Sukses

8 Contoh Teks Pidato dengan Berbagai Tema, dari Pernikahan hingga Kesehatan

Pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang mana ditujukan kepada orang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Contoh teks pidato bisa menjadi referensi bagi pembicara yang ingin menyampaikan gagasannya di hadapan orang banyak. Pada umumnya, teks pidato disampaikan dalam sebuah acara-acara formal.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia atau KBBI, pengertian pidato memiliki dua makna. Yang pertama, pidato adalah pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang mana ditujukan kepada orang banyak. Sedangkan arti lainnya, pidato adalah wacana yang disiapkan untuk diucapkan di depan khalayak.

Dengan mengetahui contoh teks pidato yang benar, maka pembicara akan dengan mudah membuatnya. Beberapa contoh teks pidato ditujukan untuk menjalin hubungan yang dinamis di antara pembicara dan audiens dalam waktu yang terbatas. 

Berikut ini terdapat beberapa contoh teks pidato dari berbagai tema yang telah dirangkum oleh Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 9 halaman

1. Contoh Teks Pidato dengan Tema Pendidikan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangat berarti dan akan terus kami kenang. Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan penuh kasih sayang membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

3 dari 9 halaman

2. Contoh Teks Pidato dengan Tema Kebersihan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pada hari senin yang cerah ini, izinkanlah saya selaku perwakilan dari Dinas Kesehatan dan Kebersihan Kecamatan Sukamulyo untuk menyampaikan beberapa hal tentang pentingnya menjaga kebersihan rumah dan sekitarnya.

Bapak dan ibu yang saya hormati, dalam sebuah hadits riwayat Ahmad, Muslim dan Tirmidzi, dari Abi Malik disebutkan bahwa kebersihan merupakan sebagian dari iman. Hadits yang satu ini mungkin sudah sering bapak dan ibu dengar dan bahkan sudah terlalu sering. Akan tetapi, apakah bapak dan ibu sudah benar-benar menerapkannya karena telah sering mendengar hal tersebut? Melakukan kebersihan bukan hal yang sulit, tetapi sulit untuk menjaga kebersihan itu sendiri.

Menjaga kebersihan bukan hanya sekadar hal yang dianjurkan, tetapi menjadi sebuah kewajiban. Dengan menjaga kebersihan, kita semua akan terhindar dari berbagai macam penyakit fisik. Selain berpengaruh terhadap kesehatan fisik, kebersihan juga dapat menjaga kesehatan mental.

Menjaga kebersihan akan menjaga diri kita dan orang-orang yang kita sayang jauh dari hal-hal yang merugikan. Bukankah semua tidak ada artinya jika tubuh kita tidak sehat? Mulai lah dari hal-hal yang kecil jika bapak dan ibu kesulitan menjaga kebersihan secara konsisten. Lakukan secara perlahan hingga bapak dan ibu mampu selalu menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri, rumah dan lingkungan sekitar.

Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga kita semua menjadi orang-orang yang senantiasa selalu menjaga kebersihan. Mohon maaf apabila ada kata-kata yang kurang berkenan di hati, terima kasih.

Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

4 dari 9 halaman

3. Contoh Teks Pidato dengan Tema Pernikahan

Selamat pagi semua.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang telah mempertemukan kita bersama untuk menjadi saksi pernikahan dua insan yang saling mencintai.

Izinkanlah saya, Caca sebagai sahabat dari mempelai perempuan  menyampaikan beberapa kata untuk kedua mempelai. Saya telah mengenalnya semenjak kami masih sering bermain hanya dengan celana dalam atau popok saja. Mungkin ibu kami juga sedang tertawa jika mengingat pertemuan pertama kami hingga menjadi sahabat baik sampai saat ini. Hari ini, aku tidak menyangka akan begitu menangis bahagia karenamu. Aku tidak menangis karena disakiti olehmu, wahai sahabatku, tetapi aku menangis karena terlalu bahagia untukmu.

Ingatkah engkau yang selalu mengatakan padaku ingin bertemu cinta sejati bagaikan sang putri dan kesatria di negeri dongeng? Ya, dulu aku hanya bisa tertawa mendengar kata-katamu, tetapi hari ini kau akhirnya mewujudkannya. Dia yang telah dan akan selalu memperlakukanmu bagaikan putri bahkan ratu. Akhirnya kau bertemu dengan kesatriamu.

Kau yang selalu menemaniku di saat suka dan duka, akhirnya hari ini aku melepasmu untuk menjadi istrinya. Kau telah menjadi wanita dewasa seutuhnya, meskipun dalam hatiku kau tetap sahabat kecil dan manjaku. Aku berjanji akan selalu menjadi sahabatmu. Aku titipkan dia padamu wahai suami sahabatku. Aku harap kau memegang janjimu.

