ada disekitar kita. Kurangnya kesopanan sering kita jumpai, misalnya insiden kemarahan di jalan yang membuktikan bahwa masyarakat telah lupa bagaimana menjadi baik. Tidak perlu banyak usaha untuk bersikap sopan, dengan mengucapkan terima kasih disertai senyuman adalah salah satu bentuk kesopanan. 

- Tunjukkan Rasa Syukur

Sambil mengucapkan terima kasih berarti bersikap sopan, dapat menunjukkan rasa terima kasih lebih dalam. Syukur mengungkapkan penghargaan Anda untuk orang lain. Selain mengucapkan kata-kata terima kasih, Anda juga perlu menunjukkan rasa terima kasih dengan melakukan sesuatu yang baik untuk orang lain, karena menjadi salah satu tindakan kebaikan yang sederhana.

- Cari Kesamaan

Kemanusiaan memiliki kesamaan bersama dengan keragaman, di mana dalam lingkup kehidupan bermasyarakat membuat Anda bisa menemukan kesamaan, yang dimiliki dengan orang lain. Pada umumnya setiap orang akan berbagi aspek dasar dalam kehidupan, sehingga bisa digunakan sebagai titik awal untuk memulai suatu hubungan. Hal ini tentu bisa membantu hubungan tumbuh dengan berfokus pada kesamaan, bukan perbedaan satu sama lain.

- Berusahalah untuk Memahami Orang Lain

Dalam menghadapi konflik, mudah untuk mempertahankan pendapat, yang sebaliknya bisa bangkitkan rasa ingin tahu Anda. Gunakan situasi sebagai kesempatan untuk Anda dapat belajar. Cari tahu dasar dari perspektif orang lain, sehingga digunakan untuk belajar sesuatu yang baru tentang orang lain. Anda akan mendapatkan pemahaman tentang mengapa mereka merasa dan bertindak seperti itu, serta  melihat bagaimana pengalaman mereka telah membentuk perspektif mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.