Sukses

Switch Adalah Komponen Jaringan Komputer, Ketahui Jenis dan Kegunaannya

Switch adalah salah satu komponen jaringan, yang menghubungkan dau atau bahkan lebih komputer dalam satu jaringan.

Liputan6.com, Jakarta Switch adalah salah satu komponen, yang bisa menghubungkan perangkat di dalam jaringan. Umumnya switch mencakup jaringan area lokal atau LAN, dan meneruskan paket data ke perangkat dan dari perangkat tersebut. Tidak seperti router, switch hanya berfungsi mengirimkan data ke satu perangkat yang dimaksudkan untuknya, bukan ke beberapa jaringan perangkat.

Switch adalah komponen perangkat keras, yang bertanggung jawab untuk menyampaikan data dari jaringan ke endpoint tujuan melalui packet switching, identifikasi alamat MAC, dan sistem jembatan multiport. Switch merupakan salah satu komponen jaringan komputer, yang berfungsi untuk menghubungkan beberapa perangkat komputer agar dapat saling bertukar paket, menerima, hingga mengolah dan meneruskan data ke perangkat lain.

Switch adalah jenis komponen pada jaringan komputer, yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB sehingga membentuk jaringan komputer yang lebih besar, serta membutuhkan bandwidth yang cukup besar pula. Akan tetapi tidak seperti HUB, sakelar atau switch biasanya bekerja dengan cara yang lebih fokus, efisien, dan langsung menargetkan alamat yang dituju untuk melakukan pertukaran data, pemrosesan, dan pengiriman data.

Berikut ini jenis dan kegunaan switch yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (1/12/2022). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti Switch

Switch adalah komponen jaringan, yang bisa menghubungkan dan mengirimkan paket data ke perangkat dan dari perangkat di jaringan area lokal (LAN). Meskipun berada jauh dari router, switch hanya mendistribusikan informasi ke satu perangkat yang dirancang untuk itu, termasuk beberapa switch lain, router, atau komputer pengguna, bukan ke beberapa perangkat dalam jaringan.

Switch jaringan dapat menghubungkan perangkat jaringan ke printer, komputer, dan perangkat nirkabel/titik akses, dan memungkinkan pengguna untuk bertukar paket data. Switch bisa berupa perangkat virtual berbasis perangkat keras, maupun perangkat lunak yang mengatur sistem fisik. Dalam sistem jaringan saat ini, switch dapat membuat sebagian besar peralatan jaringan.

Sebuah switch jaringan dapat bekerja pada data link Layer 2, dari arsitektur Open System Interconnection (OSI). Switch dapat menerima paket dari titik akses yang ditautkan ke port fisik, yang kemudian akan mengirimkannya hanya melalui port yang menuju ke perangkat tujuan.

3 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Switch

1. Switch yang dikelola

Switch terkelola sering terlihat dalam pengaturan komersial dan perusahaan,yang mampu memberikan kapasitas dan kemampuan yang lebih besar untuk pakar TI. Dalam melakukan konfigurasi sakelar terkelola, maka antarmuka baris perintah digunakan. Sakelar yang dikelola secara substansial lebih mahal daripada sakelar yang tidak dikelola karena fungsionalitas tambahannya.

2. Switch yang tidak dikelola

Switch yang tidak dikelola, memiliki konfigurasi yang ditetapkan. Sakelar yang tidak dikelola hanya memperluas koneksi Ethernet LAN, sehingga memungkinkan koneksi internet, ditambahkan ke perangkat lokal. Sakelar yang tidak dikelola menggunakan alamat MAC perangkat untuk mengirimkan data bolak-balik. 

3. Switch Power over ethernet (POE)

Kemampuan PoE membuat pemasangan perangkat IoT dan perlengkapan lainnya lebih cepat, lebih sederhana, dan lebih aman. PoE merupakan salah satu metode untuk memasok daya DC ke perangkat berdaya rendah melalui kabel LAN. Sakelar berkemampuan PoE juga lebih aman, karena keluaran daya rendah dan dikelola dengan cerdas.

4. Switch jaringan area lokal (LAN)

Sakelar LAN, kerap digunakan untuk menghubungkan lokasi di LAN internal perusahaan. Switch ini mampu mengalokasikan bandwidth secara efisien, sehingga mencegah paket data tumpang tindih saat mereka melakukan perjalanan melalui jaringan. 

5. Switch pintar

Sakelar terkelola memiliki karakteristik yang melampaui sakelar yang tidak dikelola, namun masih tidak konvensional. Oleh karena itu, mereka lebih maju daripada sakelar yang tidak dikelola tetapi lebih murah daripada sakelar yang dapat dikontrol sepenuhnya.

