Sukses

Profil PT SMART Tbk, Perusahaan Konsumen yang Berbasis Kelapa Sawit

PT SMART Tbk atau PT Sinar Mas Agro Resources And Technology Tbk, merupakan perusahaan yang berbasis kelapa sawit terintegrasi.

Liputan6.com, Jakarta PT SMART Tbk atau PT.Sinar Mas Agro Resources And Technology Tbk, merupakan perusahaan yang berbasis kelapa sawit terintegrasi. Dalam melakukan kegiatan usaha, selalu dimulai dari tahapan benih hingga produk akhir di etalase (seed-to-shelf). Bersama dengan petani, PT SMART Tbk kemudian membudidayakan kelapa sawit, dan menghasilkan bahan pangan serta bahan bakar untuk berbagai kebutuhan.

PT SMART Tbk adalah anak perusahaan Golden Agri-Resoures (GAR), yang melakukan proses produksi dan operasional di bawah merek Sinar Mas Agribusiness and Food di Indonesia. SMART didirikan pada tahun 1962, dan telah tercatat sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992. 

PT SMART Tbk adalah perusahaan kelapa sawit, yang memiliki sejumlah fasilitas pemrosesan sehingga dapat memproduksi produk berkualitas tinggi, untuk memasok pasar internasional atas agronomi, bahan pangan, oleokimia dan bio-energi. Berkat kinerjanya yang mumpuni, PT SMART Tbk mendapatkan penghargaan 12th IICD Corporate Governance Award 2021, untuk kategori Most Improved dari Indonesian Institute for Corporate Directorship.

Berikut ini profil singkat PT SMART Tbk yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (8/12/2022). 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Profil PT SMART Tbk

PT Sinar Mas Agro Resources and Technology Tbk (SMART), adalah anak perusahaan Golden Agri-Resoures (GAR). SMART didirikan pada tahun 1962 dan tercatat sahamnya di Bursa Efek Indonesia sejak tahun 1992 dengan kode saham SMAR. PT SMART Tbk (SMART) merupakan perusahaan publik produk konsumen berbasis kelapa sawit, terkemuka di Indonesia yang berfokus pada produksi minyak sawit yang lestari. Perusahaan ini melakukan pengelolaan sekitar 137 ribu hektar kebun kelapa sawit di Indonesia, termasuk lahan plasma.

Adapun aktivitas utama yang dilakukan oleh perusahaan ini yaitu, melakukan penanaman dan pemanenan pohon kelapa sawit, pengolahan tandan buah segar (TBS) menjadi minyak sawit (CPO) dan inti sawit (PK), hingga memprosesnya menjadi produk industri dan konsumen seperti minyak goreng, margarin, shortening, biodiesel dan oleokimia, serta perdagangan produk berbasis kelapa sawit ke seluruh dunia.

SMART juga mengoperasikan 16 pabrik kelapa sawit, 4 pabrik pengolahan inti sawit dan 4 pabrik rafinasi di Indonesia. SMART adalah perusahaan agribisnis terkemuka, dengan kegiatan usaha dari tahapan benih hingga produk akhir di etalase (seed-to-shelf), yang menghasilkan portofolio produk berbasis kelapa sawit yang beragam dengan rantai pasokan yang terintegrasi dan efisien.

3 dari 5 halaman

Sejarah Singkat PT SMART Tbk

Perusahaan PT SMART Tbk mulai didirikan pada tahun 1962, dengan nama PT Maskapai Perkebunan Sumcama Padang Halaban. Pada tahun 1992, mulai mencatatkan sahamnya di Bursa Efek Indonesia, dan 2002 mulai fokus ke bisnis utama dengan menjual perkebunan teh dan pisang. PT SMART Tbk pada tahun 2005 melakukan konversi hutang pemegang saham, sebesar US$ 205 juta menjadi ekuitas. Adapun pemecahan nilai nominal saham yang berjumlah 1 menjadi 5.

PT SMART Tbk kemuian menjadi anggota aktif Roundtable on Sustainable Palm Oil (RSPO), dan tahun 2008 menjadi pabrik rafinasi terakreditasi dengan sertifikat ISO 22000 atas manajemen keamanan pangan. Pada tahun 2016, PT SMART Tbk kemuian mengoperasikan pabrik biodiesel di Kalimantan Selatan dengan kapasitas terpasang 1.000 ton per hari, dan tahun selanjutnya meluncurkan material tanam baru berkualitas unggul – Eka 1 dan Eka 2.