Demikian yang dapat saya sampaikan, mohon maaf jika ada kekurangan. Semoga kedua mempelai dan keluarga akan selalu bahagia.

5 dari 9 halaman

4. Contoh Teks Pidato dengan Tema Kesehatan

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Marilah kita panjatkan puji syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita semua.

Bapak dan ibu yang saya hormati, kesehatan adalah alasan utama kita dapat melakukan berbagai kegiatan dan menjalani kehidupan dengan lebih mudah. Kesehatan mahal harganya dan suatu berkah yang lebih dari cukup bagi kita semua. Tanpa kesehatan, maka akan lebih sedikit kegitan yang bisa kita laksanakan. Sebuah kehidupan tanpa kesehatan sama dengan pohon yang sedikit mendapatkan air.

Kesehatan yang perlu kita jaga tidak hanya terbatas pada kesehatan tubuh, tetapi termasuk kesehatan mental dan/ atau spiritual. Menjaga kesehatan jasmani, tanpa melupakan kesehatan hubungan dengan Sang Pencipta. Semuanya harus seimbang. Jika salah satu rusak, maka seseorang tidak dapat disebut sehat sepenuhnya.

Untuk menjaga kesehatan tubuh, terdapat berbagai hal yang bisa kita lakukan, seperti olahraga dengan teratur, minimal dengan berlari santai atau berjalan-jalan selama 30 menit setiap harinya. Selanjutnya, kita juga perlu , mengkonsumsi makanan yang bergizi, serta beristirahat dengan cukup. Sedangkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental dan spiritual, pertama bapak dan ibu dapat terus menjaga komunikasi dengan orang lain serta keluarga. Olahraga, seperti yoga juga bisa membantu memberikan kenyamanan mental. Hadirin sekalian dapat melakukan kegiatan ini sebanyak satu kali dalam seminggu untuk mendapatkan kesehatan pikiran dan jiwa yang lebih baik.

Selalu berpikir positif juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan mental. Sementara itu, selalu beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah cara mutlak untuk menjaga kesehatan spiritual atau hubungan rohani dengan-Nya. Hal yang tidak boleh dilewatkan setelah ini semua juga dengan tetap menjaga kebersihan. Baik kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan. Buanglah sampah pada tempatnya dan buat hidup Anda lebih nyaman dengan lingkungan yang bersih.

Karena merupakan hal yang paling penting, mari kita semua senantiasa selalu menjaga kesehatan sebaik mungkin. Terima kasih atas perhatian bapak dan ibu serta mohon maaf apabila ada kesalahan.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

6 dari 9 halaman

5. Contoh Teks Pidato dengan Tema Bahaya Narkoba

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Menkonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.

Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Demikian pidato ini saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

7 dari 9 halaman

6. Contoh Teks Pidato dengan Tema Sumpah Pemuda

Assalamu'alaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh.

Hadirin yang saya hormati, pada kesempatan berbahagia ini saya akan membawakan pidato tentang pemuda sebagai generasi kunci masa depan Indonesia.

Tahukah saudara-saudara, mau tidak mau kita sebagai pemuda generasi sekarang adalah pelopor kesuksesan NKRI. Sama seperti para pemuda dan pemudi pada zaman prakemerdekaan. Mereka adalah generasi penentu Indonesia pada zaman mereka.

Kenapa bisa saya berkata demikian? Ini dibuktikan dari perjuangan mereka untuk menciptakan Sumpah Pemuda. Mereka berjanji bahwa kita bertanah air satu, bertumpah darah satu, dan berbahasa satu, Indonesia. Selanjutnya janji mereka diperjuangkan lagi dengan cara mendesak para pemimpin negara untuk memproklamasikan kemerdekaan.

Bahkan mereka menculik Soekarno dan Hatta ke Rengasdengklok hanya untuk mendesak mereka.

Tanpa aksi pemuda-pemudi tersebut, para golongan tua hanya menunggu janji kemerdekaan dari Jepang, yang mungkin belum diketahui pasti apakah akan diberikan atau tidak.

Lalu beberapa puluh tahun berikutnya, para pemuda era 90-an melancarkan aksinya melawan pemerintahan otoriter Soeharto. Era reformasi dan negara demokrasi lahir berkat para pemuda.

Dari dua contoh itu, bisa dibayangkan betapa kuatnya pengaruh pemuda bagi bangsa. Kita tidak bisa diam, asyik dengan gawai kita, dan malas-malasan untuk berkegiatan. Kitalah yang menentukan nantinya Indonesia akan seperti apa. Kitalah masa depan Indonesia.