6. Switch modular

Sakelar atau switch modular memungkinkan Anda untuk menambahkan modul ekstensi sesuai kebutuhan, serta dapat memberikan fleksibilitas yang lebih besar seiring pertumbuhan jaringan. Modul perluasan untuk koneksi nirkabel, firewall, dan analisis jaringan adalah beberapa contoh opsi perluasan khusus aplikasi.

4 dari 5 halaman

Jenis-Jenis Switch

7. Switch konfigurasi tetap

Sakelar konfigurasi tetap memiliki jumlah port yang tetap, sehingga dapat terjangkau dari waktu ke waktu. Switch ini memiliki jumlah port Ethernet yang telah ditentukan, misalnya, 8 Port Gigabit, 16 port, 24 port, dan 48 port, antara lain. 

8. Switch yang dapat ditumpuk

Sakelar yang dapat ditumpuk bisa mengoptimalkan jaringan sekaligus, dalam meningkatkan keandalannya. Dengan sakelar yang dapat ditumpuk, bisa berfungsi sebagai sakelar tunggal yang didukung oleh agen SNMP/RMON tunggal, satu domain, hanya satu antarmuka baris perintah (CLI), atau antarmuka Web.

9. Switch lapisan tiga

Switch adalah bagian dari lapisan Layer 2 model OSI, yang berfungsi pada lapisan jaringan data, dan tugas utama mereka adalah meneruskan frame ethernet secepat mungkin dari satu port ke port lainnya. Sakelar Layer 3 adalah gabungan dari perangkat Layer 2 dan 3, serta dapat menjalankan protokol perutean dinamis.

10. Switch pusat data

Pusat data hampir digunakan oleh organisasi besar, untuk melakukan konsolidasi aset dan jaringan TI mereka ke dalam beberapa pusat data besar. Hal ini bertujuan untuk memudahkan administrasi, manajemen, dan alasan lainnya. Rangkaian perangkat Cisco Nexus adalah contoh yang sangat baik dari sakelar Pusat Data. 

11. Beralih dengan port serat optik

Konektor RJ45 akan terhubung ke kabel ethernet standar, dan merupakan antarmuka sakelar yang paling umum. Port serat optik pluggable adalah faktor dengan bentuk kecil. Kebanyakan kasus, port serat optik digunakan untuk terhubung ke sakelar jarak jauh lainnya, baik di dalam gedung yang sama atau di fasilitas yang berjarak beberapa kilometer.

12. Switch keyboard, video, dan mouse (KVM)

Sakelar atau switch ini bisa menghubungkan banyak komputer ke keyboard, mouse, atau monitor, dan kerap digunakan untuk mengontrol grup server sambil melepas kabel dari desktop. Sakelar KVM merupakan antarmuka yang sangat baik untuk pengguna yang ingin menangani banyak mesin dari satu konsol. 

5 dari 5 halaman

Nilai dan Kegunaan Switch

- Nilai switch jaringan

Melansir dari laman Networkworld, switch adalah komponen jaringan yang sangat penting, serta digunakan pada perusahaan modern saat ini. Karena kemampuannya untuk mengaktifkan konektivitas nirkabel, juga mendukung perangkat Internet of Things dan gedung pintar, akan membantu menciptakan operasi yang lebih berkelanjutan.

Switch modern sekarang, memiliki kemungkinan untuk menyertakan teknologi Power over Ethernet (PoE) yang dapat menghasilkan daya hingga 100W untuk mendukung perangkat yang terhubung ke jaringan. Adapun data yang dikumpulkan dan ditransmisikan dari perangkat IoT, dapat dikumpulkan oleh sebuah sakelar dan diterapkan pada kecerdasan buatan dan algoritma pembelajaran mesin, untuk membantu mengoptimalkan lingkungan yang lebih cerdas.

- Kegunaan switch jaringan

Di jaringan yang lebih besar, switch kerap digunakan untuk memindahkan lalu lintas untuk analitik. Switch terus digunakan di pusat data besar dan lingkungan cloud, di mana dilakukan secara bersamaan dengan inovasi baru seperti teknologi kembar digital, konsolidasi kabel jaringan, dan lingkungan SD-WAN.

Pada dasarnya, switch jaringan dengan cepat dan efisien mengirimkan paket dari perangkat A ke perangkat B. Switch merupakan salah satu bagian penting dari arsitektur jaringan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.