Pada tahun 2021, perusahaan ini kemudian mencatat rekor baru penjualan bersih sebesar Rp 57 triliun, dan laba bersih sebesar Rp 2,8 triliun. PT SMART Tbk mulai menerbitkan obligasi sejumlah Rp 4,8 triliun, serta meraih 12th IICD Corporate Governance Award 2021 untuk kategori Most Improved dari Indonesian Institute for Corporate Directorship. 

 

4 dari 5 halaman

Produk PT SMART Tbk

Terdapat beberapa produk dan layanan dari PT SMART Tbk, diantaranya:

- Minyak goreng

PT SMART Tbk menghadirkan beragam merek minyak goreng, yang diproses dengan teknologi filter termutakhir, hingga minyak goreng serbaguna dan ekonomis yang ideal untuk memasak dan menggoreng di bidang industri jasa makanan. 

- Margarin

PT SMART Tbk menghadirkan produk margarin dnegan merek Filma dan Palmvita. Produk margarin ini bisa digunakan untuk membuat roti gulung, roti manis, biskuit, kue kering, krim isi, dan krim penghias kue. Produk ini juga bebas lemak trans, di mana minim kandungan 3-monochloropropane diol (3-MCPD) dan asam lemak glycidil ester.

- Shortening

Produk shortening PT SMART Tbk yaitu Filma dan Palmvita, untuk pembuatan kue dan biskuit, camilan, hingga aplikasi penggorengan makanan. Produk lemak nabati serbaguna ini juga dapat digunakan untuk berbagai macam kebutuhan, seperti pembuatan roti, kue kering, krim, pengolahan keju, dan pengganti lemak susu.

- Lemak nabati khusus

Selanjutnya poduk PT SMART Tbk adalah lemak nabati khusus, berbahan dasar inti kelapa sawit dengan merek i-soc untuk membuat cokelat, permen, dan es krim. 

PT SMART Tbk memproduksi produk bebas lemak trans untuk mendukung pola makan yang lebih sehat, diantranya:

- Filma

Filma adalah produk minyak goreng dan margarin premium, yang bahannya terbuat dari buah kelapa sawit berkualitas tinggi. 

- Kunci Mas

Kunci Mas merupakan merek minyak goreng ekonomis yang sangat populer bagi keluarga Indonesia, terutama untuk menggoreng kering makanan ringan dan gurih, seperti pisang goreng, tempe, dan ayam goreng, dan cemilan lainnya.

- Palmboom

Margarin Palmboom adalah margarin serbaguna yang dapat digunakan untuk memasak, membuat kue, atau sebagai olesan lezat di atas roti.

- Pristine

Pristine 8+ merupakan salah satu produki PT SMART Tbk, yang merupakan air minum alkali premium ber-pH tinggi, yang dimurnikan dengan teknologi ionisasi Jepang yang paling modern. 

5 dari 5 halaman

Kegiatan Usaha PT SMART Tbk

PT SMART Tbk juga memiliki sejumlah kegiatan dan usaha yang dijalankan, diantaranya:

- Golden Agri-Resources (GAR)

Golden Agri-Resources (GAR), merupakan induk perusahaan SMART yang beroperasi di bawah merek Sinar Mas Agribusiness and Food, di mana perusahaan oini adalah perkebunan kelapa sawit terbesar di dunia. Perkebunan ini kemudian mengelola lebih dari setengah juta hektar perkebunan kelapa sawit (termasuk plasma). Didirikan pada tahun 1996, GAR tercatat di Bursa Singapura pada tahun 1999 yang dipandu oleh Kebijakan Sosial dan Lingkungan GAR (KSLG).

- Sinar Mas Oleochemical

Unit kegiatan PT SMART Tbk selanjutnya didirikan tahun 1993, oleh Sinar Mas Oleochemical (PT Soci Mas) memberikan solusi terpadu di bidang pasokan oleokimia dalam bentuk asam lemak, gliserin, dan sabun berbentuk mie (soap noodle). Adapun kantor penjualan global kami berada di Singapura, dan kami memiliki kantor perwakilan di Asia, Eropa, Amerika Utara, Afrika, Timur Tengah, dan subkontinen India. Sinar Mas Oleochemical beserta rantai pasoknya memiliki sertifikasi RSPO dan GMP untuk bahan baku kosmetik dan sertifikasi GMP+B2 untuk keamanan pangan. 

- Sinar Mas Bioenergy

PT SMART Tbk juga memiliki pabrik biodiesel, yang didirikan pada tahun 2016, selaras dengan kebijakan biodiesel Pemerintah Indonesia. PT SMART Tbk mengoperasikan satu pabrik biodiesel di kawasan Jakarta, dan satu pabrik lain di Kalimantan Selatan dengan total kapasitas 2.000 ton/hari.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.