Sukses

When Artinya Kapan, Ketahui Sinonim dan Perbedaannya dengan Kata While

When artinya dalam kamus adalah kapan.

Liputan6.com, Jakarta When artinya dalam kamus adalah kapan, yang dalam penggunaanya bisa menunjukkan waktu terjadinya suatu aksi ataupun peristiwa. Untuk penggunaan kata when, memang dapat dipakai untuk semua jenis kalimat, baik itu kalimat present, past tense, ataupun future tense.

When artinya kapan, yang kerap digunakan untuk menggambarkan suatu peristiwa yang terjadi secara berulang. Kata when digunakan saat peristiwa tersebut saling berkaitan, atau dapat menimbulkan aksi lain dengan segera setelah satu aksi dilakukan. Kata when juga bisa dipakai untuk suatu peristiwa yang berlangsung, namun telah selesai di masa lalu.

When artinya kapan, biasanya digunakan dalam kalimat tanya bahkan termasuk rumus dalam 5W + 1H. Arti when di kamus ada berbagai macam, diantaranya kapan, walau, meskipun, jikalau. Ada juga arti when lainnya yakni ketika, kalau, sewaktu, tatkala, bilamana, tempo, jika, dan seterusnya.

Berikut ini arti when dan penggunaannya yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal Arti When

When artinya dalam bahasa Inggris, kerap digunakan dalam percakapan sehari-hari. Adapun arti when di kamus sebenarnya digunakan untuk menunjukkan waktu berlangsungnya suatu kejadian, ataupun bahkan ketika ada dalam kegiatan tertentu. Waktu yang ditujukan dalam kata whe, merujuk pada kejadian yang terjadi di masa lampau ataupun sekarang. Dalam penggunaannya juga disesuaikan dengan waktu terjadinya peristiwa tersebut, sehingga when juga bisa digunakan untuk beragam jenis kalimat baik itu present, past, ataupun future.

Melansir dari wordsmile.com, penggunaan kata when bisa untuk menghubungkan waktu yang saling terkait. Sehingga peristiwa akan terjadi kapan saja atau bahkan dapat menunjukkan kejadian di masa mendatang. Rumusnya yakni Simple Future Tense + Time Clause (When +Simple Present).

Kata when juga digunakan untuk menghubungkan waktu, jika peristiwa tersebut juga diikuti peristiwa lainnya. Sehingga dalam satu waktu dapat terjadi dua atau lebih aksi. Rumus when jika sesuai dengan penggunaan ini maka Main Clause (Simple Present Tense) + Time Clause (When + Simple Present Tense). Bahkan when digunakan untuk menghubungkan waktu jika peristiwa tersebut merupakan interupsi atau pemotongan dari peristiwa lain yang sedang berlangsung dengan durasi yang lama serta terkait masa lampau, dengan rumus Main Clause (Past Continuous Tense) + Time Clause (When + Simple Past Tense (Interuption).

 

3 dari 5 halaman

Sinonim Kata When

When artinya kapan ini, sering digunakan sebagai conjunction atau (kata hubung), dalam suatu kalimat. Tak hanya itu saja, ada beberapa sinonim dari when  yang harus Anda ketahui. Meskipun artinya sama, namun cara penggunaannya sesuai dengan waktu. 

- While: Ketika

- During: Selama

- At the moment that: Pada saat itu

- Meanwhile: Sementara itu

- Once: Sekali

- Just when: Hanya ketika

- In what period: Dalam periode apa

 

4 dari 5 halaman

Perbedaan When dan While

When artinya jika dikaji secara sederhana, merupakan kata penghubung untuk dua aksi yang selesai dilakukan pada waktu yang bersamaan (two single actions at the same time). Atau satu aksi yang dilakukan segera setelah aksi lain selesai (one action immediately after another). Sedangkan while merupakan kata hubung untuk aksi kontinu, yang terjadi di waktu yang bersamaan. Untuk rumus penggunaan while dalam kalimat Bahasa Inggris, biasanya menggunakan continuous tenses. 

When dan While meskipun terdengar sama, namun keduanya memiliki arti yang mirip begitu juga dengan penggunaannya yang hampir serupa. Dalam kamus, arti while adalah saat, sebentar, ketika, sementara, sedangkan, dan walaupun yang hampir mirip juga dengan while. Berikut ini beberapa perbedaan yang mendasar dari kata when dan while. 

- Kata while biasanya digunakan sebelum kalimat dengan bentuk continuouse tense.

- Kata while digunakan untuk aksi yang terjadi dalam waktu yang bersamaan, serta waktu yang sedang berlangsung.

- Kata when dapat dipakai untuk peristiwa di masa lalu yang sudah terjadi sangat lama.

- Kata when dapat dipakai juga untuk menunjukkan peristiwa terkait usia di masa lampau, serta digunakan dalam satu waktu bersamaan untuk dua aksi yang telah selesai.

 

5 dari 5 halaman

Contoh Kalimat When

Melansir dari laman wordsmile, when digunakan berbeda pada berbagai macam tense seperti present, past dan future. Beberapa penggunaannya adalah sebagai berikut. 

Contoh Kalimat

- She’ll show you something when you are at home.

(Dia akan menunjukkanmu sesuatu ketika kamu di rumah.) general time (kapanpun)

- I will buy a mountain bike when I get my salary.

(Saya akan membeli sebuah sepeda gunung ketika saya mendapat gaji.) when (setelah)

When digunakan pada time clause, yang setiap aksi atau situasi di dalamnya akan diikuti aksi lain.

Contoh Kalimat

- Yulia, together with her friends, dines in the restaurant when she is in Bandung.

(Yulia, bersama teman-temannya, makan malam di restoran tersebut ketika dia di Bandung.)

- He apologizes when he comes late.

(Dia meminta maaf ketika dia datang terlambat.)

When digunakan pada time clause yang aksi di dalamnya merupakan interupsi (dengan short duration), baik dari suatu aksi lain yang sedang berlangsung (long duration) dimasa lalu.

Contoh Kalimat

- She was sleeping when you called her.

(Dia sedang tidur ketika kamu meneleponnya.) aksi pada time clause (called) menginterupsi aksi pada main clause

- I was teaching math when the student asked permission to leave the class.

(Saya sedang mengajar matematika ketika siswa tersebut minta ijin meninggalkan kelas.) aksi pada time clause (asked) menginterupsi aksi pada main clause

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.