Sukses

Profil PT Voksel Electric Tbk, Perusahaan Kabel Listrik dan Telekomunikasi

PT Voksel Electric Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri kabel.

Liputan6.com, Jakarta PT Voksel Electric Tbk merupakan sebuah perusahaan yang bergerak dalam industri kabel. Adapun core business dari PT Voksel Electric Tbk antara lain adalah pembuatan kabel listrik, telekomunikasi, dan serat optik. Dengan kata lain, PT Voksel Electric Tbk memproduksi kabel untuk berbagai tujuan, baik untuk tujuan kelistrikan maupun komunikasi. 

PT Voksel Electric Tbk memiliki visi untuk menjadi perusahaan penyedia kabel kelas dunia yang ada di Indonesia. Untuk mewujudkan visi tersebut, PT Voksel Electric Tbk memiliki misi dengan memberikan kontribusi terhadap pertumbuhan nasional dan mengoptimalkan nilai perusahaan melalui solusi unggul dan tanggung jawab sosial berkelanjutan.

Untuk menjalankan bisnis dan memperoleh keuntungan, serta mewujudkan visi perusahaan, PT Voksel Electric Tbk berkantor pusat di Menara Karya 3rd Floor, Suite D Jl. HR. Rasuna Said Blok X - 5, Kav. 1 - 2 Jakarta 12950.

Sedangkan untuk operasional dan produksi, PT Voksel Electric Tbk memiliki sebuah pabrik yang ada di Jl. Raya Narogong Km. 16 Cileungsi, Bogor 16820, Indonesia. Untuk lebih memahami PT Voksel Electric Tbk, berikut adalah informasi selengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari laman resmi perusahaan, Selasa (20/12/2022).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sejarah PT Voksel Electric Tbk

Berdasarkan informasi dari laman resmi perusahaan, PT Voksel Electric Tbk didirikan pada tanggal 19 April 1971. Sejak saat itu PT Voksel Electric Tbk langsung bergerak di industri kabel.

Kemudian pada 1989, PT Voksel Electric Tbk mengubah statusnya setelah mengadakan perjanjian joint venture dengan Showa Electric Wire & Cable Co. Ltd., atau yang dikenal dengan nama "Showa". Showa adalah perusahaan kabel terkemuka di Jepang yang berganti nama menjadi SWCC Showa Cable Systems Co Ltd sejak tahun 2006.

Sejalan dengan pesatnya perkembangan industri kabel dan pertumbuhan strategis yang semakin agresif, PT Voksel Electric Tbk kemudian melakukan penawaran perdana di Bursa Efek Jakarta (sekarang Bursa Efek Indonesia) dan Bursa Efek Surabaya pada tanggal 20 Desember 1990.

Dengan pemeliharaan dan dedikasi dari seluruh manajemen dan staf Perseroan, PT Voksel Electric Tbk berhasil memposisikan diri sebagai salah satu produsen kabel terkemuka di Indonesia. Bisnis inti Perusahaan meliputi pembuatan kabel listrik, telekomunikasi, dan serat optik.

PT Voksel Electric Tbk telah memasarkan semua produknya di pasar dalam negeri maupun pasar luar negeri. Adapun di pasar dalam negeri, sebagian besar angka penjualan berasal dari PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom). Tidak hanya menjual kabel hasil produksinya ke perusahaan, PT Voksel Electric Tbk juga menjual kabel hasil produksinya ke kontraktor dan distributor, untuk kemudian dijual secara ecer.

Sedangkan di luar negeri, PT Voksel Electric Tbk telah menjual kabel hasil produksinya ke berbagai negara, antara lain Singapura, Malaysia, Timor Leste, Filipina, Thailand, Vietnam, Kamboja, Myanmar, Nepal, Bhutan, India, Sri Lanka, Bangladesh, Pakistan, Afghanistan, UEA, Yaman, Saudi Arab, Qatar, Lebanon, Irak, Yordania, Mesir, Jepang, Korea Selatan, Australia, Panama, Brasil, Kenya, Tanzania, DR Kongo, Republik Kongo, Nigeria, Ethiopia, Mozambik, Uganda, Eritrea, Malta, Mauritius, Siprus, Seychelles, Liberia, Haiti, Suriname, Palestina, Hong Kong, Taiwan, Cina, Samoa, Chili, Ekuador, Brunei, Gabon, Ghana, Angola, Pantai Gading, Burundi, Rwanda, Madagaskar.