Sekian pidato yang saya berikan, kurang lebihnya mohon dimaafkan, terima kasih.

Wassalamualaikum warahmatullah wabarakatuh.

8 dari 9 halaman

7. Contoh Teks Pidato dengan Tema Islami

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kaum muslimin dan juga muslimat sekalian, marilah kita mengucapkan puji syukur kepada Allah SWT atas limpahan rezeki dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul tanpa adanya hambatan sama sekali pada hari ini. Kemudian, shalwat dan salam kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membawa umat manusia kepada Islam dan jalan kebenaran.

Hari ini adalah bulan Rabiul Awal yang mana merupakan bulan penting bagi umat Islam. Pada bulan ini terdapat peristiwa gajah dan kemudian dilahirkan Rasul penutup yaitu Nabi Muhammad SAW. Berkat beliau, kita semua dapat berjalan ke jalan yang benar dengan mengenal Islam dan keluar dari kekafiran.

Berkat beliau kita jadi mengerti akan berbagai macam tindakan yang baik dan benar, serta terlepas dari zaman jahililyah. Berkat beliau kita semua dibimbing untuk dapat berjalan ke jalan penuh cahaya iman dan juga takwa kepada Allah SWT.

Terutama pada bulan ini, marilah kita semua menambahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan firman Allah SWT yang dicantumkan di dalam Al-Qur'an surat Al Ahzab ayat 6, "Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri".

Maka dari itu, sebagai umat Islam kita diharuskan untuk mendahulukan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan Rasul-Nya dalam hati ini dibandingkan dengan hal-hal lainnya yang bersifat duniawi. Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sesaat dan akhirat adalah yang lebih kekal.

Sekian yang dapat saya sampaikan, kurang lebihnya saya memohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

9 dari 9 halaman

8. Contoh Teks Pidato dengan Tema Menjaga Lingkungan

Assalamualaikum Wr.Wb

Yth. Ibu wali kelas serta erta teman-teman sekalian yang saya cintai

Marilah kita bersama-sama memanjatkan puji dan syukur kita ke hadirat Allah SWT karena berkah dan karunianya kita semua dapat berkumpul dalam keadaan sehat pada hari yang cerah ini

Teman-teman yang saya banggakan, pertama-tama perlu kita sadari bahwa lingkungan adalah tempat menggantungkan hidup bagi kita semua, umat manusia. Maka kita harus menjaga lingkungan kita baik-baik agar bumi menghasilkan keuntungan bagi kita, bukan kerugian bahkan bencana bagi kita. Satu di antara cara agar lingkungan tidak memberikan bencana bagi kita adalah menjaga kebersihan lingkungan.

Dalam menjaga kebersihan lingkungan maka kita harus mengetahui terlebih dahulu apa arti kebersihan lingkungan. Arti kebersihan lingkungan yang sesungguhnya adalah suatu keadaan di mana lingkungan tersebut adalah layak untuk ditinggali manusia, di mana keadaan kesehatan manusia secara fisik dapat terjaga.. Maka kita harus menjaga kebersihan lingkungan agar tercipta kehidupan yang layak dan sejahtera.

Teman-teman yang berbahagia, menjaga kebersihan lingkungan adalah cara terbaik dalam mencegah berbagai penyakit yang mengintai pada musim hujan seperti sekarang. Menjaga kebersihan lingkungan dapat dimulai dari membersihkan sekolah kita tercinta, SMA N xx Kota xx. Apabila sekolah kita bersih, maka orang lain pun tak segan untuk mencontoh kebiasaan baik kita dalam membersihkan sekolah kita ini. Dan kita sebagai penghuni sekolah ini juga terkena dampak positifnya, yaitu kegiatan belajar mengajar menjadi nyaman karena lingkungan sekolah kita bersih.

Menjaga kebersihan lingkungan sekolah dapat dilakukan dengan cara membuang sampah yang ada di lingkungan sekolah kita ke tempat sampah, melaksanakan kegiatan piket kelas setiap hari secara teratur dan PSN 30 menit setiap hari Jumat dalam rangka membersihkan lingkungan sekolah dari sarang nyamuk ades aegypti yang menimbulkan penyakit demam berdarah.

Teman-teman sekalian, sebagai penutup, saya mengutip kata pepatah yang mengatakan bahwa "kebersihan adalah sebagian dari iman", maka apabila seseorang tidak peduli terhadap kebersihan, maka ia sesungguhnya bukan merupakan orang yang beriman penuh. Ke depannya, saya juga berharap kita sebagai umat manusia dapat lebih giat lagi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Sekian pidato dari saya, kurang lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamu'alaikum Wr.Wb.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.