Sukses

PT Musashi Auto Parts Indonesia, Produsen Komponen Otomotif Asal Jepang

PT Musashi Auto Parts Indonesia merupakan anak cabang dari Musashi Seimitsu Industries Group, perusahaan teknologi dari Jepang.

Liputan6.com, Jakarta Industri otomotif tidak dapat dipisahkan dari industri manufaktur komponen penyusunnya. Dalam melakukan usahanya, produsen kendaraan biasanya bekerjasama dengan beberapa produsen komponen penyusun kendaraan, sepatu produsen komponen transmisi, mesin, body dan lain lain. Salah satu perusahaan manufaktur komponen kendaraan di Indonesia adalah PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Perusahaan asal Jepang ini telah lama menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan otomotif sejak awal berdiri. Kegiatan PT Musashi Auto Parts Indonesia berada di bawah naungan Astra Group. Dengan kata lain keberadaan Musashi adalah sebagai penyedia komponen transmisi dan mesin untuk perusahaan otomotif yang ada di Astra Group.

PT Musashi Auto Parts Indonesia memang tidak secara langsung beroperasi ada di bawah Astra, namun melalui koordinasi PT Astra Honda Motor. Berikut ulasan Liputan6.com tentang perjalanan bisnis PT Musashi Auto Parts Indonesia yang dirangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

PT Musashi Auto Parts Indonesia Anak Perusahaan Musashi Seimitsu Industries Group

PT Musashi Auto Parts Indonesia merupakan anak cabang dari Musashi Seimitsu Industries Group, perusahaan teknologi dari Jepang. Di negara asalnya, Musashi juga memproduksi komponen untuk kereta, mobil, dan motor. Perusahaan ini juga sudah menjalin kerjasama dengan berbagai perusahaan otomotif sejak usahanya belum merambah ke luar Jepang.

Bisnis Musashi Seimitsu Industries Group bermula pada 1938 dengan nama perusahaan Otsuka Seisakusho yang dirintis di Shinagawa-ku, Tokyo. Saat pertama kali berdiri perusahaan ini memproduksi suku cadang karburator untuk pesawat terbang. Perusahaan kemudian menjadi perusahaan publik dengan nama Musashino Tokyo pada 1944. Pada Oktober 1946, Musashino Tokyo memindahkan aktivitas bisnisnya ke Osaki, Toyohashi, dan mengganti nama perusahaan menjadi Musashi Sangyo.

Musashi Sangyo mulai menjalin kerjasama dengan Honda Motor Co Ltd pada September 1956. Sejak saat itu Musashi memulai produksi komponen untuk motor. Ini menjadi cikal bakal keberadaan PT Musashi Auto Parts Indonesia. 

Pada September 1963, nama perusahaan kembali diubah menjadi Musashi Seimitsu Industry Co LTd. Hingga saat ini Musashi telah menjalin kerjasama dengan berbagai produsen kendaraan terkenal asal Jepang dan luar Jepang. Kini Musashi sudah memiliki cabang perusahaan yang tersebar di 16 negara.

Perusahaan yang menjadi mitra Musashi yang berasal dari Jepang diantaranya, Honda Motor Co Ltd, Daihatsu Motor Co Ltd, Suzuki Motor Corporation, Mitsubishi Motors Corporation, Subaru Corporation, dan Kawasaki Heavy Industries Ltd. Sedangkan, mitra Musashi yang berasal dari luar Jepang diantaranya, Fiat Chrysler Automobiles NV, Ford Motor Company, General Motors Company, Volkswagen Group, BMW AG, Daimler AG, Jaguar Land Rover Automotive PLC, Triumph Motorcycles Ltd dan masih banyak lagi.

Hubungan bisnis yang terjalin antara Musashi dan perusahaan otomotif tentu dibangun dalam waktu yang tidak singkat. Kerja keras serta dedikasi Musashi dalam membuat produk komponen kendaraan berkualitas pasti menjadi salah satu faktor penentu kesuksesannya. Berdasarkan data di laman www.musashi.co.jp, per Maret 2022 Musashi Seimitsu Industry berhasil mencapai laba bersih sebesar 241.896 juta yen.

3 dari 3 halaman

PT Musashi Auto Parts Indonesia

Musashi memulai usahanya di Indonesia melalui Astra Group pada Maret 1996, salah satu perusahaan Konglomerat di Indonesia. PT Musashi Auto Parts Indonesia melakukan aktivitas produksi komponen kendaraan di bawah koordinasi dari PT Astra Honda Motor. Selain untuk memenuhi keperluan produsen otomotif di dalam Astra Group, PT Musashi Auto Parts Indonesia juga memasarkan produknya ke luar negeri. 

PT Musashi Auto Parts Indonesia memproduksi komponen transmisi dan mesin dengan teknologi tinggi yang sangat presisi untuk kendaraan roda dua maupun roda empat. Kantor cabang pertamanya berada di East Jakarta Industrial Park (EJIP) Plot 3J-2, Kel. Sukaresmi, Kec. Cikarang Selatan, Kab. Bekasi 17550, Jawa Barat. 

Kemudian dibuka kantor kedua untuk memenuhi permintaan pasar yang kian meningkat. Kantor cabang kedua PT Musashi Auto Parts Indonesia berlokasi di Surya Cipta City of Industry, Jl. Surya Madya Kav. 1-36 BC, Ds. Kutanegara, Kec. Ciampel, Kab. Karawang 41361, Jawa Barat.

Sebagai bagian Musashi Seimitsu Industry Co Ltd yang melakukan usaha di Indonesia melalui Astra, Saham perusahaan ini dipegang oleh Musashi Seimitsu Industry Co Ltd dan PT Astra Honda Motor. Berdasarkan data di laman www.career.musashi.co.id, saat ini ada 1.645 orang pekerja yang menjadi pegawai PT Musashi Auto Parts Indonesia.

Sama seperti perusahaan induknya di Jepang, PT Musashi Auto Parts Indonesia juga menjadi pembuat komponen kendaraan untuk berbagai perusahaan otomotif di Indonesia. Berikut adalah mitra PT Musashi Auto Parts Indonesia.

- Astra Honda Motor

-Honda Prospect Motor

- Astra Daihatsu Motor

- Suzuki Indomobil Motor

- Aisin Indonesia

- Akashi Wahana Indonesia

- FCC Indonesia

- Honda Precision Parts Manufacturing

- Kawasaki Motor Indonesia

- Daihatsu Drivetrain Manufacturing Indonesia

- Toyota Motor Manufacturing Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.