Sukses

PT Keihin dan Profil, Sejarah, dan Produk Unggulannya

PT Keihin Indonesia adalah anak perusahaan dari Keihin Corp atau Keihin Group.

Liputan6.com, Jakarta PT Keihin adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, terutama terkait komponen-komponen kendaraan bermotor. Perusahaan ini memproduksi karburator untuk kendaraan bermotor, terutama kendaraan roda dua.

PT Keihin merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri manufaktur kendaraan bermotor roda dua. Perusahaan ini memiliki beberapa pabrik di Jawa Barat, salah satunya di kawasan MM2100 dan juga di Cikampek.

PT Keihin Indonesia adalah anak perusahaan dari Keihin Corp atau Keihin Group. Keihin Corp merupakan perusahan yang berbasis di Jepang. Selain di Indonesia, Keihin Corp juga memiliki anak perusahaan yang tersebar di Amerika, Eropa, China, dan Jepang.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/12/2022) tentang profil PT Keihin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal PT Keihin

PT Keihin adalah perusahaan yang bergerak di bidang otomotif, terutama berkaitan dengan komponen otomotif. Perusahaan ini memproduksi karburator kendaraan bermotor. Di Indonesia, PT Keihin memiliki dua pabrik di Jawa Barat, yaitu di kawasan MM2100 dan di Cikampek.

PT Keihin Indonesia adalah anak perusahaan dari Keihin Corp atau Keihin Group yang berada di Jepang. PT Keihin juga memiliki anak perusahaan di negara-negara lainnya, yang tersebar di Amerika, Eropa, Asia, China, dan tentunya Jepang.

"Filosofi Keihin", di mana karyawan Keihin Group berbagi pemahaman tentang "apa yang benar". Di seluruh dunia, semuanya berjuang untuk mewujudkan "pernyataan misi" kami dan menciptakan budaya perusahaan yang sesuai dengan Keihin. Justru "gaya sentripetal menuju satu tujuan" inilah yang menjadi kekuatan pendorong kami di Keihin.

3 dari 5 halaman

Filosofi Kerja Keihin

Menghormati Individu

Kemandirian

Bebas dalam berpikir dan bertindak sesuai dengan keyakinan sendiri. Bertanggung jawab atas hasil dari tindakan per orangan.

Keadilan

Menghormati perbedaan satu sama lain dan untuk menjaga keadilan dalam semua urusan per orangan.

Memercayai

Untuk dengan tulus mengenali kemampuan satu sama lain dan mengimbangi kekurangan satu sama lain.

 

5 Kebahagiaan

Masyarakat

Kita harus berbagi kebahagiaan, dengan masyarakat dengan menjadi warga korporat teladan.

Pelanggan

Kita harus berbagi kebahagiaan dengan pelanggan, dengan memanfaatkan keterampilan yang tinggi dan interaksi yang erat.

Pemasok

Kita harus berbagi kebahagiaan dengan suppliers, dengan memastikan bahwa masing-masing pihak sejahtera dalam lingkungan kreativitas bersama.

Pemegang saham

Kita harus berbagi kebahagiaan dengan para pemegang saham, dengan selalu mempertahankan daya tarik kami sebagai sebuah perusahaan.

Diri

Kita harus berbagi kebahagiaan di antara kita sendiri, dengan mendapatkan empati dan kepercayaan dari semua.

4 dari 5 halaman

Sejarah PT Keihin

Sejarah PT Keihin diawali pada tahun 1956, PT Keihin Seiki Manufacturing Co., Ltd. didirikan di Kota Kawasaki, Prefektur Kanagawa dengan modal 7 juta yen. Pada tahun selanjutnya, yaitu 1957, perusahaan ini memiliki fasilitas pabrik dan memulai pemrosesan dan perbaikan suku cadang. Pada tahun yang sama perusahaan juga menyelesaikan prototipe karburator sepeda motor, yang ditampilkan dalam “dream” Honda Motors “Rabbit” Fuji Heavy Industry.

