Sukses

Profil PT Bintang Toedjoe, Sejarah Berdiri dan Produknya

profil PT Bintang Toedjoe, sejarah berdirinya PT Bintang Toedjoe dan produk-produk PT Bintang Toedjoe.

Liputan6.com, Jakarta PT Bintang Toedjoe merupakan salah satu anak perusahaan Kalbe Company, yang bergerak di bidang farmasi. Berlokasi di Jakarta, PT Bintang Toedjoe telah memproduksi berbagai produk kesehatan yang dikenal secara luas oleh banyak masyarakat di Indonesia, seperti obat batuk Komix hingga minuman energi Extra Joss.

Bersama dengan Sakafarma dan unit bisnis OTC (Over the Counter), PT Bintang Toedjoe dikategorikan sebagai Divisi Produk Kesehatan Kalbe Group, yang memfokuskan bisnisnya untuk kesejahteraan masyarakat. Hingga akhirnya bergabung dengan Perusahaan Kalbe pada tahun 1985.

Sebagai salah satu perusahaan farmasi ternama, PT Bintang Toedjoe telah berinovasi dan mengembangkan beberapa obat unggulan di Indonesia seperti Puyer 16 untuk sakit kepala, Komix untuk batuk dan Bintang Toedjoe Masuk Angin sebagai obat herbal. Selain itu PT Bintang Toedjoe juga merupakan pioner minuman energi yaitu Extra Joss.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasannya yang Liputan6.com rangkum dari laman bintang7.com tentang profil PT Bintang Toedjoe, sejarah berdirinya dan produk-produk, Senin (12/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Bintang Toedjoe

PT Bintang Toedjoe adalah perusahaan farmasi yang bergerak di bidang Nutraceutical Products dan Over The Counter (OTC) dengan pemasaran domestik dan mancanegara. PT Bintang Toedjoe merintis usaha pada bidang farmasi sejak tahun 1946 dan sekarang berkembang hingga menjadi salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia. 

PT Bintang Toedjoe menerapkan SMK3 (Sistem Manajemen Kesehatan dan Keselamatan Kerja), HACCP (Hazard Analysis Critical Control Point), ISO 14001, OHSAS (Occupational Health and Safety Assessment Series) dan 5R (Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin) sebagai wujud komitmen terhadap kualitas produk yang dihasilkan. 

PT Bintang Toedjoe merupakan salah satu anak perusahaan dari PT Kalbe Farma Group. PT Bintang Toedjoe mempekerjakan lebih dari 1000 karyawan dalam memproduksi obat-obatan, suplemen makanan dan fitofarmaka. 

Berbagai produk dari PT Bintang Toedjoe telah dikenal oleh masyarakat luas, contohnya Extra Joss, Komix, Bintang Toedjoe Masuk Angin, dan masih banyak lagi. Salah satu obat yang diproduksi sejak berdirinya adalah Puyer No. 16 atau biasa disebut dengan obat sakit kepala No. 16 dan sampai saat ini masih banyak dikonsumsi oleh masyarakat.

 

Visi dan Misi PT Bintang Toedjoe

Visi : Menjadi perusahaan healthcare yang dikagumi dan disegani di Asia Tenggara.

Misi : Menghasilkan produk yang inovatif dan berkualitas yang terjangkau masyarakat umum untuk kehidupan yang lebih produktif dan bermakna.

Panca Sradha :

a) Trust is the glue of life. Saling percaya adalah perekat di antara kami.

b) Mindfulness is the foundation of our actions. Kesadaran penuh adalah dasar setiap tindakan kami.

c) Innovation is the key to our success. Inovasi adalah kunci keberhasilan kami.

d) Strive to be the best. Bertekad untuk menjadi yang terbaik.

e) Interconnectedness is a universal way of life. Saling keterkaitan adalah panduan hidup kami.

 
3 dari 4 halaman

Sejarah PT Bintang Toedjoe

PT Bintang Toedjoe pertama kali didirikan di Garut, Jawa Barat, pada tanggal 29 April 1946 oleh Tan Jun She, Tjia Pu Tjien dan Hioe On Tjan. Nama Bintang Toedjoe merupakan arti dari jumlah anak perempuan Tan Jun She yaitu 7 orang. 

Pada saat itu, PT Bintang Toedjoe berhasil memproduksi obat-obatan yang dijual bebas guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan obat dengan alat-alat yang sederhana dan hanya mempekerjakan beberapa karyawan saja. Obat yang diproduksi sejak awal mula hingga sekarang adalah Puyer No. 16.