3 dari 5 halaman

Dewan Komisaris PT Voksel Electric Tbk

1. Kumhal Djamil - Presiden Komisaris

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1938. Lulus Program Diploma Ingenieur Jurusan Teknik Universitas Rheinisch Westfälische Technische Hochschule Aachen – Jerman tahun 1965 dan Sarjana Ekonomi dari Universitas Indonesia tahun 1984. Bergabung dengan PT Voksel Electric Tbk sejak tahun 2004 sebagai Komisaris, dan sejak Juni 2009 diangkat sebagai Komisaris Utama dan Komisaris Independen. Pada Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan tahun 2014, beliau diangkat sebagai Presiden Direktur Perseroan. Pada tahun 2016, beliau diangkat sebagai Presiden Komisaris.

2. Linda Lius - Komisaris

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1983, lulus dari Boston University, USA pada tahun 2003, bergabung dengan Perseroan sejak tahun 2005 sebagai Penasihat Keuangan. Pada Juni 2006 – November 2013 menjabat sebagai Direktur Perseroan. Kemudian diangkat sebagai Komisaris Utama pada RUPS Tahunan tahun 2014, dan menjabat sebagai Komisaris sejak tahun 2016. Memiliki hubungan afiliasi dengan salah satu Direksi.

3. Hardi Sasmita - Komisaris

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1954, MBA lulus dari World Association University of California, USA pada tahun 1999. Menjabat sebagai Direktur PT Makmur Meta Graha Dinamika sejak tahun 1984, Direktur PT Wisma Calindra (Wisma 76) sejak tahun 2006, dan Direktur PT Daksawira Perdana (Wisma 77) sejak tahun 2009. Bergabung dengan Perseroan pada bulan Juni 2010 sebagai Komisaris.

4. Tan Huiliang - Komisaris

Warga Negara China, lahir di Jiangsu pada tahun 1982, lulus dari Universitas Sichuan pada tahun 2011 dengan gelar Sarjana Pemasaran. Beliau meraih gelar Master dari Beijing Institute of Technology University pada tahun 2016. Bergabung dengan Perseroan sejak tahun 2016 dan diangkat sebagai Komisaris berdasarkan hasil RUPST 21 Juni 2019.

5. Masaki Matsui - Komisaris

Warga Negara Jepang, lahir pada tahun 1976, lulus dari Sophia University (Jepang) pada tahun 1999 dengan gelar Bachelor of Laws dan pada tahun 2001 menyelesaikan Program Magister, School of Law. Bergabung dengan Perseroan sejak tahun 2019, dan diangkat sebagai Komisaris berdasarkan hasil RUPST 21 Juni 2019.

6. Tjahjadi Lukiman - Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia, lahir tahun 1950, lulusan Fakultas Teknik Mesin Universitas Trisakti. Pada RUPS Tahunan 2014 diangkat sebagai Komisaris Independen Perseroan.

7. Muliany Anwar - Komisaris Independen

Warga Negara Indonesia, lahir tahun 1957. Tahun 1978 lulus Diploma Cost Accounting Stamford College Singapore. Bergabung dengan Perseroan pada tahun 1983 dengan awal karir sebagai Staff Accounting. Kemudian diangkat sebagai Komisaris sejak tahun 2015.

4 dari 5 halaman

Direksi PT Voksel Electric

1. David Lius - Presiden Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1982, dan memperoleh gelar Bachelor of Science in Business Administration jurusan Management & Information System dari Suffolk University Boston, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 2001. Diangkat sebagai Presiden Direktur sejak tahun 2016.

2. Dr. Rizal Nangoy - Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1977. Memperoleh gelar Sarjana Teknik Metalurgi dari Universitas Indonesia pada tahun 1998. Pada tahun 2013, beliau memperoleh gelar Magister Manajemen (MM) dari PPM - School of Management, Jakarta - Indonesia. Memperoleh gelar Master of Science (M.Si.) - Psikologi Industri dan Organisasi dan lulus pada tahun 2016 dari Universitas Tarumanagara, Jakarta - Indonesia. Pada tahun 2020, beliau dianugerahi gelar Doktor Manajemen Strategis tertinggi dengan predikat Summa Cum Laude dari BINUS Business School, Universitas Bina Nusantara, Jakarta - Indonesia. Diangkat sebagai Direktur Komersial PT Voksel Electric Tbk sejak tahun 2020 berdasarkan Akta RUPS No. 42 tanggal 28 Juli 2020.

