Sukses

PT Katolec Indonesia, Perusahaan Manufaktur Elektronik asal Jepang

Sebelum sampai ke Indonesia sebagai PT Katolec Indonesia, Katolec Corporation telah mengalami perjalanan yang panjang di negara asalnya, Jepang.

Liputan6.com, Jakarta PT Katolec menjadi salah satu perusahaan perakitan barang elektronik yang cukup terkenal di Indonesia. Perusahaan ini adalah bagian dari perusahaan logistik dan elektronik asal Jepang.

Negara Jepang memang terkenal sebagai penghasil barang elektronik berkualitas yang dipasarkan ke berbagai negara, terbukti dengan Katolec yang membuka capang pperusahaannya di berbagai negara. Termasuk Indonesia dengan PT Katolec Indonesia yang berlokasi di Bekasi.

PT Katolec menjadi perusahaan asing yang menyediakan lapangan kerja bagi warga Indonesia. Keberadaan PT Katolec Indonesia turut membantu menggerakkan perekonomian Indonesia. Berikut ulasan Liputan6.com tentang profil PT Katolec yang dilansir dari berbagai sumber, Kamis (14/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Perjalanan Katolec Corporation Induk PT Katolec Indonesia

Sebelum sampai ke Indonesia sebagai PT Katolec Indonesia, Katolec Corporation telah mengalami perjalanan yang panjang di negara asalnya, Jepang. Katolec memulai bisnisnya sebagai perusahaan logistik yang beroperasi di Tamatsu. Yataro Kato founder Katolec pertama kali memulai usaha di bidang transportasi logistik pada 1877 di Takamatsu, Kagawa, Jepang. 

Perusahaan lalu mengalami reorganisasi menjadi perusahaan publik bernama Kato Kaiun dan memindahkan Kantor Pusat di Kobe pada 1928. Kato Kaiun kemudian memulai layanan kapal kargo-penumpang antara Osaka dan Kagawa.

Nama perusahaan kembali diubah menjadi Kato Kaiun Co Ltd pada 1937. Selanjutnya terjadi pemisahan divisi angkutan penumpang dengan nama Kato Kisen Co Ltd pada 1949. Kato Kisen memperoleh lisensi untuk bisnis transportasi truk motor umum antara Takamatsu dan Kyoto pada 1961. Hal ini menjadi akar dari bisnis Katolec hingga saat ini.

Kato Kisen memulai layanan pengiriman door-to-door untuk department store besar di Takamatsu Office pada 1963. Usahanya semakin maju hingga mampu membuka kantor di Tokyo pada 1965. Perusahaan ini kemudian menerima pesanan untuk mengangkut produsen elektronik besar di Kota Saijo, Ehime, dan mendirikan Fukuju Unyu Co Ltd pdapa 1965.

Pada tahun yang sama Kato Kisen mendirikan Shikoku Precision Automotive Industry Co, perusahaan perawatan mobil-mobil perusahaan grup. Perusahaan ini sekarang menjadi Automotive Services Precision Services Co Ltd.

Pada 1967, departemen transportasi darat dipisahkan dari Kato Kisen Co Ltd, kemudian didirikan Kato Rikuun Co Ltd yang menjadi bisnis fundamental dari Katolec Corporation saat ini.

Kato Rikuun kemudian membuka beberapa kantor cabang untuk mendukung bisnis yang dikerjakan. Cabang Utsunomiya dibuka pada tahun 1969, diikuti cabang Tsukuba pada 1975.

Tatsuo Kato resmi menjadi menjadi Presiden pada 1976. Setelah pelantikannya, Tatsuo mendirikan Museum Rumah Rakyat Shikoku atau alias Shikoku-Mura) yang dibuka untuk umum di Yashima, Kota Takamatsu.

Kato Rikuun memulai bisnis EMS atau Electronic Manufacturing Service pada 1980. Mulailah Kati Kisen merambah bisnis perakitan dan pembuatan komponen elektronik sebagai subkontraktor untuk produsen elektronik besar. Bisnis rintisan ini menjadi cikal bakal berdirinya PT Katolec Indonesia.

Nama perusahaan Kato Rikuun Co Ltd diubah menjadi Katolec Corporation pada April 1992. Nama Fukuju Unyu Co Ltd juga diubah menjadi Katolec West Corporation di tahun yang sama. Setahun kemudian berdirilah PT Katolec Indonesia sebagai anak perusahaan pertama yang berada di luar Jepang.

3 dari 3 halaman

PT Katolec Indonesia

Katolec mulai berekspansi ke Indonesia pada September 1993. Pabrik PT Katolec berlokasi di Kawasan Industri EJIP Plot 8F, Cikarang Selatan, Bekasi, Jawa Barat. Pabrik ini melakukan kegiatan pemasangan papan cetak dan perakitan peralatan elektronik. Anak perusahaan Katoleh yang berada di Indonesia telah mengantongi sertifikat internasional, diantaranya ISO9001, ISO14001, dad IATF16949.

Setelah membuaka anak usaha di Indonesia, Katolec juga melakukan expansi ke negara lain. Saat ini bisnis EMS Katoleh telah tersebar ke berbagai negara seperti Filipina, Thailand, Hongkong, China, Vietnam, dan Malaysia. 

Produk yang dihasilkan oleh pabrik PT Katolec Indonesia secara umum dapat dibagi menjadi dua kategori, produk konsumer dan produk otomotif. Produk konsumer yang dihasilkan PT Katolec, diantaranya printer (PCB-ASSY), piano elektronik (PCB-ASSY), catu daya untuk televisi dan adaptor (PCB-ASSY), dan selimut listrik (PCB-ASSY).

Sedangkan untuk produk otomotif, Katolec Indonesia menghasilkan ECU untuk kendaraan roda dua (PCB-ASSY), peralatan audio, saklar untuk kendaraan roda empat (PCB-ASSY), panel meter untuk kendaraan roda empat (PCB-ASSY), dan tuas pemindah panel untuk kendaraan roda empat (PCB-ASSY). PT Katolec Indonesia juga membuat lampu dan sensor untuk kendaraan seperti lampu depan kendaraan roda dua (PCB-ASSY), lampu belakang untuk kendaraan roda dua (PCB-ASSY), sensor percepatan untuk kendaraan roda dua (PCB-ASSY), dan sensor kontrol gain otomatis untuk kendaraan roda dua (PCB-ASSY).

Berdasarkan data dari laman www.katolec.com, PT Katolec saat ini beroperasi di atas lahan seluas 35.200 meter persegi dengan luas bangunan 22.200 meter persegi. Per 31 Agustus 2022 Kegiatan produksi didukung oleh 1.000 orang tenaga kerja.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.