Sukses

Profil PT PKSS (Prima Karya Sarana Sejahtera), Sejarah dan Layanannya

profil PT PKSS beserta dengan sejarah dan layanan yang disediakan.

Liputan6.com, Jakarta PT PKSS atau PT Prima Karya Sarana Sejahtera merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyediaan sumber daya manusia (SDM). Spesialisasi PT PKSS diantaranya adalah  Recruitment dan Assessment Services, Outsourcing, Business Process, Management Security, Management Building serta Agency.

Berdiri sejak tahun 1999, PT PKSS memiliki komitmen dan dedikasi yang tinggi untuk menyediakan Sumber Daya Manusia yang profesional dan dapat mendukung kegiatan operasional perusahaan milik klien-kliennya. Terus berkembang, saat ini PT PKSS telah memiliki lebih dari 1.000 karyawan yang ada di berbagai daerah di Indonesia.

Untuk memenuhi kebutuhan para klien nya, PT PKSS menyediakan berbagai layanan berupa produk dan jasa, di antaranya adalah Assessment, Rekrutmen, Analisa Jabatan, Jasa Penyedia Kerja atau Pemborongan Pekerjaan, Pendidikan dan Pelatihan. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT PKSS atau PT Prima Karya Sarana Sejahtera yang Liputan6.com rangkum dari laman pkss.co.id pada Senin (12/12/2022) tentang profil PT PKSS beserta dengan sejarah dan layanan yang disediakan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT PKSS

Profil PT PKSS

PT Prima Karya Sarana Sejahtera atau yang lebih dikenal dengan nama PT PKSS berdiri pertama kali pada tahun 1999 dan memiliki komitmen serta dedikasi yang tinggi sebagai perusahaan yang bergerak dibidang jasa pengadaan Sumber Daya Manusia untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan kliennya.

PT PKSS telah memiliki jaringan kerja sebanyak 34 kantor cabang yang terletak di seluruh Indonesia. PT PKSS menyediakan layanan baik jasa maupun produk yang membuat PT PKSS dapat menjadi mitra sekaligus konsultan untuk bisnis anda baik dari aspek human capital, organisasi dan sistem manajemen.

Visi :

Menjadi perusahaan jasa ketenagakerjaan terkemuka di Indonesia yang mengutamakan kepuasan pelanggan

Misi : 

- Memberikan pelayanan jasa bidang ketenagakerjaan terutama pada penyediaan, pemborongan, pendidikan dan pelatihan tenaga kerja

- Memberikan pelayanan yang dapat memuaskan pelanggan, sehingga memberikan keuntungan yang Optimal bagi semua pihak yang berkepentingan

Budaya Kerja 

PT PKSS menerapkan Semangat Prioritas sebagai budaya kerjanya, yaitu :

1. Profesional

2. Reliable

3. Integritas

4. Orientasi Bisnis dan Kepuasan Pelanggan

5. Inovasi dan Kreatifitas

3 dari 4 halaman

Sejarah PT PKSS

Sejarah PT PKSS

PT Prima Karya Sarana Sejahtera (PKSS) berdiri pada 15 Juli 1999 dan memiliki komitmen serta dedikasi yang tinggi sebagai perusahaan yang bergerak dibidang HR Solution untuk mendukung kegiatan operasional perusahaan kliennya. 

PT PKSS telah mengelola sumber daya manusia lebih dari 43.000 orang dan lebih dari 200 perusahaan telah bekerja sama dengan PT PKSS baik BUMN maupun Multinasional. Jaringan kerja PT PKSS saat ini telah tersebar dan dapat ditemui di 34 provinsi di seluruh Indonesia

Selama lebih dari 20 tahun, PT PKSS telah menjadi mitra sekaligus konsultan bagi setiap perusahaan dari aspek human capital, organisasi dan sistem manajemen. PT PKSS hadir menawarkan solusi bisnis Agency, Rekrutmen dan Assesment, Training, Alih daya, Pemborongan dan Diklat Security dan Manajemen Building.

