Sukses

Signifikan adalah Sesuatu yang Dapat Memberikan Pengaruh, Ketahui Contohnya

Signifikan adalah sesuatu yang bisa memberikan pengaruh karena dianggap penting.

Liputan6.com, Jakarta Signifikan adalah sesuatu yang bisa memberikan pengaruh, serta dianggap penting. Signifikan adalah salah satu kata sifat, sehingga signifikan dapat mengubah kata benda atau kata ganti, biasanya dengan menjelaskannya atau membuatnya menjadi lebih spesifik.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), signifikan adalah penting atau berarti. Kata signifikan  pada umumnya akan digunakan dalam dunia pendidikan, salah satunya ketika Anda ingin melakukan penelitian. Signifikan dalam dunia penelitian, dapat membantu Anda ketika merumuskan hipotesis atau dugaan sementara, yang menentukan bahwa hipotesis tersebut akan diterima atau tidak. 

Signifikan adalah sesuatu yang dapat memberikan pengaruh, sehingga masih banyak orang yang menggunakan kata ini untuk berbagai macam konteks dan situasi. Salah satu contoh penggunaan kata signifikan adalah "Sebagaimana dinyatakan pada bagian I, minat baca merupakan salah satu faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca." Arti kata signifikan, akan merujuk pada perbedaan dari sebelumnya, dalam hal ini berkaitan dengan kuantitas.

Berikut ini contoh penggunaan kata signifikan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/11/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Signifikan

Signifikan adalah sesuatu yang benar-benar berbeda atau nyata, yang secara etimologi kata “Signifikan” berasal dari bahasa Inggris “Significant” yang artinya sesuatu yang penting “dalam suatu persoalan”. Tak hanya itu, signifikan adalah sesuatu/ seseorang yang dianggap penting atau berarti karena dapat memberikan pengaruh atau dampak, dan tidak bisa lepas dari suatu persoalan.

Signifikan merupakan salah satu kata sifat yang bermakna, di mana saat Anda ingin menggambarkan bentuk ekspresi, menyiratkan pemikiran yang mendasari dan tidak terekspresikan, yang keberadaannya ditunjukkan dengan jelas meskipun sifatnya yang tepat dibiarkan terkaan. Signifikan bermakna menyiratkan pemahaman rahasia dan intim, antara orang-orang yang terlibat. 

Kata signifikan sering digunakan untuk menyatakan pengaruh dari suatu permasalahan tertentu, contohnya pada kalimat, “Pada Idul Fitri kali ini, tidak terjadi lonjakan signifikan pada harga bahan-bahan makanan pokok”. Pada kalimat ini kata signifikan memiliki makna bahwa kenaikan harga bahan makanan pokok tidak besar, tidak seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

3 dari 5 halaman

Pengertian Signifikan dalam Penelitian dan Statistika

Signifikan dalam Penelitian

Adapun pengertian signifikan yang sering digunakan dalam penelitian adalah, tingkat kepercayaan terhadap suatu hipotesis atau dugaan sementara, yang akan menentukan apakah hipotesis tersebut akan diterima atau tidak. Kata signifikan juga kerap dipakai untuk merumuskan hasil suatu penelitian. Kata signifikan ini juga banyak digunakan pada hasil riset, seperti “penelitian ini mengandung kebenaran yang cukup signifikan, yaitu hingga 98%”.

Kata signifikan merujuk terhadap tingkat kebenaran, yang kaitannya tidak terlepas dari permasalahan tertentu. Oleh sebab itu, suatu hipotesis pada penelitian dapat diterima, berlaku dan digeneralisasikan pada populasi.

Signifikan dalam Statistika

Signifikan memiliki arti yang berbeda dengan konteks yang sudah dicontohkan sebelumnya. Tak hanya digunakan dalam penelitian, kata signifikan dalam dunia statistika merupakan jawaban benar ada atau nyata. Statistika adalah ilmu yang mempelajari sesuatu terkait hipotesis tersebut diterima atau tidak. Ketika sebuah hitungan dapat menghasilkan kesimpulan yang signifikan, berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut diterima. Namun jika hasilnya tidak menunjukan hal yang terlalu signifikan berarti kemungkinan besar hipotesis tersebut ditolak.

 

4 dari 5 halaman

Contoh Pemakaian Kata Signifikaan

- Penderita HIV AIDS di Indonesia mulai mengalami peningkatan signifikan, dalam dua tahun belakangan ini. 

- Pada pemilihan daerah tahun ini, pasangan nomor urut 2 mendapatkan jumlah suara yang signifikan.

- Dina seorang dokter residen tahun kedua mendapatkan nilai yang signifikan, setelah membantu operasi Presiden.

-  Devi mendapat peningkatan signifikan pada penghasilannya setelah ia diberikan promosi kenaikan jabatan.

- Jika pemerintah mulai melakukan pembangunan jalan-jalan yang rusak, akan memberikan dampak yang signifikan bagi kemajuan transportasi.

- Adanya perubahan signifikan yang terjadi, terhadap berbagai kebijakan yang ada di Indonesia.

- Di akhir September 2003 angka itu meningkat signifikan menjadi 3729 kasus.

- Kehati-hatian dalam merespons persoalan menjadi sangat signifikan dalam menjaga stabilitas politik di wilayah ini.

- Sebagaimana dinyatakan pada bagian I, minat baca merupakan salah satu faktor yang berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca.

5 dari 5 halaman

Contoh Pengaplikasian Kata Signifikan

Signifikan suatu hal yang dianggap penting, sehingga dapat membarikan pengaruh. Oleh karena itu, ada beberapa contoh pengaplikasian kata, yang bisa Anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. 

- Sejak dokter Candra dilantik, terlihat pencapaian yang cukup signifikan

- Semenjak terpilihnya Presiden Joko Widodo, ekonomi di Indonesia mengalami lonjakan yang cukup signifikan.

- Kasus KDRT sekarang, menunjukan peningkatan yang signifikan, terutama pasangan muda yang baru menikah. 

- Harga barang melonjak secara signifikan, saat mendekati hari keagamaan.

Melalui contoh ini, maka perlu dipahami bahwa arti kata signifikan merujuk pada perbedaan dari sebelumnya, dalam hal ini berkaitan dengan kuantitas. Namun dalam KBBI dijelaskan bahwa pengertian dari signifikan adalah penting atau berarti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.