Pada tahun 1963, PT Keihin mengembangkan karburator untuk mobil yang dipasik ke Honda Motors. Tahun berikutnya, perusahaan memiliki pabrik utama di Kota Kakuda, Prefektur Miyagi. Pada tahun 1971, PT Keihin membentuk dua anak perusahaan, yaitu Kanazu Mfg. Co., Ltd dan Tatematsu Mfg. Co., Ltd. Pada 1973, Keihin Carburetor Co., Ltd. Juga didirikan di Kota Kakuda Prefektur Miyagi.

Juli 1974, karburator mesin CVCC pertama selesai. Keihin Seiki Co., Ltd dibuka pertama kali di Taiwan. E-Giken Co., Ltd dibentuk di Kota Kakuda Prefektur Miyagi. Pada tahun 1982, beberapa pabrik dibuka di Jepang serta di Amerika. Sementara itu, perangkat injeksi bahan bakar dikomersialkan ke Honda Motor Co., Ltd.

Pada tahun 1987, kantor pusat PT Keihin pindah ke Shinjuku, Tokyo. Pada tahun 1989 didirikan di Thailand. Kemudian, pada tahun 1995 PT Keihin didirikan di Filipina. Tahun berikutnya perusahaan ini juga didirikan di Inggris. Tahun 1997, PT Keihin juga didirikan di China dan India. Tahun 2000, PT Keihin juga dibuka di Brazil.

Pada tahun 2003, PT Keihin didirikan di Indonesia. Kemudian, perusahaan ini membuka kantornya di Jerman pada tahun 2007. Tahun 2011, PT Keihin membukan kantornya di Malaysia dan Vietnam. Tahun berikutnya perusahaan ini juga membuka cabangnya di Meksiko.

5 dari 5 halaman

Produk PT Keihin

Produk PT Keihin berupa karburator sudah diakui di seluruh dunia dengan performa yang terbaik. Semua produk Keihin di situs web ini dirancang dan dibangun dengan pengalaman dan pengetahuan yang diperoleh selama lebih dari 40 tahun dalam bisnis pengelolaan bahan bakar. 

Pengalaman Keihin termasuk membangun sistem injeksi bahan bakar untuk Super Bikes yang membutuhkan teknologi tingkat tinggi untuk memenangkan balapan. Seiring dengan pengembangan sistem balap, Keihin adalah pemasok sistem bahan bakar untuk pabrikan besar seperti Honda, Kawasaki, dan Yamaha. 

Keihin adalah pemimpin dalam pembuatan karburator dan produk terkait lainnya. Karburator dan suku cadang Keihin bergaransi selama 30 hari sejak tanggal pembelian. Garansi hanya mencakup suku cadang yang salah, komponen yang hilang, dan perakitan atau permesinan yang tidak tepat. 

Produk Alat Kontrol Elektronik

- Battery Management System (Sistem Manajemen Baterai)

- Management Electronic Control Unit (Unit Kontrol Elektronik Manajemen)

- Electronic Control Unit for Automobile (Unit Kontrol Elektronik untuk Mobil)

- Electronic Control Unit for Fuel Cell Power Generation Control (Unit Kontrol Elektronik untuk Kontrol Pembangkit Listrik Sel Bahan Bakar)

- Electronic Control Unit for Fuel Cell Stack Impedance Measurement (Unit Kontrol Elektronik untuk Pengukuran Impedansi Tumpukan Sel Bahan Bakar)

Produk Perangkat Mesin

- Injektor Langsung

- Injektor untuk injeksi dalam port- Intake Manifold

- Katup EGR- Throttle body yang dikontrol secara elektronik untuk kendaraan roda empat- Katup pasokan hidrogen bertekanan tinggi- Regulator hidrogen tekanan tinggi- Katup kontrol tekanan katoda- Katup pembuangan- Kontrol Aktif Dudukan Solenoid (untuk VCM)- Katup Kumparan- Perakitan Pipa Bahan Bakar- Katup Solenoid Linear untuk AT- Katup Solenoid

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.