Empat tahun sejak didirikan, PT. Bintang Toedjoe pindah ke kawasan Krekot, Jakarta. Pada tahun 1974, PT. Bintang Toedjoe pindah lagi ke kawasan Cempaka Putih, Jakarta. Kemudian pada tahun 1970-an, PT Bintang Toedjoe mulai memproduksi obat resep dokter. 

Pada tahun 1985, PT Bintang Toedjoe diakuisisi oleh Kalbe Farma Group dan berkembang dengan pesat hingga sekarang. Pada tahun 1993 PT Bintang Toedjoe pindah ke Kawasan Industri Pulogadung. Sejalan dengan meningkatnya produksi di lokasi kawasan Cempaka Putih yang dirasakan sudah tidak memadai lagi.

PT Bintang Toedjoe kemudian menerima sertifikasi CPOB dari Departemen Kesehatan RI pada tahun 1994 untuk pabrik yang berlokasi di  Pulogadung. Pada tahun 1997, PT Bintang Toedjoe menjadi salah satu perusahaan farmasi pertama di Indonesia yang menerima sertifikat ISO 9001.

Pada tahun 2002, kantor pusat PT Bintang Toedjoe dipindahkan di Pulomas. Pada September 2002, dibangunlah pabrik baru di area seluas 25.000 meter persegi serta Kantor Pusat, sementara pabrik sebelumnya tetap beroperasi di Pulogadung. Keduanya masih terpakai hingga sekarang. 

Berbagai sertifikasi bertaraf internasional, seperti ISO 14000, HACCP, OHSAS, juga diraih oleh PT Bintang Toedjoe, hal ini membuktikan komitmennya dalam beroperasi sesuai standar dunia. Hingga saat ini PT Bintang Toedjoe terus dan memproduksi berbagai kebutuhan masyarakat akan obat dan produk kesehatan.

4 dari 4 halaman

Produk PT Bintang Toedjoe

PT Bintang Toedjoe yang merupakan salah satu perusahaan farmasi terkemuka di Indonesia, telah memproduksi berbagai produk-produk yang telah dikenal dan digunakan secara luas oleh masyarakat Indonesia. Di antaranya adalah: 

1. Extra Joss

Extra Joss merupakan minuman suplemen kesehatan yang kaya akan vitamin B, royal jelly, ginseng dan kafein yang membantu tubuh tetap fit dan produktif. Cara membuat Extra Joss juga terbilang cukup mudah. Cukup dengan mencampurkan 1 saset dengan 100 ml air, lalu aduk rata.

2. Bejo Jahe Merah

Bejo Jahe Merah merupakan produk herbal dari Bintang Toedjoe yang membantu mengatasi masuk angin. Produk ini merupakan satu-satunya yang menggunakan bahan jahe merah sehingga membuat badan lebih hangat, mengatasi kembung, mual, muntah, serta nyeri.

3. Bintang Toedjoe Panas Dalam

Bintang Toedjoe Panas Dalam merupakan produk yang dapat mengatasi panas dalam lebih mudah dan segar. Bintang Toedjoe Panas Dalam mengandung bahan alami seperti ekstrak alang-alang, ekstrak lidah buaya dan biji selasih, untuk membantu meredakan gejala panas dalam, seperti sariawan, bibir pecah-pecah, serta tenggorokan kering. 

4. Komix Herbal

Komix herbal merupakan produk PT Bintang Toedjoe untuk mengatasi batuk berdahak, kandungan Komix Herbal diantaranya adalah Guaifenesin, Dextromethorphan, Phenylephrine dan Chlorpheniramine Maleate. Terdapat 2 varian rasa yang bisa Anda pilih yaitu Komix Herbal Original dan Komix Herbal Lemon.

5. Bejo Susu Jahe Merah

Bejo Susu Jahe Merah adalah minuman herbal yang mengandung 6-Gingerol dari Ekstrak Jahe Merah dan Zingiberene dari Oil Jahe Merah. Kedua bahan tersebut dicampur dengan Skim Milk yang mengandung protein dan mikronutrien, membuat Bejo Susu Jahe Merah menjadi minuman yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. 

6. Femmy

Femmy adalah produk suplemen yang terdiri dari dua varian yaitu Femmy Trimune dan Femmy Vitamin D3 1000 IU. Femmy Trimune merupakan suplemen untuk menjaga daya tahan tubuh dengan kandungan echinacea, vitamin C dan zink. Sedangkan Femmy Vitamin D3 1000 IU bermanfaat untuk membantu memenuhi kebutuhan vitamin D dengan cepat pada kondisi tertentu seperti lansia, ibu hamil dan menyusui. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.