Sukses

Arti GOAT dalam Sepak Bola, Istilah yang Diperdebatkan Selama Piala Dunia 2022

Arti GOAT berkaitan dengan seseorang yang terbaik di bidangnya.

Liputan6.com, Jakarta Arti GOAT dalam sepak bola mungkin masih belum dipahami oleh sebagian orang, terutama bagi kamu yang bukan fans olahraga satu ini. Namun, istilah GOAT semakin sering terdengar selama gelaran Piala Dunia 2022 Qatar ini. Istilah GOAT ini tentunya tidak lepas dari perdebatan siapa yang terbaik antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo.

Istilah GOAT sebenarnya tidak hanya digunakan dalam sepak bola, tetapi juga kerap dipakai pada olahraga lainnya. Istilah GOAT ini berkaitan dengan seorang olahragawan yang terbaik di cabang olahraganya. GOAT menjadi salah satu istilah yang kerap dibicarakan selama Piala Dunia 2022 Qatar.

Arti GOAT berkaitan dengan seseorang yang terbaik di bidangnya. Dalam olahraga, hal ini tidak hanya berkaca pada gelar atau raihan yang telah dicapai sang olahragawan, namun juga melihat pada kemampuan yang dimilikinya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (19/12/2022) tentang arti GOAT.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Arti GOAT

Arti GOAT merujuk pada seseorang yang terbaik. GOAT adalah singkatan dari Greatest of All Time, yang dalam bahasa Indonesia  berarti “terbaik sepanjang masa”. Arti GOAT adalah untuk mewakili para pemain sepak bola yang mempunyai kualitas terbaik dari masa ke masa. Namun, arti GOAT tidak hanya terbatas digunakan pada pemain sepak bola saja. Istilah ini juga kerap disematkan kepada para atlet tertentu. Istilah GOAT sendiri lebih terkenal digunakan oleh para pemain sepak bola karena fanbase sepak bola yang sangat besar.

Arti GOAT atau Greatest of All Time juga mewakili semua atlet olahraga apapun yang mempunyai kemampuan sangat baik selama bertahun-tahun mereka meniti kariernya dalam olahraga. Maka dari itu, kebanyakan istilah ini digunakan kepada para pemain atau atlet yang sudah berkarier selama bertahun-tahun dan mempunyai performa yang sangat baik melebihi atlet lainnya.

Jadi, arti GOAT bukanlah kambing seperti terjemahan bahasa Inggris dari kata tersebut secara langsung. GOAT adalah singkatan dari Greatest of All Time, yang sering digunakan dalam dunia olahraga.

Penggunaan istilah GOAT INI menggambarkan atlet-atlet terhebat yang pernah meraih kejayaan pada masanya, seperti Muhammad Ali di olahraga tinju, LeBron James sebagai pemain bola basket, Rafael Nadal di Tenis, hingga Lionel Messi dan Crisriano Ronaldo di sepak bola.

3 dari 3 halaman

Arti GOAT dalam Sepak Bola

Arti GOAT dalam sepak bola tentunya merujuk pada pemain bola terbaik sepanjang masa. Penyematan gelar GOAT dari para fans ini tentunya bukan dilakukan dengan penilaian yang main-main. Penyandang gelar GOAT haruslah pemain yang benar-benar terhebat dan jaya pada masanya. Seorang GOAT dalam sepak bola tidak hanya dinilai dari jumlah gelar atau trofi yang diraihnya, tetapi juga kehebatannya yang dianggap bisa mewakili suatu era.

Pada saat ini, dunia sepak bola kerap kali menyematkan istilah GOAT ini kepada dua orang, yaitu Lionel Messi dan Ronaldo. Apalagi, dalam Piala Dunia 2022 di Qatar kedua megabintang sepak bola ini tampil untuk merengkuh gelar juara. Perdebatan para fans sepak bola tentang GOAT yang sebenarnya antara Messi dan Ronaldo bagi sebagian orang tentunya sudah dapat disimpulkan di Piala Dunia 2022 Qatar ini.

Dengan hasil Piala Dunia 2022 di Qatar banyak orang menganggap kini Lionel Messi adalah GOAT yang sebenarnya. Hal ini tentunya dengan torehan Messi menjuarai Piala Dunia 2022 Qatar bersama Argentina. Dalam laga final melawan Prancis di Lusail Stadium, Qatar, Messi mencetak dua gol dan berhasil mengantarkan Argentina Juara Piala Dunia 2022. Messi sekaligus menyabet gelar Golden Ball atau pemain terbaik Piala Dunia 2022 di Qatar.

Selain Messi dan Cristiano Ronaldo, beberapa pemain sepak bola yang kerap dianggap sebagai GOAT lainnya yaitu Diego Maradona hingga Pele. GOAT sebenarnya adalah istilah yang subjektif, sehingga banyak pendapat berbeda soal gelar ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.