Sukses

PT Fastrata Buana, Distributor Kapal Api Group yang Terpercaya

PT Fastrata Buana menjadi salah satu perusahaan distributor produk makanan dan minuman terpercaya di Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Kegiatan distribusi merupakan salah satu bagian kegiatan ekonomi yang tidak dapat dilupakan. Tanpa distribusi barang yang dibuat oleh produsen tidak akan sampai ke konsumen. Beberapa produsen barang bahkan ada yang membuat unit usaha distribusinya sendiri untuk memasarkan produk yang dibuat. Salah satunya PT Fastrata Buana yang merupakan bagian dari perusahaan distributor dalam naungan Kapal Api Group.

PT Fastrata Buana menjadi salah satu perusahaan distributor produk makanan dan minuman terpercaya di Indonesia. Kredibilitasnya sudah diakui perusahaan-perusahaan di luar Kapal Api Group. Fastrata telah menjalin kerjasama dengan perusahaan selain Kapal Api Group dan menjadi distributor produk makanan dan minuman yang terpercaya.

Kepercayaan yang diperoleh oleh PT Fastrata Buana terus dipertahankan dengan meningkatkan mutu pelayanan yang menyesuaikan perkembangan zaman. Berikut ulasan Liputan6.com tentang usaha PT Fastrata Buana yang telah dilansir dari berbagai sumber, Rabu (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Perjalanan PT Fastrata Buana

PT Fastrata Buana didirikan pada 1992 di Jakarta sebagai distributor dari PT Santos Jaya Abadi yang memproduksi Kopi Kapal Api yang sangat terkenal di Indonesia. PT Santos Jaya Abadi sendiri mulai dirintis sejak masa Kolonial Belanda pada tahun 1927 di Surabaya. 

Dengan kemampuan membaca peluang pasar dan kerja keras, bisnis PT Santos Jaya Abadi  kian berkembang. Perusahaan ini kemudian memiliki beberapa anak usaha dan terbentuklah Kapal Api Group yang terdiri dari PT Santos Jaya Abadi, PT Excelso Multi Rasa, PT Agel Langgeng, PT Fastrata Buana, PT Santos Premium Krimer, PT Sulotco Jaya Abadi, dan beberapa unit usaha di luar negeri.

Tidak sekedar mengantarkan produk Kapal Api Group ke para pelanggannya, Fastrata juga bertanggung jawab atas pemasaran produk makanan dan minuman buatan Kapal Api Group. Seiring meningkatnya kapasitas produksi, Fastrata juga meningkatkan kualitas layanannya dengan menerapkan Sistem Oracle yang terintegrasi ke seluruh operasional perusahaan pada 2002. Kemudian pada 2011, perusahaan ini juga menerapkan sistem manajemen mutu ISO 9001: 2008.

Semakin meningkatnya permintaan layanan distribusi mendorong Fastrata mendirikan PT Fastrata Distribusi Indonesia pada tahun 2014. PT Fastrata Distribusi Indonesia merupakan anak perusahaan Fastrata pertama yang beroperasi  di wilayah Cirebon.

Perkembangan teknologi juga turut mempengaruhi bisnis Kapal Api Group. PT Fastrata Buana selaku distributor Kapal Api Group kemudian merambah pemasaran produk Kapal Api Group melalui online store pada 2015. Setahun berikutnya perusahaan mulai menjalankan operasional distribusi pasar luar negeri.

Kredibilitas Fastrata sebagai perusahaan Distribusi makanan dan minuman terus naik, permintaan pasar pun meningkat. Pada 2017 didirikan PT Fastana Logistik Indonesia atau (FLI) sebagai anak perusahaan yang khusus menangani bidang Logistik. Logistik menjadi bagian yang sangat penting dalam proses distribusi. 

Bagian logistik memiliki peran untuk menjaga kualitas produk tetap aman setelah keluar dari pabrik hingga sampai ketangan konsumen. Dengan memisahkan unit usaha logistik, perusahaan dapat meningkatkan kualitas layanannya. Sehubungan dengan itu, diterapkan pula upgrade atas implementasi sistem manajemen mutu ISO 9001: 2015 pada tahun 2018.