PT PKSS mengaplikasikan manajemen Sumber Daya Manusia melalui tenaga ahli yang menawarkan HR Solution untuk anda di semua Unit Kerja PT PKSS Seluruh Indonesia. Tujuan utama PT PKSS adalah untuk memberikan pelayanan "One Stop Service" dan menawarkan berbagai keuntungan baik untuk mitra maupun pekerja.

Keuntungan untuk Mitra PKSS:

1. Mitra PKSS akan lebih fokus pada core business

2. PKSS memiliki Jaringan kerja di Seluruh Indonesia sehingga menjamin komunikasi dan koordinasi untuk menciptakan kualitas Sumber Daya Manusia yang tetap terjaga dengan baik.

3. Menghemat biaya perusahaan terutama pada biaya operasional dan tenaga kerja

4. PKSS dapat memberikan sumber daya manusia dengan berbagai macam keahlian

5. Proses bisnis menjadi lebih baik

6. Mendapatkan Layanan terbaik

Keuntungan untuk Pekerja :

1. Upah Mendukung Kesejahteraan

2. Mendapatkan BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan

3. Konseling, Bimbingan dan Pendidikan

4. Peluang karir yang baik

4 dari 4 halaman

Layanan PT PKSS

Layanan PT PKSS

1. Bisni Process

Bisnis ini mengembangkan produk jasa layanan dengan menyediakan alih daya bisnis proses, meliputi pemborongan pekerjaan yang berhubungan dengan processing di dalam perusahaan. Ruang lingkup pekerjaan adalah pekerjaan proses di unit kerja tertentu terkait dengan operasi bisnis di dalam perusahaan. Ruang lingkup pekerjaan yang dimaksud adalah:

- Pemborongan pekerjaan proses yang berhubungan dengan operasi bisnis di dalam perusahaan

- Pekerjaan ini bisa berada di berbagai unit kerja di dalam perusahaan

Jenis pekerjaan bisnis proses diantaranya:

- Data Entry

- Scanning dan uploading dokumen

- Verifikasi data

- Filling dokumen

- Pencetakan dan pengiriman kartu

 

2. Outsourching

PT PKSS menyediakan pekerja yang terbaik yang akan membantu kegiatan operasional bisnis, sebelum pekerja menjalankan tugas nya, PT PKSS memastikan bahwa pekerja sudah memahami dengan baik tugas dan tanggung jawabnya dalam bekerja.

Selain itu untuk memastikan para pekerja telah bekerja sesuai prosedur dan aturan yang berlaku di perusahaan serta untuk menjembatani komunikasi antara pekerja dengan perusahaan, PT PKSS menyiapkan Relationship Officer yang selalu bersedia untuk memberikan bimbingan serta pengawasan atas kinerja seluruh pekerja yang bertugas.

Adapun layanan bisnis outsourcing antara lain pramubakti, satuan pengamanan, cleaning service, driver, petugas administrasi, sekretaris serta operator telephone. PT PKSS juga melayani jasa pemborongan pekerjaan untuk bisnis dalam bidang perkebunan, pertambangan dan lain sebagainya.

 

3. Management Building

Building management bertujuan agar gedung selalu terpelihara dengan baik dan penghuni gedung merasa nyaman dan aman. Demikian pula pemilik gedung tidak perlu repot mengurus pemeliharaan dan operasional gedung sehingga bisa fokus menjalankan bisnis utamanya.

