Sukses

17 Jenis Anjing Peliharaan dari Asia, Kenali Karakternya

Badan pengasuhan anjing di Amerika Serikat atau yang lebih dikenal dengan sebutan American Kennel Club, telah mengakui 195 jenis anjing.

Liputan6.com, Jakarta Badan pengasuhan anjing di Amerika Serikat atau yang lebih dikenal dengan sebutan American Kennel Club, telah mengakui 195 jenis anjing berdasarkan rasnya. Sementara itu, masih ada lebih dari puluhan jenis anjing yang belum diakui badan tersebut.

Banyaknya jenis anjing ras yang ada di dunia ini tentu memberikan banyak pilihan bagi Anda yang berencana untuk memelihara anjing. Ada banyak hal yang bisa menjadi pertimbangan ketika memilih anjing untuk dipelihara, salah satunya adalah karakter atau tempramennya.

Ini karena setiap jenis anjing memiliki karakter atau tempramen yang unik, sehingga akan memengaruhi cara memperlakukannya nanti. Karena ada banyak sekali jenis anjing di seluruh dunia, dalam artikel ini kita akan fokus pada jenis anjing peliharaan yang berasal dari negara-negara di Asia saja.

Lalu jenis anjing apa saja yang berasal dari Asia, dan bagaimana tempramennya? Berikut ulasan lengkapnya, seperti yang telah dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu (21/12/2022), sebagai bahan pertimbangan untuk memutuskan anjing jenis apa yang bisa kamu pelihara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Japanese Spitz

Japanese Spitz adalah jenis anjing berukuran kecil hingga sedang yang pertama kali dibudidayakan oleh peternak Jepang pada tahun 1920-an. Sebagian besar pengasuh anjing mengenali jenis anjing ini, akan tetapi beberapa breeder Amerika menganggapnya terlalu mirip dengan jenis anjing Pomeranian. Japanese Spitz dengan cepat menjadi hewan peliharaan yang populer karena temperamennya yang ramah. Jenis anjing ini dapat menjadi pengawas yang hebat. Japanese Spitz juga sangat ramah dengan anak-anak dan hewan peliharaan lainnya.

Japanese Spitz merupakan jenis anjing yang dapat hidup dengan rentang usia antara 10016 tahun. Jenis anjing ini memiliki karakter yang penyayang, cerdas, dan patuh. Anjing ini hanya memiliki bulu berwarna putih.

2. Shiba Inu

Siapa yang tidak mengenal jenis anjing yang sering muncul sebagai meme populer ini? Shiba Inu adalah jenis pemburu asal Jepang yang memiliki wajah, telinga, dan kaki seperti rubah. Shiba Inu memiliki keberanian yang luar biasa. Namun di sisi lain, jenis anjing ini memiliki temperamen yang ramah, sehingga senang berada di sekitar orang.

Jenis anjing ini membutuhkan perawatan yang sangat teliti. Dia akan menghabiskan beberapa jam sehari untuk menjilati bulunya hingga bersih. Ini adalah hewan yang kuat dengan umur panjang dengan masalah kesehatan yang relatif sedikit.

Shiba Inu dapat hidup dalam rentang usia 12-15 tahun. Dia memiliki karakter yang waspada, percaya diri, dan pemberani. Shiba Inu memiliki memiliki warna bulu merah wijen, hitam, dan cokelat.

3. Pekingese

Pekingese merupakan jenis anjing asal Tiongkok. Ini adalah jenis anjing yang berukuran kecil dan berbulu panjang. Meskipun begitu, ada juga yang berbulu pendek. Moncongnya pendek, sehingga tidak banyak berlari, dan juga rentan terhadap sengatan panas. Namun, ini adalah anjing penyayang yang dapat menghibur karena perilakunya yang lucu.

Pekingese dapat hidup selama 12-15 tahun. Adapun karakter dari jenis anjing ini adalah penyayang, cerdas, dan baik hati. Jenis anjing ini juga memiliki berbagai macam variasi warna bulu.

3 dari 7 halaman

4. Chow Chow

Chow Chow adalah jenis anjing besar dari Tiongkok Utara dengan tengkorak lebar dan telinga segitiga kecil. Jenis anjing ini memiliki rambut yang sangat tebal yang membuatnya terlihat seperti boneka beruang raksasa. Chow Chow memiliki karakter yang sangat setia dan memiliki keinginan untuk melindungi pemiliknya. Jenis anjing ini juga memiliki kemauan keras ketika menginginkan sesuatu. Jenis anjing ini jarang menggonggong dan biasanya mengandalkan ukurannya yang besar untuk mengintimidasi orang asing. Meskipun sangat setia, ini bukan jenis yang suka diemong.

