Sukses

PT Sritex, Perusahaan Tekstil Indonesia yang Diakui Berbagai Negara

PT Sritex bergerak di bidang produksi tekstil dan garmen yang cukup terkemuka tidak hanya di Indonesia tapi juga sampai Asia Tenggara.

Liputan6.com, Jakarta PT Sri Rejeki Isman Tbk atau lebih populer dengan nama PT Sritex merupakan  sebuah perusahaan tekstil yang berkantor pusat di Sukoharjo, Jawa Tengah. Untuk mendukung kegiatan bisnisnya, perusahaan ini juga memiliki sebuah kantor perwakilan di Jakarta.

PT Sritex bergerak dibidang produksi tekstil dan garmen yang cukup terkemuka tidak hanya di Indonesia tapi juga sampai Asia Tenggara. Kualitas hasil produksi PT Sritex telah mendapat pengakuan dari berbagai negara. Hal ini membuat PT Sritex dipercaya untuk memproduksi barang-barang dari berbagai brand ternama.

Perusahan tekstil yang bermula dari usaha perdagangan tekstil di Pasar Klewer ini telah membuktikan dirinya mampu bersaing dengan perusahaan tekstil lain di kancah internasional. Berikut ulasan Liputan6.com tentang PT Sritex yang dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (30/11/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Sejarah Berdirinya PT Sritex

PT Sritex bermula dari usaha perdagangan tekstil yang didirikan oleh HM. Lukminto pada 1966 di Pasar Klewer, Solo dengan nama UD Sri Redjeki. Dua tahun setelahnya atau pada 1968, UD Sri Rejeki mendirikan sebuah pabrik di Joyosuran, Solo untuk memproduksi kain mentah dan bahan putihan. 

Pada 1978, nama dan badan usaha UD Sri Redjeki diubah menjadi PT Sri Rejeki Isman yang terdaftar dalam Kementrian Perdagangan sebagai perseroan terbatas. Pada 1982, PT Sri Rejeki Isman  mengembangkan usaha dengan mendirikan pabrik penenunan pertamanya. 

Pada 1984, perusahaan ini dipercaya memproduksi seragam militer untuk pasukan militer NATO dan militer Jerman. Pada 1992, PT Sri Rejeki Isman i memperluas pabriknya, sehingga dapat menampung empat lini produksi sekaligus, yakni pemintalan, penenunan, penyelesaian, dan garmen. 

Pada 2013, PT Sri Rejeki Isman atau PT Sritex perusahaan ini resmi menjadi perusahaan terbuka dan menjual sahamnya di Bursa Efek Indonesia. Pada 2018, Pt Sritex mengakuisisi PT Primayudha Mandirijaya dan PT Bitratex Industries untuk meningkatkan kapasitas pemintalannya. 

Selain terus mengembangkan usaha PT Sriteks juga turut membantu perekonomian wilayah tempat perusahaannya berada. PT Sritex menjadi salah satu penyedia lapangan pekerjaan bagi warga Sukoharjo dan sekitarnya. Pada 2001 PT Sritex selamat dari Krisis Moneter di tahun 1998 dan turut membantu warga sekitar untuk melewati masa krisis. Selain itu, Perusahaan ini  berhasil melipatgandakan pertumbuhannya sampai 8 kali lipat dibanding waktu pertama kali terintegrasi pada tahun 1992.

Pada awal pandemi 2020, PT Sritex juga berhasil mendistribusikan 45 juta masker hanya dalam waktu tiga minggu. Ini merupakan upaya membantu pemerintah menekan persebaran virus Covid-19. Seakan tidak terpengaruh dengan adanya pandemi, pada tahun yang sama Sritex untuk pertama kalinya mengekspor produknya ke Filipina. 

Saat ini, Sritex memusatkan sebagian besar kegiatan produksi di lahan seluas 79 hektar di Sukoharjo. Selain dari warga sekitar Sukoharjo dan warga Indonesia, Sritex juga mempekerjakan sejumlah tenaga profesional dari luar negeri, seperti dari Korea Selatan, Filipina, India, Jerman, dan Tiongkok. Klien besar Sritex antara lain H&M, Walmart, KMart, dan Jones Apparel.

3 dari 4 halaman

Visi Misi PT Sritex

Visi

Menjadi produsen tekstil dan garmen global terbesar, paling terkemuka, dan terpercaya.

Misi

- Untuk memberikan produk paling inovatif sesuai dengan kebutuhan dan keinginan konsumen.

- Menjadi perusahaan yang menguntungkan dan berorientasi pada pertumbuhan untuk semua kepentingan pemangku kepentingan.

- Untuk menyediakan dan memelihara lingkungan kerja yang kondusif bagi karyawan kami.

- Memberikan kontribusi dan peningkatan nilai bagi masyarakat sekitar.

4 dari 4 halaman

Produk PT Sritex

PT Sritex tidak hanya memproduksi bahan tekstil berupa kain dan benang saja, melainkan juga pakaian jadi. Berikut produk yang dihasilkan PT Sritex:

Kain Mentah

Pengalaman panjang Sritex dalam proses tenun telah tercermin menjadi berbagai macam produk yang telah sukses memenuhi kebutuhan pelanggan. Proses tenun adalah proses mengolah benang menjadi kain mentah siap pakai. Kain mentah Sritex diakui memiliki standar yang tinggi dan istimewa seperti. Kain ini menjadi bahan baku untuk menghasilkan produk akhir yang baik. Kain mentah produksi Sritex telah dipasarkan secara luas baik di dalam dan luar negeri.

Kain Cetak

Dengan pengalaman lebih dari 50 tahun dalam pewarnaan dan printing kain, Pt Sriteks memimpin sebagai produsen tekstil kelas dunia. Proses pewarnaan dan printing digital mengubah kain mentah menjadi bahan jadi. Sritex memproduksi kain cetak berdasarkan pesanan dari konsumen maupun desain-desain terbaru dari berbagai negara, seperti Turki dan Tiongkok.

Benang

Sritex menjadi salah satu pemasok benang berkualitas untuk pabrik tekstil di berbagai negara seperti Amerika Serikat, Tiongkok, Spanyol, Argentina,Brasil, Jepang dan Korea Selatan. Divisi pemintalan mengubah serat menjadi benang berkualitas. PT Sritex secara berkelanjutan terus mengadopsi teknologi terbaru untuk meningkatkan efisiensi produk serta menyediakan beragam pilihan benang.

Pakaian Jadi

Sritex telah berhasil membangun pusat destinasi untuk produk fashion dengan berdirinya unit Garmen. Divisi Garmen mengubahkan kain menjadi pakaian jadi yang terbagi dalam 2 kategori, yaitu garmen Fashion dan garmen Seragam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini