Sukses

Profil PT SAMI Jepara, Perusahaan Komponen Mobil Bertaraf Internasional

Profil PT SAMI Jepara, sejarah berdirinya PT SAMI Jepara serta produk dan jaminan kerja di PT SAMI Jepara.

Liputan6.com, Jakarta PT SAMI Jepara atau yang juga dikenal dengan nama PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia merupakan perusahaan manufaktur asing yang memproduksi komponen industri otomotif mobil seperti kabel dan komponen lain yang dikenal dengan sebutan sistem syaraf mobil.

Berlokasi di Sawah, Sengon Bugel, Kec Mayong, Jepara, Jawa tengah. PT SAMI Jepara adalah bagian dari perusahaan Yazaki Corporation dari Jepang yang memproduksi kabel mobil dengan kualitas internasional, untuk merek-merek mobil ternama di dunia, seperti Honda, Hino, Dyna dan Mazda.

Dalam usaha memajukan perusahaan, PT SAMI Jepara mengedepankan visi dan misi yang diterapkan menjadi kebiasaan secara terus-menerus, untuk perbaikan dan pengembangan ide-ide terbaru dalam prosesnya. PT SAMI Jepara juga memberi jaminan dan tunjangan yang layak untuk para karyawannya.

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan dari PT SAMI Jepara yang Liputan6.com rangkum dari laman sami-jf.co.id pada Selasa (13/12/2022). Profil PT SAMI Jepara, kegiatan usaha PT SAMI Jepara serta produk dan jaminan kerja di PT SAMI Jepara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT SAMI Jepara

Profil PT SAMI Jepara

PT SAMI Jepara merupakan kependekan dari PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia. PT SAMI Jepara merupakan bagian dari Group Yazaki Indonesia Operation yang dikelola oleh PASI. Dan PASI merupakan bagian dari Yazaki Corporation, Jepang. 

PT SAMI Jepara bergerak dalam bidang industri komponen otomotif dan merupakan manufacturing Sistem Distribusi Elektrik dan Industri komponen otomotif dan Manufacturing Wiring Harness untuk merek-merek mobil ternama seperti General Motor (Holden, Chevrolet, Buick & GMC) Hino, Dyna, Mazda dan Honda.

JF atau Jepara Factory yang berlokasi di Mayong Jepara, merupakan perusahaan penanaman modal asing dari Jepang, berdiri sejak tahun 2002 fokus bergerak di bidang pembuatan komponen wiring harness. 

Visi :

Perusahaan yang berjalan seiring dengan dunia

Perusahaan yang diperlukan oleh masyarakat

Misi :

Membangun tempat kerja dengan semangat dan kebersamaan dan memberikan kontribusi bagi masyarakat daerah

Lokasi : 

SAMI TUGU 

Jln. Wali Songo Km 9,No. 8 Tugurejo Semarang, 50185.

Phone: (024) 8665179, 8665744, 8665740.

Fax: (024) 8665178

 

Jepara Factory

Jln Raya Kudus - Jepara. Desa Bugel Kecamatan Mayong Kabupaten Jepara,

Phone: (0291) 7512101.

Fax: (0291) 7512102

3 dari 4 halaman

Kegiatan Usaha PT SAMI Jepara

Kegiatan Usaha PT SAMI Jepara

PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia (SAMI) yang merupakan bagian dari grup perusahaan Yazaki corporation dari Jepang yang menghasilkan kabel-kabel berkualitas untuk merek mobil-mobil ternama. 

PT SAMI Jepara memiliki tiga pabrik, pertama di daerah Tugu Semarang, Bergas Kabupaten Semarang dan Mayong Kabupaten Jepara. Perluasan PT SAMI di Jepara yang sudah dimulai sejak tahun 2013 memiliki rencana investasi USD 58,2 juta dan sudah terealisasi bulan Juni 2014 dengan kapasitas produksi 3,2 juta pcs Wiring Harness Assy. 

Bahan baku yang digunakan 90% lokal seperti kabel dan 10% impor seperti connector dan Terminal. Dengan memperkerjakan 2.654 orang di pabrik Jepara, PT SAMI khusus mengekspor ke Toyota Jepang dan Mazda Thailand. Kedepannya pabrik yang beroperasi sejak bulan April 2015 itu juga akan ekspor kabel khusus ini ke pabrik Honda khusus pasar Amerika.

Selain tiga pabrik PT SAMI, di Indonesia Yazaki Corporation memiliki grup PT Autocomp System Indonesia (PASI) yang memproduksi suku cadang mobil. Perusahaan di bawah PASI yaitu PT EDS Manufacturing Indonesia (PEMI) di Tangerang, PT SAMI di Semarang dan Jepara, PT Surabaya Autocomp Indonesia (SAI) di Mojokerto, PT Jatim Autocomp Indonesia (JAI) di Pasuruan, dan PT Subang Autocomp Indonesia (SUAI) di Subang.

Saat ini market share dari PASI yaitu Jepang 51,80%, Indonesia 24%, Amerika 21,10%, Australia dan lainnya 3,00%. Sementara itu pabrikan mobil ternama yang kabelnya disuplai oleh PASI yaitu terbanyak adalah Daihatsu 56,9%, Toyota 23,10%, Honda 7,10%, Hino 6,10%, Suzuki 2,50%, Isuzu 2,50% dan lainnya 1,50%.

4 dari 4 halaman

Produk dan Tenaga Kerja di PT SAMI Jepara

Produk dan Tenaga Kerja di PT SAMI Jepara

Produk yang diproduksi oleh PT Semarang Autocomp Manufacturing Indonesia atau PT SAMI Jepara Factory yaitu kabel Wiring Harness. Jenis dan fungsinya bermacam-macam seperti untuk airbag, body front harness, door harness, engine harness dan masih banyak lagi.

Memproduksi salah satu bagian penting dalam mobil, PT SAMI Jepara didukung oleh para tenaga kerja yang profesional dan berkompeten di bidangnya. Perkembangan PT.SAMI Jepara sampai saat ini tentunya tidak lepas dari produktivitas kerja karyawan didalamnya. 

PT SAMI berusaha menghargai kinerja karyawan dengan memberikan kompensasi yang kompetitif serta benefit menarik. Berikut Kompensasi yang didapat di PT SAMI Jepara :

1. Gaji Diatas UMK Jepara

2. Tunjangan Shift Malam

3. Makan Siang/Malam

4. BPJS Kesehatan

5. BPJS Ketenagakerjaan

6. Uang Lembur

7. Tunjangan Hari Raya

8. Jenjang Karir

9. Kesempatan Magang di Jepang

10. Tunjangan Pensiun

Selain itu PT SAMI Jepara juga menyelenggarakan berbagai program dan sarana olahraga, seni dan kerohanian untuk memfasilitasi kehidupan yang berimbang bagi semua pegawainya. Karenanya, dalam lingkungan kerja disediakan berbagai fasilitas untuk kenyamanan karyawan PT SAMI Jepara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.