Chow Chow bisa hidup antara 9 sampai 15 tahun. Dia juga memiliki karakter yang suka menyendiri, mandiri, dan tenang. Chow Chow memiliki bulu bervariasi, antara merah, hitam, krem, dan biru.

5. Chippiparai

Chippiparai adalah anjing pengintai dari India. Jenis anjing ini memiliki kaki yang sangat panjang dan ramping, sehingga dia dapat berlari dengan sangat cepat. Jenis anjing ini sangat unggul dalam berburu dan sering dimanfaatkan sebagai anjing polisi. Chippiparai merupakan jenis anjing yang sangat patuh kepada tuannya dan sering menolak untuk makan makanan dari orang lain.

Chippiparai bisa hidup antara 11 sampai 14 tahun. Jenis anjing ini memiliki karakter yang mandiri dan setia. Kebanyakan jenis anjing ini memiliki bulu berwarna putih, namun ada juga yang memiliki variasi warna lain.

6. Thai Ridgeback

Thai Ridgeback adalah jenis anjing yang senang menghabiskan waktu bersama manusia. Jenis anjing ini sangat ramah pada anak-anak dan hewan peliharaan lainnya, dan memiliki bulu pendek dan lebat yang mudah dirawat. Thai Ridgeback adalah jenis anjing yang tangguh dengan naluri bertahan hidup yang kuat. Thai Ridgeback mampu melakukan lompatan yang sangat tinggi. Jenis anjing ini pertama kali dibudidayakan di Thailand hampir 400 tahun yang lalu.

Thai Ridgeback dapat hidup antara 12-13 tahun. Dia memiliki karakter menyukai keluarga, cerdas, dan protektif. Jenis anjing ini memiliki warna bulu yang bervariasi mulai dari biru, hitam, merah, atau coklat kekuningan.

4 dari 7 halaman

7. Lhasa Apso

Lhasa Apso merupakan jenis anjing yang berasal dari Tibet. Namanya berarti "janggut", merujuk pada rambut wajahnya yang unik. Jenis anjing ini langsung dapat dikenali karena bulunya yang panjang. Terlepas dari penampilannya yang istimewa, jenis anjing ini sangat suka bermain dan suka mengejar bola. Lhasa Apso memiliki sedikit masalah kesehatan dan cenderung berumur panjang. Jenis anjing ini dapat hidup antara 12 tahun sampai 15 tahun, dan memiliki karakter waspada, energik, ramah, suka bermain, dan cerdas. Jenis anjing ini memiliki berbagai macam variasi warna bulu, mulai dari hitam, putih, dan cokelat.

8. Indian Spitz

Indian Spitz merupakan jenis anjing yang berasal dari India. Ini adalah jenis anjing paling populer di negara asalnya dan mudah ditemukan di sana. Ini adalah jenis anjing pendamping yang hebat dan juga cocok sebagai anjing penjaga di mana ia akan menggonggong ketika ada penyusup yang datang. Jenis ini juga menyukai permainan lempar tangkap dan frisbee di mana mereka bisa melompat.

Indian Spitz bisa hidup antara 10-14 tahun. Dia memiliki karakter yang aktif, cerdsas, dan suka bermain. Jenis anjing ini juga memiliki beberapa varian warna bulu antara lain putih, cokelat, dan hitam.

9. Shih Tzu

Shih Tzu adalah jenis anjing yang memiliki temperamen menyenangkan dan ramah, tetapi juga suka menjadi pusat perhatian dan bisa sangat nakal jika Anda mencoba mengabaikannya atau membiarkannya terlalu lama. Ukurannya yang mungil sangat cocok untuk dipelihara di apartemen kecil dan kehidupan kota. Jenis anjing ini merupakan hewan peliharaan yang ideal untuk orang tua karena kecerdasannya yang tinggi dan pemikirannya yang mandiri. Shih Tzu dapat hidup antara 10-16 tahun, dan memiliki berbagai macam varian warna bulu.

5 dari 7 halaman

10. Akita Inu

Akita Inu adalah jenis besar dari Jepang Utara yang beratnya bisa melebihi 45 kilogram. Ini adalah jenis pemburu yang biasa berburu rusa, babi hutan, dan beruang. Akita Inu bahkan biasa dilombakan dalam adu anjing. Akan tetapi, sekarang Akita Inu hanya menjadi anjing peliharaan atau anjing pekerja yang digunakan pelatih untuk menarik kereta luncur dan gerobak. Akita Inu biasanya adalah jenis yang jinak, tetapi juga memiliki sifat yang berani saat melindungi pemiliknya atau anjing lain dalam kawanannya. Akita Inu dapat hidup selama 10-12 tahun, dan memiliki variasi warna bulu mulai dari hitam, perak, dan cokelat.