3. Zhou Chengcai - Direktur

Warga Negara Australia, lahir pada tahun 1981, dan memperoleh gelar Bachelor of Business Administration and Computer Science dari Zhejiang University, China, pada tahun 2003 dan Master of Commerce (Honors) jurusan Accounting & Finance dari University of Sydney, Australia, pada tahun 2006. Diangkat sebagai Direktur Keuangan sejak tahun 2022. Pengangkatan terakhir untuk posisi saat ini berdasarkan Akta RUPS No. 39 tanggal 17 Juni 2022.

4. Hua Shun - Direktur

Warga negara China, lahir pada tahun 1983. Memperoleh gelar sarjana dari Nanjing University of Finance and Economics jurusan Business Administration pada tahun 2007. Bergabung dengan PT Voksel Electric Tbk sebagai Direktur Teknik pada Juni 2021 berdasarkan Akta RUPS No. 68 tanggal 25 Juni 2021.

5. Ferry Suarly - Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1973, dan memperoleh gelar Bachelor of Science Economic-Finance dari Bentley College, Massachusetts, Amerika Serikat pada tahun 1996. Beliau menjabat sebagai Corporate Business Development Director. Pengangkatan terakhir untuk posisi saat ini berdasarkan Akta RUPS No. 42 tanggal 28 Juli 2020. Saat ini beliau merangkap jabatan sebagai Presiden Direktur di PT Cendikia Global Solusi (CGS) sejak 2019.

6. Yogiawan - Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1963, dan memperoleh gelar Bachelor of Electrical Engineering dari University of Southern California, Amerika Serikat pada tahun 1984, dan Master of Business Administration dari Philippine School of Business Administration pada tahun 2002. Beliau menjabat sebagai Direktur Operasional. Pengangkatan terakhir untuk posisi saat ini berdasarkan Akta RUPS No. 42 tanggal 28 Juli 2020.

7. Aripin - Direktur

Warga Negara Indonesia, lahir pada tahun 1970, dan memperoleh gelar Sarjana Teknik Komputer dari STMIK Bina Nusantara, Jakarta, pada tahun 1994. Diangkat sebagai Direktur Human Capital sejak tahun 2019. Pengangkatan terakhir untuk jabatan saat ini berdasarkan Akta RUPS No. 42 tanggal Juli 28, 2020. Saat ini juga menjabat sebagai Kepala Unit GCG Perseroan (sejak 2021).

5 dari 5 halaman

Produk PT Voksel Electric Tbk

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, PT Voksel Electric Tbk merupakan sebuah perusahaan yang memproduksi kabel. Berbagai macam jenis kabel untuk berbagai keperluan diproduksi oleh PT Voksel Electric Tbk, baik kabel untuk kelistrikan maupun kabel serat optik untuk keperluan telekomunikasi.

Kabel Serat Optik

Jumlah serat dalam kabel bervariasi dari 4 hingga 96 (lebih banyak serat disediakan berdasarkan permintaan). Kabel serat optik umumnya akan menjalani 4 proses lini produksi seperti Coloring Line, Secondary Coating Line, SZ-Stranding Line dan Sheathing Line.

Kabel Laut Serat Optik

Kabel ini merupakan jenis kabel yang digunakan untuk komunikasi bawah laut. Kabel ini diletakkan di bawah laut untuk menghubungkan telekomunikasi antar negara-negara. Komunikasi kabel bawah laut pertama membawa data telegrafi. Generasi berikutnya membawa komunikasi telepon, dan kemudian data komunikasi.

Selain itu masih ada banyak produk lain dari PT Voksel Electric Tbk, misalnya seperti BAre Conductor, Fire Resistance Cable, High Voltage Cable, Low Voltage Cable, Medium Voltage, Solar Cable, dan lain-lain.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.