Sukses

Miliki Hidung Terpanjang di Dunia, Pria Ini Akui Punya Kemampuan Mencium Bau

Pria ini memiliki hidung dengan panjang 8,8 cm.

Liputan6.com, Jakarta Setiap orang terlahir dengan keunikan yang berbeda-beda. Ada yang kembar identik, ada yang memiliki 11 jari, namun hal itu tidak membuat mereka kurang dari manusia lainnya. Mereka masih sama dengan yang lain.

Bahkan kualitas istimewa itu pun membuat banyak orang mengapresiasi mereka dengan memberikan respek dan penghargaan. Namun siapa sangka keunikan tubuh saat lahir akan bermanfaat di masa dewasa?

Salah satunya, pria bernama Mehmet Ozyurek yang memiliki hidung terpanjang di dunia. Pria asal Turki ini telah memegang Rekor Dunia Guinness selama lebih dari dua dekade (selama hidup). Hidung Mehmet diketahui memiliki ukuran 8,8 cm.

Karena memiliki keunikan, Mehmet mengaku jika dirinya lebih peka mencium bau dari orang lainnya. Berikut kisah pemilik hidung terpanjang di dunia dirangkum Liputan6.com dari Siakap Keli, Selasa (29/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mencium Bau Lebih Dari Biasanya

Bagaimana rasanya memiliki hidung terpanjang di dunia? Banyak yang ingin tahu bagaimana rasanya memiliki hidung terpanjang di dunia. Apakah sama dengan hidung kecil normal yang dimiliki semua orang?

Jika dipikir secara logis, pasti akan ada beberapa perbedaan. Mehmet menjelaskan, ketika kamu memiliki hidung yang lebih besar dari biasanya, indra penciuman juga akan berbeda. Ia bisa dua kali lebih peka mencium bau daripada orang di sekitarnya.

“Indera penciuman saya berbeda dari orang lain. Saya mengatakan 'ada bau di sini', tetapi orang lain tidak menciumnya." kata Mehmet seperti dikutip oleh Liputan6.com dari Siakap Keli, Selasa (29/11/2022).

“Aku bilang kamu mungkin tidak mencium baunya tapi aku bisa. Misalnya, saya masuk ke rumah saya dan langsung tahu makanan apa yang sedang dimasak," tambahnya.

Mungkin akan ada beberapa yang berpikir, sama seperti orang lain tapi Mehmet membuktikan bahwa hidungnya mampu melakukan sesuatu yang luar biasa dari yang lain. Bahkan dalam penampilannya pada 2010 di acara TV Italia Lo Show Dei Record, ia menunjukkan kepada penonton bagaimana meledakkan balon menggunakan lubang hidungnya.

3 dari 3 halaman

Bahagia dengan Keunikan yang dimiliki

Keluarga Mehmet memiliki hidung yang besar tetapi alasan di balik tersebut masih belum diketahui oleh mereka. Menurutnya faktor genetik yang membuat hidungnya menjadi lebi panjang daripada orang pada umumnya.

"Itu karena genetika sejauh yang saya mengerti. Tidak ada penjelasan dari dokter tapi hidung itu juga milik ayah, paman, dan saya," kata Mehmet.

Mengaku sedikit tersinggung ketika menerima kritik negatif ketika masih muda, Mehmet mengatakan bahwa seiring berjalannya waktu ia mulai menerima fisik istimewa yang dimilikinya. Kini, Mehmet terlihat bahagia dengan keunikannya karena berhasil menarik perhatian orang saat keluar rumah, dan ia juga bangga memecahkan rekor dunia tersebut.

Sebelumnya tercatat dalam sejarah bahwa hidung terpanjang pernah dimiliki oleh Thomas Wedders yang tinggal di Inggris pada 1770-an. Ada catatan sejarah yang menyatakan bahwa Wedders yang merupakan anggota sirkus keliling memiliki hidung berukuran 19cm yang luar biasa panjang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.