11. Black Russian Terrier

Seperti namanya, Black Russian Terrier adalah jenis anjing hitam yang berasal dari Rusia. Ini bukan terrier sejati. Peternak membudidayakannya dengan mencampurkan tujuh ras berbeda, termasuk anjing Giant Schnauzer, Rottweiler, dan Caucasian Shepherd.

Jenis anjing ini adalah ras yang kuat dan percaya diri dengan etos kerja yang sangat baik, tetapi juga bisa menjadi malas jika Anda tidak melatihnya dengan benar. Jenis anjing ini sangat cocok untuk keluarga dengan anak-anak karena membentuk ikatan seumur hidup yang kuat dengan mereka. Black Russian Terrier dapat hidup hingga usia 14 tahun, dengan karakter lincah, tenang, percaya diri.

12. Japanese Chin

Japanese Chin atau yang juga dikenal sebagai Spaniel Jepang merupakan jenis anjing yang memiliki ciri khas yang dapat dilihat dari matanya yang juling. Ini adalah jenis anjing kuno yang berasal dari sekitar 700 M, dan populer di kalangan bangsawan Jepang. Kebanyakan pemilik menggambarkannya seperti kucing karena menggunakan cakarnya untuk membersihkan wajahnya. Ia juga suka melakukan trik seperti menari dengan kaki belakangnya sambil bertepuk tangan dengan kaki depannya.

Jenis anjing ini bisa hidup antara 10-12 tahun, dan memiliki karakter yang waspada, cerdas, serta setia. Dia memiliki beberapa macam varian warna bulu mulai dari hitam dan putih.

6 dari 7 halaman

13. Chinese Crested

Chinese Crested adalah jenis anjing yang menarik dan mungil. Jenis anjing ini memiliki bulu panjang di atas telinga dan wajahnya. Namun di bagian tubuh lainnya, rambut yang tumbuh pendek. Hal itu membuatnya menjadi pemenang Kontes Anjing Terjelek di Dunia dari tahun 2003 hingga 2005. Ini adalah ras cerdas yang juga suka bermain dan menghibur.

Chinese Crested bisa hidup antara 12-14 tahun. Jenis anjing ini memiliki karakter yang Lincah, penuh kasih sayang, dan ceria.

14. Afghan Hound

Afghan Hound adalah anjing berukuran sedang hingga besar dengan rambut panjang seperti sutra. Jenis anjing ini memiliki penglihatan panorama dan sendi pinggul unik yang memungkinkannya mencapai kecepatan luar biasa. Jenis anjing ini memiliki beberapa warna, dan sebagian besar pemilik menggambarkannya sebagai anjing yang ceria dengan kecenderungan untuk melucu. Jenis anjing ini sangat cocok untuk anak-anak. Bahkan pelukis terkenal Picasso pernah memelihara jenis anjing ini. Jenis anjing ini dapat hidup antara 11-13 tahun.

15. Borzoi

Borzoi adalah anjing atletis dengan kepala dan kaki panjang dan ramping. Bulunya lembut dan halus, dan orang Rusia menggunakannya untuk berburu serigala dan hewan buruan lainnya karena kemampuan atletiknya. Terlepas dari kehebatannya berburu, jenis anjing ini cukup ramah kepada manusia dan bahkan menjadi teman yang baik untuk seorang anak. Jenis anjing ini dapat hidup antara 12–13 tahun.

7 dari 7 halaman

16. Korean Jindo

Korean Jindo merupakan jenis anjing kebanggan Korea. Sebagian besar pemilik menggambarkannya sebagai jenis anjing yang lembut. Dia tidak pernah agresif terhadap manusia atau anjing lain. Jenis anjing ini sangat setia, bahkan dia bisa melakukan perjalanan panjang hanya untuk kembali ke tempat asalnya jika diangkut ke tempat lain. Jenis anjing ini dapat hidup antara 12-15 tahun.

17. Kintamani

Kintamani merupakan jenis anjing yang berasal dari Indonesia, tepatnya dari daerah Kintamani, Bali. Jenis anjing ini memiliki wajah lebar, dahi datar, dan telinga segitiga yang menghadap ke depan. Jenis anjing ini adalah ras penyayang yang sering duduk di pangkuan. Jenis anjing ini suka menggali. Anjing Kintamani dapat hidup antara 12-14 tahun. Jenis anjing ini memiliki karakter penyayang, ramah, dan ceria.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.