Sukses

Profil PT Indolakto, Perusahaan Top 3 Industri Susu di Indonesia

Profil PT Indolakto, sejarah berdirinya PT Indolakto dan produk-produk milik PT Indolakto.

Liputan6.com, Jakarta PT Indolakto merupakan anak perusahaan dari PT Indofood Group yang bergerak di bidang Industri pembuatan, pengolahan dan distribusi susu. Didirikan pada tahun 1967 sebagai bentuk investasi asing untuk memproduksi susu kental manis secara modern di Indonesia.

Terus berkembang dan berinovasi, PT Indolakto juga berusaha untuk memperkuat perusahaan dengan melakukan sejumlah merger sejumlah PT di bawah payung bisnis PT Indolakto. Perusahaan yang tergabung adalah PT Industri Susu Indonesia Australia, PT Industri Susu Indo Murni, PT Ultrindo dan PT Indoeskrim.

PT Indolakto merupakan salah satu perusahaan produsen produk susu terbesar di Indonesia. Merk populer seperti INDOMILK, Cap Enak, Tiga Sapi, Orchid Butter, dan Indoeskrim sudah dikenal puluhan tahun. Selain itu juga memproduksi mentega, es krim dan minuman yoghurt. 

Lebih lengkapnya, berikut ini ulasan PT Indolakto yang Liputan6.com rangkum dari laman indomilk.com tentang profil PT Indolakto, sejarah berdirinya dan produk-produk, Kamis (15/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Profil PT Indolakto

PT Indolakto merupakan anak perusahaan dari PT Indofood, dengan merk terkenalnya yaitu Indomilk yang juga merupakan salah satu merek terbesar di Indonesia. Dengan jangkauan produk yang luas membuat PT Indolakto menjadi Top 3 Industri Susu di Indonesia

PT Indolakto merupakan perusahaan yang menghasilkan jenis minuman yang bermarkas di Jakarta, Indonesia. PT Indolakto didirikan pada tahun 1967, sebagai perusahaan umu yang menghasilkan berbagai produk susu. 

PT Indolakto sebelumnya bernama PT Australia Indonesian Milk Industries, yang merupakan perusahaan patungan antara NV Marison dengan Australian Dairy Corporation. Setelah diambil alih oleh Sudono Salim dan Salim Group, perusahaan ini kemudian menghasilkan susu dengan merek Indomilk.

Visi : Turut Mencerdaskan Anak Bangsa

Misi : Menyediakan produk unggul yang halal, bermutu, aman, dan mudah diperoleh

Kualitas :

- Keterjagaan Kualitas dan Kesegaran Produk

- Produk Dairy Lezat dan Lengkap

- Jaringan distribusi nasional

- Kolaborasi dan Ko-kreasi untuk Kepuasan Konsumen

 

Sertifikat

Untuk menjaga kualitasnya, seluruh pabrik PT Indolakto telah memenuhi persyaratan dan memiliki sertifikasi penjamin mutu, sebagai berikut:

1. ISO 22000:2005

Sistem keamanan pangan yang menjamin perusahaan yang menjalankan Good Manufacturing Practice (GMP).

2. Sertifikasi FSSC (Food Safety System Certification)

Sistem keamanan pangan secara menyeluruh dan diakui secara internasional.

3. HALAL MUI

Jaminan produk bebas dari bahan-bahan yang dilarang Majelis Ulama Indonesia (MUI).

4. Sertifikasi PMR (Program Manajemen Risiko)

Sistem keamanan pangan secara menyeluruh dan diakui secara internasional.

5. Sertifikasi ISO 17025

Akreditasi laboratorium yang menjamin hasil-hasil analisa lebih akurat dan dapat dipertanggungjawabkan.

3 dari 4 halaman

Sejarah PT Indolakto

Sebelum menjadi seperti sekarang ini, PT Indolakto berasal dari  PT Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK), yang didirikan pada tahun 1967 sebagai perwujudan penanaman modal asing dan pelopor dalam pembuatan susu yaitu susu kental manis secara modern di Indonesia.

Bersama dengan 200 karyawan, pengembangan produk dan usaha terus dilakukan hingga diluncurkan produk lainnya seperti susu pasteurisasi merk INDOMILK pada tahun 1970, produk mentega dengan merk ORCHID BUTTER dan untuk merk Golden Churn pada tahun 1971.

Kemudian PT Indolakto juga mulai memproduksi produk es krim untuk merk Peter Ice Cream pada tahun 1972, serta susu bubuk INDOMILK yang diproduksi dengan sistem toll manufacturing pada tahun 1985.

Pada tahun 1986 PT. INDOMILK memperoleh status PMDN (Penanaman Modal Dalam Negeri) setelah terjadinya alih teknologi dan permodalan. Produk berikutnya yang diluncurkan setelah perubahan status ini adalah susu kental manis CAP ENAAK. 

Tahun 1988 susu kental manis produksi INDOMILK telah diimpor oleh berbagai negara seperti Malaysia, Singapura, Bangladesh, Vietnam, Myanmar, Taiwan, Timur Tengah, Afrika dan Amerika Latin.

Sejalan dengan perkembangan usaha, INDOMILK Dairy Group telah melahirkan beberapa perusahaan dengan produknya masing-masing bersama dengan 2.651 karyawan. Hingga tahun 2008, INDOMILK Dairy Group telah menaungi beberapa anak perusahaan dan berbagai produk susu.

Saat ini produk-produk tersebut sudah diekspor ke Singapura, Kamboja, Brunei Darussalam, Filipina, Hongkong, Taiwan, Jepang, Korea, Fiji, Nauru, Tonga, Solomon, Samoa, Vanuatu, Papua Nugini, New  Zealand, Timor Leste, Cameroon, Malawi, Moroni dan Maladewa.

