Sukses

PT Pratama Abadi Industri, Produsen Sepatu Terkenal NIKE Asal Indonesia

Profil PT Pratama Abadi Industri, serta sejarah berdiri dan berkembangnya PT Pratama Abadi Industri.

Liputan6.com, Jakarta PT Pratama Abadi Industri adalah perseroan terbatas yang kepemilikan modalnya saat ini berasal dari Korea. Berlokasi di Jalan Raya Serpong Km 7 Pakualam Serpong Tangerang Selatan, PT Pratama Abadi Industri merupakan perusahaan manufaktur pembuatan sepatu untuk pemasaran luar negeri seperti Amerika dan sejumlah negara Eropa. 

PT Pratama Abadi Industri merupakan salah satu perusahaan besar yang memproduksi sepatu terkenal NIKE asal Indonesia. Memiliki pengalaman dan sejarah panjang dalam memproduksi sepatu, PT Pratama Abadi Industri memiliki 25 tahun pengalaman dalam kontraktor sepatu olahraga.

Memiliki komitmen yang kuat dalam memproduksi sepatu olahraga yang berkualitas tinggi, PT Pratama Abadi Industri menjadi salah satu produsen sepatu yang berhasil mendapatkan license untuk pembuatan sepatu NIKE, yang memiliki sejumlah standarisasi dalam pembuatan sepatu yang berkualitas.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari laman resmi PT Pratama Abadi Industri  di pratama.co.id pada Rabu (30/11/2022), profil PT Pratama Abadi Industri, serta sejarah berdiri dan berkembangnya PT Pratama Abadi Industri.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Pratama Abadi Industri

Profil PT Pratama Abadi Industri 

PT.Pratama Abadi Industri dianggap sebagai salah satu produsen sepatu yang memiliki sejarah panjang dalam memproduksi sepatu atletik merk NIKE di Indonesia. Didukung oleh dua barik yaitu Pabrik Serpong (Kantor Pusat) dan Pabrik Sukabumi, PT Pratama Abadi Industri mampu memproduksi 2 juta pasang sepatu atletik berkualitas tinggi setiap bulannya. 

PT Pratama Abadi Industri juga menyediakan dan melengkapi setiap pabriknya dengan mesin teknologi modern dan didukung oleh tim berpengalaman mereka yang berkomitmen untuk memproduksi sepatu atletik dengan kualitas tinggi yang terjaga.

PT. Pratama Abadi Industri adalah Perusahaan Penanaman Modal Asing yaitu dari Korea, yang bergerak di bidang pembuatan sepatu atletik untuk merek NIKE. Saat ini PT. Pratama Abadi Industri memiliki dua pabrik, yaitu :

1. PT Pratama Abadi Industri ( IR )

Pabrik PT Pratama Abadi Industri yang pertama adalah pabrik yang berlokasi di Tangerang Selatan, Banten,Indonesia. Dibentuk pada tahun 1989, pabrik ini tetap berdiri kokoh hingga sekarang dan terus memproduksi lini produk sepatu olahraga NIKE. memiliki luas tanah 190.000 SQM, setidaknya terdapat 8.712 orang karyawan dengan 13 jalur perakitan.

2. PT Pratama Abadi Industri (JX)

Pabrik kedua berlokasi di Sukabumi, Jawa Barat. Mulai beroperasi pada Januari 2011. PT Pratama Abadi Industri (JX) juga turut memproduksi lini produk sepatu olahraga NIKE. berdiri di tanah seluar 420.000 meter persegi, terdapat setidaknya 22.576 orang karyawan yang bekerja disini dengan 39 jalur perakitan.

Visi, Misi dan Nilai Inti PT Pratama Abadi Industri

Visi : Menjadi Perusahaan Sepatu Kelas Dunia

Misi : Memimpin Perubahan Untuk Menjadi Partner Bisnis yang Berkelanjutan

Nilai Inti :

- Kerja sama dan kerja tim

- Rasa memiliki

- Kualitas no 1

- Berani untuk benar

- Berpikir terbuka

Penghargaan 

- Pemenang Penghargaan SP'04 "Best Buy" dari US Runner's World Magazine untuk Air Perseus tahun 2005

- Penghargaan Shoe Dog untuk Nike Dynamotion tahun 2006, 2007, 2008

- Penghargaan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan Dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup tahun 2011

- Pemenang Penghargaan Editor's Choice dari US Runner's World Magazine untuk Air Pegasus 05 tahun 2013

- Pembina Terbaik Tenaga Kerja Perempuan tahun 2013

- Pemenang 1 Jamsostek Jabar Award tahun 2013

- Juara 1 Perusahaan Terbaik Bogor Custom tahun 2013

3 dari 4 halaman

Sejarah PT. Pratama Abadi Industri

PT. Pratama Abadi Industri berdiri pada tanggal 12 Juni 1989, pada saat pendiriannya kepemilikan modal merupakan investor asing yang berasal dari Korea yang bernama Mr. Soe Yeoung Yul. Dimana biaya investasi yang dikeluarkan pada saat itu sekitar $ 5.000.000. 