Bidang jasa Building Management meliputi jasa pengelolaan gedung, pengoperasian, pemeliharaan, dan perbaikan gedung beserta peralatan Mechanical Electrical yang meliputi :

1. Jasa Cleaning Service (Contract Stasion,General Cleaning, & Pembersihan Dinding Luar Gedung)

2. Jasa Landscaping (Tanam Baru dan Perawatan Tanaman)

3. Integrated Pest Sistem ( Pest & rodent Control,Termite Control)

4. Mekanikal & elektrikal (Preventive maintenance &  Corrective Maintenance

 

4. Agency

Agency Service meliputi bidang kerja yang berhubungan dengan pemberdayaan tenaga kerja yang berhubungan dengan Agency. Diantaranya tenaga kerja penjualan seperti SPG (Sales Promotion Girl), Sales Team, Telesales, Event Organizer, Contact Center dan Tele Collection.

PT PKSS juga memiliki marketing team yang dapat membantu bisnis anda untuk memasarkan produk dan layanan perusahaan. PT PKSS melakukan proses pengawasan dan pembinaan terhadap team marketing kami serta melakukan edukasi tentang produk-produk dan layanan perusahaan terdiri dari :

- Direct Sales: Menawarkan produk kartu kredit sesuai dengan program yang telah ditentukan.

- Sales Promotion Girl/Boy: Sales promotion girl merupakan suatu profesi yang bergerak dalam pemasaran atau promosi suatu produk. 

- Telesales: Sebuah layanan yang menghasilkan interest untuk pelanggan, menciptakan peluang, memberikan informasi, mendapatkan feedback customer, membuat janji dan menghasilkan arahan yang penting melalui telepon. 

 

5. Management Security

PT PKSS memiliki Security Service yang berfungsi untuk melindungi dan mengayomi lingkungan perusahaan anda dari setiap gangguan keamanan, serta menegakkan peraturan dan tata tertib yang berlaku di perusahaan anda. Tugas pokok Security Service diantaranya adalah sebagai berikut:

- Menyelenggarakan keamanan dan ketertiban di lingkungan objek pengamanan khususnya pengamanan fisik yang bersifat preventif.

- Mengamankan suatu aset, instansi, proyek, bangunan, properti atau tempat dan melakukan pemantauan peralatan, pengawasan, pemeriksaan dan jalur akses, untuk memastikan keamanan dan mencegah kerugian atau kerusakan yang disengaja.

- Melakukan tindakan preventif keamanan.

- Kontrol lalu lintas dengan mengarahkan driver.

- Melengkapi laporan dengan mencatat pengamatan, informasi, kejadian, dan kegiatan pengawasan.

- Mempertahankan lingkungan dengan memantau dan pengaturan bangunan dan kontrol peralatan.

- Menjaga stabilitas dan reputasi organisasi dengan memenuhi persyaratan hukum.

 

6. Recruitment dan Assesment

PKSS menyediakan layanan Rekrutmen dan Asesmen yang komprehensif yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bisnis anda.

Layanan Recruitment terdiri dari proses pencarian sejumlah kandidat calon pekerja yang dapat disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh mitra PKSS serta proses identifikasi yang dilakukan dengan tes psikologi dan wawancara

Layanan Assessment yang dimiliki oleh PKSS antara lain:

- Psikotest

- Wawancara

- Group exercise yang terdiri dari Leaderless Group Discussion (LGD) dan Focused Group Discussion (FGD).

- Role Play adalah metode asesmen dengan cara bermain peran dengan memberikan studi kasus tertentu dalam bentuk tulisan yang bertujuan menggali kemampuan delegasi, perencanaan, pengorganisasia, kontrol dan penelitian.

- In Basket adalah metode asesmen berupa simulasi dari suatu situasi pekerjaan yang real. Asesi dituntut untuk memerankan posisi jabatan tertentu serta memberikan respon terhadap masalah yang dihadapi sesuai dengan tuntutan dalam skenario yang dibuat.

- Case Analysis and Presentation adalah metode asesmen dengan cara penugasan tertulis untuk menganalisa dan mencari solusi terhadap suatu kasus yang diambil dari situasi nyata dalam pekerjaan yang bertujuan untuk melihat kemampuan asesi dalam menggunakan resource.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.