Sukses

Unboxing Artinya Buka Kemasan, Pahami Makna dan Penggunaannya

Kata unboxing artinya pembongkaran suatu produk.

Liputan6.com, Jakarta Kata unboxing artinya membuka kemasan berdasarkan kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia. Istilah unboxing akhir-akhir ini banyak digunakan masyarakat baik di media sosial maupun kehidupan nyata.

Kata unboxing artinya buka kemasan yang banyak ditemukan dalam transaksi belanja online. Kata unboxing adalah kosakata yang berasal dari bahasa Inggris. Kata ini selain digunakan dalam transaksi belanja online, juga digunakan untuk pembongkaran suatu produk.

Untuk lebih rinci unboxing artinya apa, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai arti unboxing dan penggunaannya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Arti dan Penggunaan Kata Unboxing

Berdasarkan kamus bahasa Inggris-bahasa Indonesia, unboxing artinya buka kemasan. Buka kemasan adalah pembongkaran produk terutama produk konsumen berteknologi tinggi dengan proses yang direkam dalam video dan diunggah ke internet. Barang tersebut kemudian dijelaskan secara terperinci dan terkadang dapat diperagakan juga.

Secara sederhana, kata unboxing artinya pembongkaran suatu produk. Pada umumnya, penggunaan kata unboxing ini digunakan oleh reviewer dari berbagai media sosial. Dengan kata lain, unboxing artinya usaha untuk membuka lalu mengupas tuntas tentang sesuatu guna menilik berbagai hal dari sesuatu itu, salah satunya terkait sebuah barang.

Kata unboxing sangat populer dikalangan masyarakat baik dari remaja hingga orang dewasa menggunakan kata ini ketika akan membuka barang belanjaan online. Kata unboxing ini booming disebabkan oleh kemampuan menampilkan produk dengan tepat apa adanya tanpa pemalsuan apa pun yang biasanya dilakukan pengiklan di sekitar produk. 

Dalam transaksi belanja online, kata unboxing digunakan dalam berupa video. Video tersebut akan di share di platform media sosial, misalnya saja seperti YouTube, Facebook, Instagram, hingga Twitter. 

3 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

1. Humble

Humble adalah istilah bahasa Inggris yang berarti rendah hati dalam bahasa Indonesia. Kata ini biasanya digunakan untuk menggambarkan seseorang yang walaupun sudah terkenal atau banyak harta, namun memiliki sifat yang tidak sombong dan tetap rendah hati.

2. Bae

Bae memiliki arti mirip dengan baby artinya adalah kekasih, kesayangan atau belahan jiwa.

3. Worth it

Worth it artinya adalah setimpal, sepadan, atau layak.

4. Ghosting

Arti ghosting dalam bahasa gaul adalah menghilang secara tiba-tiba tanpa kontak sama sekali.

5. Down to earth

Menggambarkan sifat sederhana dan apa adanya.

6. Simp

Simp artinya sesorang yang melakukan terlalu banyak usaha untuk orang yang mereka sukai. Atau jika disederhanakan, tergila-gila. 

7. High-key dan Low-key

Low-key artinya dengan tenang atau rahasia. Kamu mungkin sering mendengar kalimat, "Keep it low-key" (Jaga ini sebagai rahasia). Sementara itu, high-key kebalikannya. "I high-key want to be there right now," (Aku sangat ingin berada di sana sekarang).

8. Hypebeast

Hypebeast digunakan untuk menggambarkan seseorang yang terlalu peduli pada hal-hal yang populer. 

9. Hang out

Artinya menghabiskan waktu bersama teman seperti jalan-jalan atau berlibur

10. Creep atau creepy

Menggambarkan orang yang aneh atau menyebalkan. Contoh “that man is such a creep, don’t be around him” artinya “orang itu sangat aneh, jangan dekat-dekat dia”.

4 dari 4 halaman

Istilah Lain dalam Bahasa Gaul

11. BRB: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah Be Right Back. Singkatan BRB ini umumnya digunakan untuk menginformasikan ketika kita ingin meninggalkan percakapan untuk sementara waktu.

12. BTW: Merupakan singkatan gaul yang sudah sering digunakan. BTW memiliki kepanjangan By The Way. Istilah gaul BTW sama juga artinya dengan istilah ‘ngomong-ngomong’.

13. CMIIW: adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan di platform media sosial. Kepanjangan kata ini adalah Correct Me If I’m Wrong, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia dapat berarti ‘koreksi jika saya salah’.

14. COD: Adalah singkatan gaul yang banyak digunakan di kalangan anak muda zaman sekarang. Kata ini memiliki kepanjangan Cash On Delivery, yang dalam bahasa Indonesia artinya adalah ‘bayar di tempat’.

15. DM: Merupakan singkatan dari Direct Message, atau pesan yang dikirim langsung melalui fitur pesan di aplikasi instagram.

16. DIY: singkatan dari Do It Yourself, artinya lakukan sendiri atau sesuai keinginanmu.

17. FYI: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang kepanjangannya adalah For Your Information. Kata ini biasa digunakan di media sosial untuk memberitahu tambahan informasi.

18. GG atau GGWP: Merupakan singkatan dari Good Game atau Good Game, Well Played. Singkatan ini biasa digunakan oleh para gamer setelah pertandingan dengan orang lain secara online usai. Kata ini digunakan buat menunjukkan sikap sportif.

19. GWS: Singkatan dari kalimat bahasa inggris Get Well Soon, yang berarti semoga cepat sembuh.

20. ASAP: Adalah singkatan gaul bahasa Inggris yang sering digunakan oleh anak muda yang berarti As Soon As Possible. Kata gaul ini biasanya digunakan untuk menganjurkan kepada teman untuk melakukan sesuatu sesegera mungkin.

21. 4EAE: singkatan dari Forever and Ever yang artinya selama-lamanya.

22. AFAIK: singkatan dari As Far As I Know, artinya sepengetahuanku atau sejauh yang aku tahu.

23. AKA: singkatan dari As Known As, artinya dikenal juga atau alias.

24. Anw: singkatan dari Anyway, artinya ngomong-ngomong.

25. b/c: singkatan dari because, artinya karena.

26. IDK: singkatan dari I Don’t Know, artinya aku tidak tahu.

27. IKR: singkatan dari I Know, Right? artinya aku tahu, kan?

28. IMO: singkatan dari In My Opinion, artinya menurutku.

29. IYKWIM: singkatan dari If You Know What I Mean, artinya kalau kamu tahu maksudku.

30. J/K: singkatan dari Just Kidding, artinya hanya bercanda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.