Berikut lini masa sejarah perkembangan PT. Pratama Abadi Industri :

1989 : PT. Pratama Abadi Industri berdiri

1990 : Mulailah memproduksi permintaan sepatu Nike

1996 : Penghargaan hari ekspor - dari Perdana Menteri Republik Korea

1996 : Divisi cetakan didirikan

1997 : Program MESH (Manajemen-Lingkungan-Keselamatan-Kesehatan) dilaksanakan

1998 : Bersertifikat ISO 9001 tepatnya pada bulan Februari 1998)

1999 : HIV/AIDS Aware Award from APINDO (Indonesia Business Association)

1999 : Penghargaan Apresiasi Pendidikan dari Yang Mulia Bapak BJ. Habibie, Presiden Republik Indonesia

2000 - 2010 : Periode Ekspansi

2000 : Ekspansi pabrik. Mendirikan 2 Assembling Line lagi (menjadi 10 Assembly Line)

2000 : Memulai Program Aliansi Global untuk pekerja dan masyarakat

2001 : Membangun Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) dengan kapasitas : 400 meter kubik/hari

2002 : Membangun Indonesia Develop Center (IDC), Memulai Bisnis IDC

2004 : Ekspansi pabrik. Memperluas 2 jalur perakitan menjadi 6 jalur NOS (termasuk jalur percontohan NOS)

2005 : Mendirikan fasilitas baru - PU Puck (3 jalur)

2005 : Ekspansi pabrik. Memperluas 4 jalur NOS dan 2 jalur langsung. Menjadi total 10 jalur langsung dan 10 jalur NOS

2005 : Pratama ditunjuk sebagai anggota Manufacturing Leadership Partner oleh Nike

2006 : Perluasan gedung IDC (bangun lantai 3)

2006 : Tim Nike Footwear pindah ke IDC

4 dari 4 halaman

Kebijakan Kesetaraan Gender

PT. Pratama Abadi Industri menjadi salah satu perusahaan yang dengan aktif menerapkan kebijakan kesetaraan gender di tempat kerja. PT. Pratama Abadi Industri berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kesetaraan gender di perusahaannya dengan mengatur sejumlah kebijakan yang dapat mendukung kesetaraan gender.

Pada tahun 2022, laporan data demografi karyawan Grup Pratama menunjukkan bahwa lebih dari 80 persen karyawan terdiri dari wanita. Kondisi saat ini menjadi alasan mengapa kita perlu memberdayakan perempuan dan menciptakan kesetaraan gender di tempat kerja.

Dalam hal mendukung kesetaraan gender di tempat kerja, PT Pratama Abadi Industri berkomitmen untuk menghormati keberagaman, inklusi, dan kesetaraan untuk menciptakan tempat kerja yang adil, transparan, dan nyaman bagi seluruh karyawan serta tidak mengganggu hak-hak karyawan. 

Selain itu, kami telah menetapkan tujuan untuk meningkatkan jumlah pemimpin perempuan pada tahun 2025 seperti data di bawah ini. Berikut ini langkah-langkah yang dilakukan PT. Pratama Abadi Industri untuk mencapai tujuan di atas, yaitu :

1. Menghilangkan stigma negatif dan diskriminasi di tempat kerja.

2. Meningkatkan kesadaran seluruh karyawan dan pimpinan terhadap hak dan kewajiban terkait keberagaman, khususnya gender. 

3. Memberikan hak, kesempatan, perlakuan, akses, dan fasilitas sesuai dengan kondisi dan atau keragaman karyawan (terutama gender) dalam seluruh proses rekrutmen, promosi, pengembangan diri dan keterampilan, evaluasi dan promosi atau pengembangan karir, pengupahan, penanganan kekerasan dan pelecehan, saran dan keluhan, transportasi dan akomodasi serta hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawan.

4. Meningkatkan akses dan mendorong dan/atau memberdayakan pegawai, khususnya perempuan, terkait dengan pengembangan/pelatihan, khususnya di bidang non-tradisional untuk meningkatkan posisi, peran dan kualitas perempuan guna meningkatkan keterwakilan perempuan melalui program pengembangan karir.

5. Mendengarkan, menanggapi, dan bertindak atas suara seluruh karyawan tanpa terkecuali.

6. Melindungi karyawan terutama wanita dari kekerasan dan pelecehan.

7. Menyediakan fasilitas kerja bagi pekerja perempuan seperti toilet, tempat ibadah, ruang laktasi, kantin, klinik, transportasi dan meningkatkan fasilitas yang ramah ibu dan anak.

8.Perusahaan berkomitmen membuka peluang dan memberikan akses kepada rekan kerja

penyandang disabilitas untuk bekerja sama dengan PT Pratama Abadi Industri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.