Sukses

Wednesday Artinya Rabu, Kenali Nama Hari dalam Bahasa Inggris Lainnya

Wednesday artinya adalah hari Rabu, berikut ini daftar nama hari dalam bahasa Inggris lainnya, serta tanggal dan nama bulan dalam bahasa Inggris.

Liputan6.com, Jakarta Wednesday artinya adalah hari Rabu, wednesday artinya adalah kosakata bahasa Inggris yang digunakan untuk menamai hari ketiga yaitu Rabu. Mengenal nama-nama hari, merupakan materi dasar dan penting dalam belajar bahasa Inggris, karena merupakan kosakata yang sering kita gunakan.

Sayangnya banyak orang yang masih bingung dan salah menerjemahkan nama hari dalam bahasa Inggris. Kesalahan yang sering muncul adalah terbalik menerjemahkan nama satu hari menjadi nama hari lainnya. Meski terlihat kecil, kesalahan ini dapat berakibat fatal jika mencangkup jadwal penting.

Mengetahui dan menghafal nama hari seperti wednesday artinya hari Rabu bisa menjadi sangat berguna untuk membuat jadwal pertemuan, mengatur kegiatan, merancang acara dan lain sebagainya. Selain nama hari, penting juga untuk mengetahui tanggal dan bulan dalam bahasa Inggris.

Lebih lengkapnya, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber pengertian wednesday, daftar nama hari dalam bahasa Inggris lainnya, serta tanggal dan nama bulan dalam bahasa Inggris, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Wednesday Artinya

Wednesday artinya hari Rabu, wednesday artinya adalah nama hari ketiga dalam seminggu yaitu hari rabu. Berdasarkan kamus Oxford, kata Wednesday dilafalkan dengan dibaca /ˈwɛnzdeɪ/. Dimana biasanya kata wednesday disingkat menjadi Wed atau pun Weds.

Tak hanya itu, sebenernya arti Wednesday sendiri bila diterjemahkan dalam Bahasa Mandarin, Estonia, dan Latvia memiliki arti “hari ketiga”. Hal ini sesuai dengan kenyataannya bahwa Rabu merupakan hari ketiga dalam satu minggu.

Terdapat fakta menarik dibalik nama wednesday. Menurut cerita wednesday berasal dari dua dewa yang perkasa namun berbeda. Kata bahasa Inggris Kuno untuk hari Rabu menunjukkan bahwa hari itu dinamai untuk dewa Jerman Woden. Dalam bahasa Roman, namanya berasal dari dewa Romawi Merkurius. 

Dewa Woden yang juga dikenal sebagai Odin dan Merkurius telah diasosiasikan sejak budaya Skandinavia dan Romawi bertemu. Di bawah pengawasan Woden, bumi dan langit tercipta dari mayat raksasa bernama Ymir. Wooden juga menciptakan pria dan wanita pertama dari pohon ash dan alder. 

Selain membentuk umat manusia, Woden juga menetapkan hukum alam semesta. Dimana Merkurius adalah utusan para dewa, selain menjadi pelindung sains, seni, pelancong, dan atlet. Saat ini, dia adalah salah satu dewa yang paling dikenal luas. Biasanya, dia digambarkan memakai helm bersayap dan sandal.

Contoh :

- Market days are Monday and Wednesday.

- You've got something planned this weekend, but what about Wednesday night?

- Mira and Amir studied together at the library on Wednesday evenings.

- Her mother was to arrive the next day and stay through the memorial service on the following Wednesday.

3 dari 5 halaman

Nama Hari dalam Bahasa Inggris

Seperti yang sudah diketahui, bahwa terdapat 7 hari dalam 1 minggu, yaitu Senin, Selasa, Rabu, Kamis, Jumat, Sabtu dan Minggu. Berikut ini adalah nama hari-hari dalam bahasa Inggris yang perlu diketahui : 

Senin = Monday.

Selasa = Tuesday.

Rabu = Wednesday.

Kamis = Thursday.

Jumat = Friday

Sabtu = Saturday

Minggu = Sunday

Dalam penulisan hari pada sebuah kalimat, anda perlu menggunakan huruf kapital di awal kata. Selain itu, dalam penulisan di kalimat, anda juga membutuhkan tambahan preposisi seperti "on" untuk hari dalam kalimat.

Contoh:

- Monday is my favorite day of the week because I can sleep all day.

- She works from Monday to Friday every week.

- The meeting is on Tuesday at 11:00.

- I'm free on Wednesday and Friday.

- Their next lesson is on Monday.

4 dari 5 halaman

Tanggal dalam Bahasa Inggris

Selain hari, penting juga untuk memahami bagaimana cara menulis atau menggunakan tanggal dalam bahasa Inggris. Dalam menulis tanggal, umumnya menggunakan ordinal number seperti first dan second. Berikut daftar nama tanggal dalam bahasa Inggris :

1st = First.

2nd = Second.

3rd = Third.

4th = Fourth.

5th = Fifth.

6th = Sixth.

7th = Seventh.

8th = Eighth.

9th = Ninth.

10th = Tenth.

11th = Eleventh.

12th = Twelfth.

13th = Thirteenth.

14th = Fourteenth.

15th = Fifteenth.

16th = Sixteenth.

17th = Seventeenth.

18th = Eighteenth.

19th = Nineteenth.

20th = Twentieth.

21th = Twenty-first.

22nd = Twenty-second.

23rd = Twenty-third.

24th = Twenty-fourth.

25th = Twenty-fifth.

26th = Twenty-sixth.

27th = Twenty-seventh.

28th = Twenty-eighth.

29th = Twenty-ninth.

30th = Thirtieth.

31th = Thirty-first.

Umumnya dalam penulisan tanggal, jika anda mengikuti British English anda memulainya dari menulis hari, baru kemudian bulan dan tahun. Sedangkan pada American English bulan selalu diletakkan pertama.

Contoh:

- Adam's birthday is on April 6th.

- New year's day is on 1st January.

- We are going back home on Saturday, October 1st.

- Her wedding party is on January 7th.

5 dari 5 halaman

Bulan dalam Bahasa Inggris

Menuliskan nama bulan juga penting saat anda membuat jadwal dengan menggunakan bahasa Inggris. Dalam 1 tahun terdapat 12 bulan yang perlu diketahui namanya dalam bahasa Inggris, berikut ini daftar nama bulan dalam bahasa Inggris:

Januari = January.

Februari = February.

Maret = March.

April = April.

Mei = May.

Juni = June.

Juli = July.

Agustus = August.

September = September.

Oktober = October.

November = November.

Desember = December.

Dalam penulisan bulan dalam sebuah kalimat, penting untuk diingat bahwa penulisannya harus menggunakan huruf kapital pada kata pertama serta menggunakan preposisi "in" didepannya.

Contoh:

- She was born in May.

- They are going away on a trip in February.

- The weather is very cold here in December.

- It's very Hot in August.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.