Untuk memperkuat sinergi dalam badan perusahaan, maka pada bulan April 2008 dilakukan merger terhadap PT. Australia Indonesian Milk Industries (PT. INDOMILK), PT. Indo Murni Dairy Industries, PT. Ultrindo, PT. INDOLAKTO dan PT. Indoeskrim ke dalam satu payung usaha, yaitu PT. INDOLAKTO.

4 dari 4 halaman

Produk PT Indolakto

PT Indolakto menyediakan produk-produk berkualitas yang terjaga kesegaran dan kebaikannya. Pemilihan kualitas susu sapi Indomilk terbaik dengan standar tertinggi dalam proses produksinya. Berikut daftar produk-produk milik PT Indolakto: 

1. Indomilk Goodmilk  

Dibuat dengan susu sapi segar. Susu UHT Indomilk Full Cream dibuat dengan susu sapi segar, mengandung nutrisi Vitamin A, B2, B6, D dan Fosfor untuk membantu pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi keluarga. 

Susu UHT Indomilk diproses dengan Teknologi UHT (Ultra High Temperature) dan dikemas secara aseptic dengan menggunakan kemasan multilapis kedap cahaya dan udara untuk menjaga kesegaran susu. Minum 2x sehari agar dapat memenuhi asupan kalsium dan nutrisi harian keluarga Anda dan cocok untuk anak di atas 1 tahun.

2. Indomilk Kids  

Tinggi fosfor dan vitamin D. Susu UHT INDOMILK adalah produk susu cair yang diperoleh dari susu segar atau susu rekonstitusi atau susu rekombinasi yang disterilkan pada suhu tidak kurang dari 135 derajat celcius dengan F0 tidak kurang dari 3 menit dan dikemas segera dalam kemasan yang steril secara aseptis.

Mengandung kalsium untuk membantu dalam pembentukan dan mempertahankan kepadatan tulang dan gigi, tinggi fosfor dan vitamin D untuk penyerapan kalsium, sumber vitamin A, B1, B6 untuk membantu mempertahankan keutuhan lapisan permukaan mata.

3. Indomilk Susu Botol Cair 

Sumber nutrisi untuk tulang) Susu Steril Indomilk adalah produk susu cair yang diperoleh dari susu segar atau susu rekonstitusi atau susu rekombinasi yang dipanaskan pada suhu tidak kurang dari 100°C selama waktu yang cukup untuk mencapai keadaan steril komersial dan dikemas secara kedap (hermetis). 

4. Indomilk Your Way  

Terinspirasi dari K-Culture, Indomil-K (Indomilk UHT 180ml) hadir untuk temani keseruan momen Korea penikmatnya. Indomil-K diperoleh dari susu sapi segar dan di tersedia dalam 4 varian rasa, Seoul Banana, Korean Strawberry, Busan Vanilla dan Jeju Chocolate,

5. Indomilk Kental Manis 

Indomilk Kental Manis dengan formula baru. Yang membuatnya menjadi lebih creamy dan lebih nikmat. Menjadi sumber Kalsium, Fosfor Zinc, Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6,B12, D3, E.

Indomilk Kental Manis dengan 2 pilihan rasa Plain dan Swiss Choco yang lebih nikmat dan berkualitas. Cocok digunakan untuk bahan membuat makanan dan minuman. Membuat semua hidangan yang biasa jadi naik kelas.

6. Indomilk Susu Bubuk 

Susu bubuk indomilk OptiNutri, adalah minuman susu berbahan dasar susu bubuk full cream dengan kandungan Protein dan Tinggi Kalsium Susu, dengan penambahan Omega 3, Vitamin dan Mineral. Baik untuk membantu anak tumbuh tinggi secara fisik, tangguh menghadapi tantangan dan tanggap menyerap semua pelajaran.

7. Indomilk Good To Go 

Minuman rendah lemak dan sumber serat. Minuman susu rasa pisang dan coklat persembahan INDOMILK yang diolah dengan proses sterilisasi HTST (High Temperature Short Time) yang mampu membunuh bakteri jahat. Minuman susu rendah lemak dan kaya akan sumber serat ini, cocok untuk dijadikan minuman kesehatan dan dikonsumsi sehari-hari. 

Susu Multi Cereal pertama di Indonesia persembahan Indomilk ini sangat cocok untuk sarapan atau asupan tambahan di sela padatnya aktivitas anda, karena dapat mengenyangkan dan memberi energi lebih lama, cocok untuk anda yang jarang sarapan karena kesibukan sehari-hari. 

8. Indomilk Susu Steril 

Indomilk juga menghadirkan susu steril dalam kemasan kaleng yang cocok untuk dikonsumsi sekeluarga dan menemani aktivitas sehari-hari supaya lebih nyaman. Dibuat dari susu segar pilihan yang berkualitas tinggi, maka memiliki rasa dan aroma yang gak bikin eneg. Dengan teknologi sterilisasi, berstandar internasional untuk menjaga semua kebaikan susu murni di dalamnya.

Susu sapi Holstein dikenal sejak lama sebagai varian susu sapi perah yang menghasilkan susu segar berkualitas. Sehingga menghasilkan susu steril berkualitas tinggi, dengan rasa yang tidak eneg karena teksturnya ringan dan tidak lengket di tenggorokan. Indomilk Susu Steril tersedia dalam 2 varian rasa, yaitu Original yang nggak eneg dan Honey yang manisnya pas.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.