Sukses

PT Fast Food Indonesia, Perusahaan Ritel Makanan Cepat Saji Terkemuka

PT Fast Food Indonesia adalah perusahaan publik yang bergerak dalam bidang ritel makanan cepat saji.

Liputan6.com, Jakarta PT Fast Food Indonesia merupakan perusahaan yang telah dikenal oleh masyarakat sejak lama. Perusahaan ini termasuk ke dalam perusahaan yang bergerak di bidang ritel makanan cepat saji yang banyak diminati masyarakat Indonesia.

PT Fasr Food Indonesia berdiri sejak tahun 1978 dan kini bermarkas di Jakarta. Awal mula berdirinya PT Fast Food Indonesia didirikan dan dimiliki sepenuhnya oleh keluarga Dick Gelael. Kemudian, perusahaan dipegang bersama dengan Salim Group pada 1990 sampai saat ini.

PT Fast Food Indonesia merupakan perusahaan publik yang bergerak dalam bidang makanan dan restoran. Perusahaan ini mengoperasikan Kentucky Fried Chicken Indonesia atau yang dikenal dengan sebutan KFC.

Untuk lebih rinci, berikut ini Liputan6.com ulas mengenai sejarah singkat PT Fast Food Indonesia dan produk-produknya yang telah dirangkum dari berbagai sumber, Rabu (7/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Fast Food Indonesia

PT Fast Food Indonesia adalah  perusahaan publik yang bergerak dalam bidang ritel makanan cepat saji. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1978, awalnya didirikan dan dimiliki sepenuhnya oleh keluarga Dick Gelael. Kemudian, perusahaan dipegang bersama dengan Salim Group pada 1990 sampai saat ini. Saat ini, bagian kepemilikan dari Salim Group dimiliki oleh Indoritel. Komisaris utama dari PT Fast Food Indonesia yakni Anthony Salim dan dibantu oleh wakil komisaris utama yakni Noni Gelael Barki.

Perusahaan ini mengelola merek KFC di Indonesia berdasarkan kerja sama waralaba dengan Yum! Asia Franchise (bagian dari Yum! Brands) yang merupakan grup pemilik waralaba sejumlah merek terkemuka, seperti Pizza Hut dan Taco Bell.

3 dari 5 halaman

Sejarah Singkat PT Fast Food Indonesia

PT Fast Food Indonesia berdiri sejak tahun 1978 yang didirikan dan dimiliki sepenuhnya oleh keluarga Dick Gelael. Kemudian pada tahun 1979, PT Fast Food Indonesia mendapatkan akuisisi waralaba dengan pembukaan gerai pertama pada bulan Oktober di Jalan Melawai di Jakarta. Pembukaan gerai pertama terbukti sukses dan diikuti dengan pembukaan gerai-gerai selanjutnya di Jakarta dan ekspansi hingga ke sejumlah kota besar lainnya di Indonesia antara lain Bandung, Semarang, Surabaya, Medan, Makassar, dan Manado. Sukses membangun merek ini, menanamkan KFC dalam benak konsumennya sebagai merek waralaba cepat saji yang terkenal dan dominan di Indonesia.

Setelah sukses, pada tahun 1990 Salim Group bergabung sebagai salah satu pemegang saham utama semakin mendorong inisiatif ekspansi bisnis Perseroan hingga saat ini. Kemudian PT Fast Food Indonesia mampu menggandeng Yum! Asia Franchise (bagian dari Yum! Brands) yang merupakan grup pemilik waralaba sejumlah merek terkemuka di Amerika Serikat, seperti Pizza Hut dan Taco Bell.

Keberhasilan tersebut, dimanfaatkan PT Fast Food Indonesia untuk menggunakan merek KFC sebagai pemimpin pasar restoran cepat saji di negara ini. Pada akhir 2011, perusahaan mampu mengoperasikan total 421 gerai, yang tersebar di 32 dari 33 provinsi, di lebih dari 95 kota-kota di seluruh Indonesia, dan mempekerjakan sekitar 16.365 karyawan.

4 dari 5 halaman

Produk-Produk Utama dari PT Fasr Food Indonesia

PT Fast Food Indonesia dengan menggunakan nama KFC, mengeluarkan produk-produk makanan cepat saji yang banyak digemari masyarakat Indonesia. Seperti Colonel's Original Recipe dan Hot & Crispy, Menu Goceng, Menu Praktis, dan menu paket kombinasi lainnya. Paket kombinasi lainnya adalah menu praktis yang terdiri atas produk-produk untuk dipesan bawa dan dikonsumsi dengan mudah dalam perjalanan, seperti colonel burger, twister, colonel yakiniku, dll.

Tak hanya itu, produk-produk lain yang ditawarkan adalah  Super Panas dan KFC Attack. Sebagai pelengkap produk-produk utama ini, juga tersedia produk-produk yang disesuaikan dengan selera lokal, antara lain perdekel, nasi, salad, dan sup KFC.

Selain itu pada 2011, perseroan mulai mengembangkan KFC Coffee sebagai layanan baru di semua gerai KFC dengan tipe free-standing atau gerai yang berada di bangunan yang berdiri sendiri, dengan menyajikan rangkaian produk kopi yang berkualitas, disajikan panas maupun dingin. Pelanggan akan dilayani di counter terpisah dengan ruangan duduk tersendiri untuk para pecinta kopi.

5 dari 5 halaman

Visi dan Misi PT Fast Food Indonesia

PT Fast Food Indonesia memiliki visi menjadi merek restoran cepat saji Nomor 1 dl Indonesia dan mempertahankan kepemimplnan pasar dengan menjadi restoran yang termodern dan terfavorit dalam segi produk, harga, pelayanan, dan fasilitas.

Dengan visi tersebut, maka PT Fast Food Indonesia akan mendapatkan misi dan obyektif dalam jangka panjang. Misi PT Fast Food Indonesia sendiri yakni mampu memperkuat citra merek KFC dengan strategi-strategi dan ide-ide yang inovatif, terus meningkatkan suasana bersantap yang tiada bandingannya dan konsisten memberikan produk, layanan, serta fasilitas restoran yang selalu berkualitas mengikuti kebutuhan dan selera konsumen yang terus berubah.

Sementara untuk obyektifnya adalah mempersembahkan restoran dengan tampilan dan desain termodern dan sesuai dengan tren masa kini, dan memberikan suasana menyenangkan dengan tempat duduk yang nyaman dengan terus melakukan peremajaan restoran, dan menyajikan produk berkualitas tinggi yang paling digemari oleh pelanggan dengan kecepatan dan keramahan yang tak tertandingi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.