Fastrata juga memperluas jaringannya dengan mendirikan PT Fastana Multi Mandiri yang beroperasi di wilayah Sorong, Papua pada 2019. Dengan mendirikan PT Fastana Multi Mandiri jangkauan pemasaran semakin luas. Selain itu ongkos oprasional distribusi ke wilayah Indonesia timur dapat ditekan.

3 dari 4 halaman

Kegiatan Bisnis PT Fastrata Buana

Selama menjalankan usaha sebagai distributor produk makanan dan minuman, Fastrata telah membuktikan keunggulannya. Makanan dan minuman adalah produk yang masuk kedalam tubuh manusia. Selain proses produksi yang harus higienis, penanganan produk selama proses distribusi juga harus baik untuk menjaga kualitas makanan dan minuman tersebut tetap layak konsumsi.Setiap produk makanan dan minuman memiliki karakteristik masing-masing, hal tersebut menyebabkan penanganannya juga berbeda. PT Fastrata Buana memperhatikan hal tersebut secara mendetail sebagai bentuk layanan yang diberikan baik kepada produsen selaku mitra usahanya dan konsumen. 

Saat ini, Fastrata menjadi salah satu perusahaan distribusi terbesar di Indonesia dengan cabang dan titik distribusi di Sumatera, Jawa, bali, Kalimantan, Sulawesi, hingga Papua. Fastrata mendukung 500 ribu outlet cakupan langsung dengan kemampuan menjangkau seluruh wilayah Indonesia.

Fastrata secara bertahap memperluas lokasi cabang yang ada dengan membangun cabang atau lembaga baru demi memenuhi tuntutan konsumen di daerah dengan potensi pasar potensial masa depan. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan layanan dan distribusi ke seluruh wilayah Indonesia.

Fastrata memiliki fasilitas gudang dengan kapasitas penyimpanan yang tinggi. Fasilitas gudang ini dilengkapi dengan sistem manajemen persediaan berteknologi tinggi untuk memastikan bahwa produk selalu siap dan tersedia di pasar.

Sebagai perusahaan distribusi, PT Fastrata Buana memiliki ribuan armada dengan berbagai kapasitas angkut. Armada yang dimiliki oleh perusahaan meliputi kendaraan dengan ukuran besar, menengah, dan kendaraan kapasitas kecil. Keberadaan berbagai ukuran armada distribusi ini untuk memastikan produk dapat didistribusikan dengan baik ke semua tingkatan, mulai dari grosir, semi grosir, pengecer yang berada di seluruh daerah dari Indonesia

Fastrata dioperasikan secara profesional oleh pekerja yang handal dan terampil dengan integritas yang tinggi. Didukung oleh teknologi mutakhir terbaru online, real time membuat akses informasi lebih komprehensif. Teknologi ini memungkinkan semua data distribusi dan penjualan dapat digunakan oleh mitra bisnis (prinsipal) untuk membuat keputusan dengan cepat dan akurat.

4 dari 4 halaman

Produk yang Didistribusikan PT Fastrata Buana

PT Fastrata Buana mendistribusikan produk dari Kapal Api Group, seperti Kopi Kapal Api, Kopi ABC, Kopi Good Day, Excelso, Fresco, Ya!, Kapten, Ceremix, Oatbits, Relaxa, Bontea, Esprezzo, Gingerbon, Lovy, Oat 8, Sweetco, Pindy Mint, Es Mony, Sunkist, Mayasi, Iyes, Kenji, Mytea, Good Mood, dan Mountea.

Selain itu Fastrata juga bekerja sama dengan perusahaan di luar Kapal Api Group, seperti Choice Plus, Suntory Garuda, Avila Prima PT Hokkan Indonesia, THC, Mony, Kino, P&G, PT Pacific Food Indonesia, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.