Sukses

Sikap Atau Posisi Awal Sikap Lilin adalah Telentang, Pahami Langkah Lengkapnya

Sikap atau posisi awal sikap lilin adalah posisi telentang. Berikut langkah lengkap posisi sikap lilin yang benar.

Liputan6.com, Jakarta Sikap atau posisi awal sikap lilin adalah posisi telentang. Sikap atau posisi sikap lilin adalah hal yang penting untuk diketahui karena merupakan awal dari proses melakukan sikap lilin yang memerlukan perhitungan panjang, karena jika tidak mungkin dapat menyebabkan cedera.

Senam lantai merupakan gerakan-gerakan senam yang dilakukan di lantai. Salah satu gerakan yang cukup populer dan diajarkan di sekolah dalam senam lantai adalah sikap lilin. Sehingga mengetahui dengan benar dan baik sikap atau posisi awal sikap lilin adalah hal wajar untuk semua orang.

Sikap atau posisi awal sikap lilin adalah langkah pertama, setelahnya ada beberapa langkah lagi yang perlu diikuti untuk dapat melakukan sikap lilin dengan baik. Dengan melakukan sikap lilin yang benar, Anda tidak hanya menghindari resiko cedera, namun juga dapat memperoleh sejumlah manfaat kesehatan.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pada Rabu (30/11/2022) sikap atau posisi sikap lilin yang benar, beserta dengan gerakan yang perlu dihindari dan manfaat dari melakukan sikap lilin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Langkah-Langkah Sikap atau Posisi Sikap Lilin

Langkah-Langkah Sikap atau Posisi Sikap Lilin

Sikap lilin merupakan salah satu bagian dari senam lantai yang merupakan bentuk latihan keseimbangan pada senam. Posisi atau sikap awal sikap lilin adalah telentang, yang kemudian dilanjutkan dengan kedua kaki yang diangkat ke atas secara bersamaan. 

Disaat yang bersamaan, pinggang ditopang kedua tangan dan pundak tetap menempel pada lantai dengan kepala sebagai tumpuan hingga menyerupai lilin. Otot yang sangat berperan dalam gerakan sikap lilin adalah otot perut. 

Kekuatan otot perut sangat dilatih dalam posisi ini dan berfungsi untuk mendukung tangan dalam menopang pinggang agar tidak terjatuh kembali ke lantai. Lebih lengkapnya, berikut ini langkah-langkah melakukan sikap lilin.

Untuk pemula, sikap lilin dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu dilakukan sendiri secara perlahan atau dengan bantuan orang lain. Berikut langkah-langkah melakukan sikap lilin sendiri tanpa bantuan orang lain:

- Pertama ambil sikap telentang.

- Kemudian rapatkan dan luruskan kedua kaki.

- Lalu angkat kedua kaki dengan posisi ditekuk.

- Selanjutnya posisi lutut berada di depan wajah.

- Lalu topang punggung dengan kedua tangan.

- Terakhir luruskan kedua tangan ke atas.

 

Jika sikap lilin dilakukan dengan bantuan orang lain, rekan yang membantu dapat melakukan beberapa langkah berikut ini :

- Pertama berdiri sambil memegang pergelangan kaki.

- Kemudian salah satu kaki dalam posisi berlutut.

- Selanjutnya memegang pinggul orang yang akan melakukan sikap lilin.

3 dari 4 halaman

Posisi Sikap Lilin yang Tidak Tepat

Posisi Sikap Lilin yang Tidak Tepat

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, bahwa gerakan sikap lilin harus dilakukan dengan benar dan baik untuk menghindari cedera. Anda harus fokus dan stamina yang kuat untuk melakukan gerakan ini agar terhindar dari cedera. 

Untuk meningkatkan kewaspadaan, berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering terjadi saat sikap lilin dan perlu dihindari :

- Sikap atau posisi yang tidak tepat 

- Tidak mengangkat pinggul sepenuhnya

- Terus Mmenjaga pandangan mata dan posisi kepala tetap fokus ke depan 

 

Selain fokus, stamina dan cara yang benar, terdapat beberapa kondisi yang membuat sikap lilin perlu untuk dihindari karena peluang cedera dan kejadian tidak diinginkan yang lebih besar, hindari melakukan sikap lilin jika anda memiliki kondisi berupa :

- Kondisi medis yang tidak membolehkan posisi kepala lebih rendah dari jantung 

- Gangguan mata seperti glaukoma maupun ablasi retina

- Cedera atau rasa tidak nyaman pada leher

- Tekanan darah tinggi

- Cangkok tulang gigi

4 dari 4 halaman

Manfaat Sikap Lilin

Manfaat Sikap Lilin 

Sikap lilin menjadi favorit banyak orang tidak hanya karena kemudahan dalam melakukannya, namun juga karena melakukan sikap lilin, dapat memberikan sejumlah manfaat kesehatan bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat sikap lilin bagi kesehatan :

1. Memberi efek relaksasi

Manfaat yang pertama adalah memberi efek relaksasi. Sikap lilin termasuk ke gerakan yang menenangkan. Karena gerakan ini membuat tubuh beralih ke sistem saraf parasimpatis. Sistem saraf parasimpatis sendiri bertugas mengatur berbagai aktivitas tubuh saat istirahat.

2. Memperbaiki kualitas tidur 

Sikap lilin yang dibarengi dengan gerakan senam lantai atau pose yoga lainnya merupakan olahraga yang tepat untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Efek kebugaran tubuh dan relaksasi dari gerakan ini bisa membantu tidur lebih nyenyak di malam hari. 

3. Memperbaiki suasana hati

Berhubungan dengan efek relaksasi, sikap lilin mampu memperbaiki suasana hati, mengurangi kecemasan dan stres. Senam yang dilakukan secara rutin dapat mengatasi gejala depresi ringan dan membantu memperbaiki suasana hati.

4. Mengatasi nyeri punggung 

Sikap lilin tergolong sebagai terapi inversi. Terapi inversi sendiri merupakan salah satu cara untuk mengatasi nyeri punggung bawah. Terapi inversi mengharuskan anda berada dalam posisi terbalik untuk meregangkan tulang belakang. Dengan melawan gravitasi, tekanan pada punggung bawah akan berkurang sehingga nyeri juga ikut berkurang.

5. Membantu kerja sistem limfatik

Sistem limfatik berfungsi menghilangkan limbah di tubuh. Dalam melakukan tugasnya, sistem limfatik menggunakan gerakan alami jaringan otot polos. Sikap lilin dapat membantu drainase limfatik dalam membuang limbah dan racun dalam tubuh. 

6. Meregangkan otot leher dan bahu

Sikap lilin tergolong gerakan senam lantai yang bertujuan untuk melatih otot bahu dan leher. Gerakan ini sangat bermanfaat bagi anda yang sering duduk dalam waktu yang lama, dengan melakukan sikap lilin, otot anda yang tegang akan kembali relaks. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.